32. Hasad atau Iri

89 3 0
                                    

*💍 SERI ADAB*
'''
🔥JAUHILAH HASAD/IRI'''

📍Hasad atau iri adalah sifat yang tercela, karena pada hakikatnya ia tidak terima takdir Allah Ta'ala.

📖Rasulullah ﷺ bersabda:

《لاَ تَقَاطَعُوْا وَلاَ تَدَابَرُوْا وَلاَ تَبَا غَضُوْا *وَلاَ تَحَاسَدُوْا* وَكُوْنُوْا إِخْوَانًا كَمَا أَمَرَ كُمُ اللَّهُ》

_"Janganlah kalian memutuskan tali persaudaraan, saling berpaling ketika bertemu dan saling membenci serta saling dengki. Jadilah kalian bersaudara sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah"._ [HR.Muslim]

🎙Asy-Syeikh Al-Allàmah Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata,

‏• - ‌‌‏قوله : "لا تحاسدوا" أي : ‏لا يحسد بعضكم بعضا.

‏• - ‏وما هو الحسد ؟

‏• - ‏قال بعض أهل العلم :
‏⁧ ‏• - الحسد ⁩ تمني زوال نعمة الله عز وجل على الغير، سواء كانت النعمة مالا أو جاها أو علما أو غير ذلك.

_📜【 شرح الأربعين النووية   ( ٤٠٥ ) 】_
'''
Sabda beliau: "Janganlah saling hasad", yaitu Janganlah sebagian kalian hasad kepada sebagian yang lain.

Apa itu hasad ❓

Sebagian ahli ilmu berkata:

Hasad adalah menginginkan hilangnya nikmat Allah Azza wa Jalla atas orang lain, sama saja apakah nikmat itu berupa harta atau kedudukan atau ilmu atau selainnya.
'''
_📚Syarh Al-Arba'ìn An-Nawawiyyah (405)._

'''
💊 OBAT HASAD
'''

》Setelah kita mengetahui bahwa hasad adalah penyakit hati yang berbahaya. Maka, tentunya kita ingin mengetahui obat dan terapi hasad tersebut.

》Sebenarnya, penyakit hati yang satu ini tidaklah dapat diobati dengan pil atau kapsul dari apotik atau dengan suntik, herbal atau pijit urat, akan tetapi penyakit hati ini hanya dapat diobati dengan ilmu dan amal.

⊙Adapun obat yang pertama adalah ilmu. Ilmu yang bermanfaat untuk mengobati hasad adalah pengetahuan tentang hakikat hasad itu sendiri. Di antaranya, mengetahui bahwa hasad itu berbahaya bagi si penderita, baik bagi agamanya maupun dunianya. Di dunia, hatinya selalu menderita dan tersayat-sayat, boleh jadi dia mati karenanya. Bagaimana tidak? Dia membenci orang lain yang mendapat kenikmatan dan mengharap nikmat tersebut musnah darinya. Padahal, hal itu telah ditakdirkan oleh Allah Azza wa Jalla dan tidak akan musnah sampai saat yang telah ditentukan.

>>Orang yang hasad ibarat orang yang melempar bumerang kepada musuh. Bumerangnya tidak mengenai sasaran, tetapi bumerang itu kembali kepadanya, sehingga mengenai mata kanannya dan mengeluarkan bola matanya. Lalu dia pun bertambah marah dan kembali melempar kedua kalinya dengan lebih kuat. Akan tetapi, bumerang itu seperti semula, tidak mengenai sasaran dan kembali mengenai mata sebelah kirinya sehingga dia buta. Kemarahannya pun bertambah menyala-nyala, kemudian dia melempar ketiga kalinya dengan sekuat tenaga, akan tetapi bumerang tersebut kembali mengenai kepalanya sampai hancur, sedangkan musuhnya selamat dan mentertawakan dia, karena dia mati atas perbuatannya sendiri. Sedangkan di akhirat nanti, dia akan mendapat adzab dari Allah Azza wa Jalla, jika hasad tersebut melahirkan perkataan dan perbuatan, karena statusnya adalah orang yang telah mendzalimi orang lain ketika di dunia.

>>>Perlu diketahui pula bahwa hasad juga tidak berbahaya bagi orang yang dihasad, baik bagi agamanya maupun dunianya. Dia tidak berdosa dengan hasad orang lain kepadanya. Bahkan, dia mendapatkan pahala jika hasad tersebut keluar berwujud perkataan dan perbuatan, sebab dia termasuk orang yang dizhalimi. Kenikmatan yang ada padanya juga tidak akan musnah karena hasad orang lain kepadanya, sebab kenikmatan tersebut telah ditakdirkan untuknya.

⊙⊙Adapun obat kedua adalah amal perbuatan. Amal perbuatan yang manjur untuk mengobati hasad adalah melakukan perbuatan yang berlawanan dengan perbuatan yang ditimbulkan oleh hasad.

>Misalnya; gara-gara hasad seseorang ingin mencela dan meremehkan orang yang dihasad. Jika seperti ini, hendaknya dia melakukan hal yang berbeda yaitu memuji orang yang dihasad tersebut. Kemudian jika hasad itu membuatnya sombong kepada orang yang dihasad, maka hendaknya dia tawaddu’ kepadanya. Jika hasad membuatnya tidak berbuat baik atau tidak member hadiah kepada orang yang dihasad, maka, hendaknya dia melakukan sebaliknya, yaitu berbuat baik dan memberikan kepadanya hadiah. Dengan seperti ini insya Allah hasad di hati akan segera lenyap dan hati kembali sehat dan normal

⊙⊙⊙ Dan jangan lupa berdoa kepada Allah Ta'ala agar membersihkan hatinya dari hadad dan segala penyakit hati.

_🖥Disadur dari almanhaj.or.id dengan tambahan._

═════ ❁✿❁ ══════
📢 *Republished By:*
🌐 Group BIS & BMS - Dakwah Untuk Umat 💐
══════ ❁✿❁ ══════

🌼 Daftar WA, Ketik: daftar#nama#jenis kelamin#asal kirim ke:

📲 *085729743043*

💻 https://bimbingansyariah.com
📮Telegram
https://t.me/moslemlearning
https://t.me/bimbingansyariah

📚 Kurikulum Bimbingan :  Aqidah, Fikih, Hadits, Manhaj, Adab, Petuah Ulama, Tazkiyatun Nufus, Nasehat, Dll.
•┈┈•••○○❁🌿❁○○•••┈┈•

*📭 Silahkan dishare semoga bermanfaat bagi kaum muslimin*

DAKWAH ISLAMTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang