tok tok tok
"assalamualaikum?"
semua mata secara kompak noleh ke arah pintu. dan dugaan junkyu bener, bocah itu lagi.
dari sana, mashiho mulai tersenyum lebar melihat keberadaan junkyu.
terus, mashiho masuk ke kelas mereka dan deketin posisi mereka secara perlahan.
dari sekian banyak pasang mata yang merhatiin dia, mashiho cuman milih junkyu anthares jadi satu-satunya yang dia perhatiin saat ini.
"kak junkyu," panggil mashiho. "gimana donat yang aku kasih kemarin malem, udah dimakan, kan?"
junkyu diem. mikir, lebih tepatnya. nih bocah emang agak sarap kayaknya. yakali junkyu nyemilin donat tengah malem, emangnya tuyul.
tapi, gak mungkin juga junkyu jujur kalo donatnya udah diinjek-injek sama jisoo. junkyu harus berbohong demi kebaikan.
"udah dong." jawab junkyu percaya diri.
mashiho senyum. "gimana rasanya? enak gak?"
junkyu mulai kebingungan lagi. "enak..." balasnya ragu, sebelum dia noleh ke temen-temennya yang lain terus naikin alis, nanya jawaban. "...banget,"
senyum mashiho semakin lebar. dia keliatan bahagia banget gitu. junkyu jadi agak nyesel udah bohong.
"hari ini aku bawain kakak sekeranjang donat lagi," ujar mashiho, nyodorin salah satu keranjang donatnya ke junkyu. "langsung dimakan, ya. aku tau kakak belom makan dari pagi."
temen-temennya junkyu udah nganga, gak nyangka junkyu bakal dapet porsi donat paling banyak.
dan junkyu ngerasa exposed gitu, darimana mashiho tau dia belom makan? kayaknya junkyu perlu bohong lagi.
"siapa bilang gue belom makan? udah kok tadi sebelum sekolah."
entah kenapa mashiho malah ketawa kecil. "bohong, aku tau semuanya."
"semua apa?"
"tadi pagi, kakak dimarahin lagi sama kak jisoo gara-gara kakak gak mau makan. kakak kayak buru-buru banget, kakak lari keluar terus bawa motor juga ngebut. kakak makin ngebut pas nyadar kalo kakak tiba-tiba dikejar sama sapinya pak muthu. kakak gak bisa ngendaliin motornya lurus, kakak hampir nabrak jemuran bu ros dan akhirnya kakak belokin setang dan nabrak kandang ayam pak dalang."
junkyu gak nyangka, mashiho bakal jelasin semuanya kayak gitu. "gak udah terlalu detail juga kali...."
yoonbin, hyunjin, sunwoo sama sanha udah ketawa ngakak. kalo jinyoung, lagi ketawa pakek bahasa isyarat.
sebenernya mashiho gak salah, justru itu penjelasan yang bener dan lengkap kenapa junkyu kehilangan mood-nya hari ini.
"intinya, kakak belom makan dari pagi. kakak juga nggak sempet ke kantin. ya kan?"
sunwoo ngangguk. "bener, junkyu dari tadi di kelas sama gue."
junkyu melototin sunwoo.
"tuh kan." mashiho naroh keranjangnya di atas meja. "kakak makan sekarang. "
"entaran deh, gue makan beneran, kok."
"sekarang! nanti kakak telat makan."
"aduh, mashiho...." junkyu pusing. dia ditontonin temen-temennya lagi dialusin mashiho kayak gini. jujur, dia malu.
mashiho bersimpuh, menyajajarkan posisinya sama junkyu yang duduk. sekarang, posisi wajah mereka tepat hadap-hadapan. rasanya deket banget.
"apa perlu aku suapin?" mashiho mulai ngambil satu donat, siap buat nyuapin donatnya ke junkyu.
KAMU SEDANG MEMBACA
spongebob & squidward ➻ mashikyu
Fanfictionhidup seorang junkyu anthares itu ibarat squidward tentacles, yang tiap hari kerjaannya digangguin sama tetangga cerewetnya, spongebob squarepants. apalagi, kalo spongebob-nya kayak mashiho madava. si bocil gak jelas yang baik hati sekaligus ngeseli...