Jenis-Jenis Psikologi

54.4K 2.1K 107
                                    

28 Macam-Macam Psikologi Khusus Di Berbagai Bidang Kehidupan

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari gejala - gejala dari aspek kejiwaan, atau dengan kata lain merupakan ilmu yang berkaitan dengan jiwa atau kondisi mental seseorang. Dalam perkembangannya psikologi menjadi ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Psikologi mempelajari dua bidang utama yaitu psikologi umum yang mempelajari kegiatan dan aktivitas psikis dan mental manusia dalam tingkah laku manusia pada umumnya.

Selain itu ada bidang psikologi khusus adalah bidang psikologi yang mempelajari dan meneliti segi yang khusus dari aktivitas - aktivitas psikis manusia. Psikologi khusus membicarakan hal - hal yang menyimpang dari pembahasan psikologi pada umumnya. Karena itulah bidang psikologi khusus masih dapat berkembang lagi sesuai dengan bidang - bidang yang melibatkan ilmu psikologi. Pengertian umumnya yaitu psikologi khusus merupakan psikologi yang praktis dan diaplikasikan sesuai dengan bidangnya.

Ragam Kajian Psikologi Khusus

Bidang psikologi khusus mencakup banyak hal sesuai dengan beragamnya bidang dan aspek dalam kehidupan. Macam - macam psikologi khusus antara lain yaitu:

1. Psikologi Perkembangan

Salah satu macam - macam psikologi khusus adalah kajian psikologi perkembangan. Kajian psikologi ini disebut juga sebagai psikologi genetis yaitu ilmu psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia mulai dari kecil hingga tua. Psikologi perkembangan mencakup bidang atau kajian psikologi anak, psikologi puber, psikologi pemuda, psikologi orang dewasa dan psikologi orang tua.

2. Psikologi Sosial

Bidang kajian psikologi sosial ini menguraikan aktivitas manusia yang berkaitan dengan kondisi dan situasi sosial. Bidang ini merupakan kajian ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial. Ilmu ini hanya mempelajari gejala dalam kondisi yang terkontrol, perkiraan, spekulasi.

3. Psikologi Pendidikan

Ilmu psikologi pendidikan mempelajari tentang masalah psikologis yang terjadi pada dunia pendidikan. Bidang kajian psikologi ini berkaitan dengan bagaimana cara siswa mempelajari segala sesuatu dan sejauh mana perkembangan siswa tersebut. Termasuk di dalamnya adalah pendidikan yang diberikan oleh guru, masyarakat dan orang tua yang saling mempengaruhi.

4. Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian mempelajari tingkah laku manusia dalam melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya. Individu berinteraksi dengan individu lainnya dengan menggunakan kepribadiannya masing - masing. Sebab itu psikologi kepribadian berhubungan dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sebagai hasil dari perkembangan individu sejak kecil dalam lingkup sosialnya.

5. Psikologi Lingkungan

Psikologi lingkungan merupakan ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia berdasarkan dengan lingkungan tempat tinggalnya yang mempengaruhi dari segi sosial, lingkungan binaan maupun alam sekitar. Bidang ini juga mempelajari kebudayaan dan juga kearifan lokal dari suatu tempat yang dapat mempengaruhi sikap dan mental seseorang.

6. Psikodiagnostik

Bidang ini merupakan sebuah studi ilmiah tentang berbagai metode yang digunakan untuk membuat suatu diagnosis dalam bidang psikologis yang bertujuan untuk memperlakukan manusia dengan perlakuan yang lebih tepat. Metode ini digunakan untuk menetapkan kelainan psikis agar dapat memberikan bantuan yang tepat dan akurat sesuai dengan masalahnya.

7. Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal merupakan macam - macam psikologi khusus yang mempelajari keadaan penyimpangan dari sesuatu yang normal. Salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari pola perilaku yang abnormal dan membantu orang yang mengalami abnormalitas dengan cara - cara tertentu. Istilah lain untuk psikologi abnormal adalah psikopatologi, perilaku maladaptive, mental disorder, mental illness, dan lain - lain.

PsikologiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang