Belajar speaking emang susah susah gampang, apa lagu yang memang belum terbiasa dengan aksen bahasa Inggris.
Tapi kamu bisa kok melatih kemampuan Speaking English kamu. Berikut tips nya:⏬
1. Mulai! Do action!
Mulailah berbicara sendiri jika kamu tidak punya lawan bicara. Lakukan itu sembari kamu melakukan kegiatan yang sedang berlangsung.
Misalnya, kamu sedang memasak. Bicarakan apa saja kosakata yang berhubungan dengan memasak.
Contoh kosakata yang berhubungan dengan memasak; mengiris (slice), sayur (vegetables), tomat (tomato), cabai merah (red chili pepper), wajan (pan) , kompor gas (gas stove) dll.
Kamu juga bisa membicarakan sesuatu yang tidak harus ada hubungannya dengan kejadian berlangsung. Misalnya kamu berbicara tentang rencana liburan minggu depan sembari kamu sedang tiduran.
2. Bersiaplah menjadi orang gila.
Mungkin orang-orang di sekitarmu akan merasa aneh kamu sedang berbicara sendiri dalam bahasa inggris. Kamu bisa menyesuaikannya sendiri nanti. Biasakan berbicara dalam bahasa inggris di situasi apapun. Jangan takut dengan grammar, tetap berbicara dalam bahasa inggris walaupun kamu sempat melewatkan beberapa kosakata yang kamu gak tau. Namun, jika memang kamu sempat salah dalam grammar. Silahkan diperbaiki. Ala bisa karena biasa loh!
3. Catat kosakata baru
Kamu melewatkan kosakata yang mana kamu gak tau artinya selagi mempraktekkan speaking Itu tidak masalah. Tetaplah praktekkan speaking kamu dengan cara menyebutkan kosakata tersebut dalam Bahasa Indonesia. Lalu tetap lanjutkan speaking kamu dan setelah itu jangan lupa catat dan cari artinya ya ...
4. Bermain "sebutkan apa yang kamu lihat"
Saya terinspirasi dari film Christopher Robin yang baru-baru ini saya tonton. Di sana, Winnie bermain dengan cara menyebutkan apa yang dia lihat untuk menghilangkan kebosanan. Jadi, saya berpikir kita bisa belajar menggunakan cara tersebut dalam bahasa inggris yang mana bisa menambah vocabulary.
Misalnya kamu melihat perempuan (girl) katakan "girl". Kamu melihat rumput, katakan grass. Begitu selanjutnya. Jika ada yang tidak tau, silahkan catat kosakatamu lagi ya.
5. Gunakan Media Sosial
Bergabung di media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram dll.
6. Pelajari Listening
Dengan belajar speaking kita juga harus mempelajari listening agar kita tau bagaimana pronunciation-nya.
Kita bisa belajar hal tersebut lewat youtube. Di youtube, ada banyak guru bahasa inggris yang mengajar secara gratis.7. Carilah teman
Bertemanlah dengan orang-orang yang juga belajar bahasa inggris di media sosial atau kehidupan nyata. Kamu bisa mulai dari group facebook, whatsapp, telegram, fans page facebook, instagram dll.
8. Praktekkan bahasa inggris.
Setelah berteman, kamu bisa praktekkan speaking melalui voice call, group call atau video call. Usahakan selalu percaya diri dalam belajar speaking.
9. Biasakan diri dan konsisten.
Pelajaran yang kita serap bisa juga hilang loh kalau kita cuma pelajari sesekali. Mungkin kita sempat bosan dalam speaking. Namun kebosanan tersebut adalah cara agar kita mencari sesuatu pembahasan yang baru. Misalnya, bosan dengan pembahasan horror. Kita bisa coba hal-hal baru seperti game speaking, membuat whatsapp story video speaking, live di facebook dalam bahasa inggris dll.
10. Berbagi ilmu
Jika kamu sudah belajar, silahkan bagikan apa yang sudah kamu pelajari. Cara ini efektif untuk membuat kita tetap terus belajar dan mengingat pelajaran. Tidak heran, guru bisa mengajar tanpa buku. Tentu saja! Dia mempelajari itu terus-menerus selama bertahun-tahun.
Thank you, see you in next post ...
.
.
(By: Miss Yensi Harahap)
KAMU SEDANG MEMBACA
Let's Talk About English
Non-FictionHanya berbagi pengetahuan bahasa Inggris. Materi ini aku dapatkan dari kelas virtualku di grup Whatsapp. Tapi ada juga yang aku dapat dari Google kok. Thanks to: Miss Yensi Harahap Member of Enjoy Learning English CHATZ Google Ok Happy learning! Cov...