Sebelumnya saya mau minta maaf karna baru bisa lanjut.
Gema takbir berkumandang di setiap masjid yg ada di desa.. Weni sang ibu duduk di teras dengan kursi rodanya. Air matanya berlinang mengingat kembali masa lalunya dengan keluarga yg utuh. Suami dan tiga anak yg merayakan malam takbir dengan bahagianya.
Prov weni
Pak.. Teringat dahulu setiap takbir mulai berkumandang bapak selalu menangis karna bapak takut tidak dapat merasakan bulan Ramadhan lagi..
Ibu masih ingat bapak pernah berkata ada atau tidaknya bapak keluarga kita harus tetap utuh.. Tapi maafkan ibu pak hiks hiks hiks.. Ibu belum mampu mempertahankan keluarga kita dengan baik...
Ibu merasa gagal mendidik anak-anak kita hiks.. Ibu bukan kecewa dengan Irwan tapi ibu sedih.. Ibu sedih karna melihat sikapnya yg jauh dari didikan bapak dahulu.
Ya allah dimana pun anakku berada tolong lindungi dia.. Tuntun dia kembali kejalanmu ya allah.. Jadikan dia manusia yg takut akan engkau bukan manusia yg takut akan di tinggalkan dunia..
Prov author
Di lain tempat walau pun Irwan bergelimang harta tapi dirinya tak bahagia.. Dia merasa sendiri padahal dia masih di dampingi rara juga Putri yg baru lahir..
Irwan keluar rumahnya dan berjalan seorang diri.. Dia melihat di sebuah rumah. Orang tua, anak,menantu,
cucu yg sedang bersunda gurau. Irwan jadi teringat masa kecilnya dahulu.Flashback
"Irwan jaga adikmu.. Jauhkan dia dari api"teriak ibu
"Sudah bu biarkan.. Biarkan mereka bersenang-senang di malam takbir ini. Kita hanya duduk dan mengawasi mereka saja"bapak menenangkan
"Km pegang di ujungnya biar gak kena api oke"irwan membantu Putri memegang kembang api
"Kak lihat di atas.. Bagusnya"teriak lesti yg takjub melihat kembang api yg meledak di langit.
Irwan, Putri, lesti begitu bahagia menyaksikan nya. Dan bapak pun memutuskan menyalakan petasan yg sama.. Dan keluarga itu begitu bahagia dimalam takbir.
Flasback off
Irwan menangis di tengah jalan.. Dia rindu keluarganya dia rindu canda tawa ibu juga adik-adik nya. Irwan menyesal telah melempar Putri kepada lelaki tak bertanggung jawab itu. Dia menyesal menyakiti lesti juga suaminya berkali-kali bahkan yg paling dia sesali yaitu dia menyakiti wanita yg telah melahirkannya kedunia. Irwan menangis sejadi-jadinya biarkan orang melihat.. Dia sudah tak punya malu dia hanya menyesali kesalahan yang sangat besar dia lakukan.
Tiba-tiba bahunya ada yg memegang dan mengusap lembut "pulanglah nak.. Tak ada ibu yg tak memaafkan kesalahan anaknya. Ibu juga adik-adik mu sedang menanti kedatangmu.. Kembalilah nak.. Tebus kesalahan yg kau perbuat pada mereka.. Minta ampunlah pada allah.. Kau sudah melupakannya selama ini "
Walau dia tak berbalik untuk mencari tau siapa yg mengatakan itu.. Irwan sudah tau jika dari suaranya dan sentuhanya pasti itu sang ayah yg berusaha menenangkan hati nya. Irwan menangis tampa mau menoleh.
#skip
Pagi harinya semua sudah berkumpul di halaman masjid untuk menunaikan ibadah shalat idul Fitri.. Fildan dan lesti sengaja mengajak keluarganya untuk shalat di halaman masjid desa kencana..Setelah selesai semua bersalaman.. Saling meminta maaf. Namun ketika salaman yg terakhir dekat mobil ibu tiba-tiba menangis karna irwan datang dengan langsung memeluk lutut ibunya.
Isak tangis semuanya pecah.. Bukan hanya irwan rara pun melakukan hal yg sama. Irwan memeluk Putri adiknya dia meminta maaf atas kesalahan yg paling bodoh yg pernah dia buat. Ketika giliran lesti irwan bergetar karna sudah berkali-kali dia nyaris membunuh adiknya sendiri.
"Dekkkk"suara irwan bergetar
Lesti langsung memeluk kakaknya dan terisak-isak di pelukan kakaknya. "Maafin kakak dek hiks hiks maafin kakak"
"Lesti sudah lupakan semua itu lesti udah maafin kakak.. Hiks hiks hiks kakak pulang ya.. Kakak jangan pergi-pergi lagi"isak lesti
Putri ikut memeluk irwan"ayo kak.. Kaya dulu lagi"
Irwan mengangguk dan memeluk haru kedua adiknya. Irwan juga tak lupa memeluk fildan"km lelaki yg pas mendampingi adikku lesti.. Km lelaki yg bertanggung jawab, gigih dan tak pernah putus asa.. Fildan jaga adikku dengan Cinta mu yg tulus. Aku merestui kalian.. Berbahagialah "
Fildan tersenyum"saya janji saya akan menjaga lesti.. Cinta tulus si petani miskin ini yg akan selalu menjaga lesti sampai nafas ini tak lagi berhembus "
"Ku pegang janjimu adik ipar"keduanya kembali berpelukan
Ibu merasa sangat bahagia di hari yg suci ini allah menyatukan kembali keluarganya yg terpecah belah. Sungguh nitmat karuniamu ya allah
#skip
Setelah hari itu keluarga itu bersatu mereka hidup bahagia. Irwan menjual kembali rumahnya dan membelikan kembali rumah lamanya.. Mereka hidup di rumah itu. Fildan juga kembali kembali tanah.. Tanah yg sempat di jual dan di gadaikan agar semua kembali seperti dahulu..
Putri melahirkan anak perempuan yg di beri nama Aisyah azkila fahma.. 1 bulan kemudian putri resmi bercerai dengan harun. Harun juga istrinya pun di penjara karna melakukan penipuan, dan melakukan kdrt. Setelah idah selesai putri di nikahkan dengan Ridwan sahabat fildan yg selalu membantunya dan mereka hidup bahagia.
Rara irwan juga hidup bahagia dengan putri mereka. Ibu pun sudah mulai membaik.. Sudah bisa berjalan sendiri meski pun masih harus di bantu penyanggah.
Dan filles mereka sedang bahagia karna akan di karuniai anak lagi.. Ya lesti sedang hamil anak ke 2 bagi mereka..
Di tengah sawah yg rindang fildan memakaikan kembali jilbab murah bermakna itu untuk istrinya"aku mencintai mu karna kesederhanaan mu, aku mengagumi kesetiaan mu, aku menyukuri allah menciptakan dirimu untukku. Sayang cintai aku selalu karna allah"
"Aku selalu mencintai mas karna allah.. "
Fildan mencium kening istrinya lama sekali dan fildan juga mendoakannya agar lesti menjadi istri yg solehah dan istri yg selalu bersyukur.
Rahasia allah begitu Indah.. Jadi ketika kita mendapatkan ujian jangan mengeluh ini itu. Tapi kalian harus yakin allah telah memiliki hal terindah untuk kita di balik cobaan ini.. Ingat allah selalu, tetaplah berjalan di jalannya maka kita akan selamat dunia maupun akhirat.
Ya allah jadikan hambamu termasuk kepada ciptaanmu yg selalu bersyukur dengan apa pun nikmat yg engkau berikan.. Ridhoi kami ya allah.. Amin
And
Author pribadi mengucapkan terimakasih atas partisipasinya. Semoga ceritanya memberi banyak pelajaran untuk kita semua.
Terima kasih semuanya
KAMU SEDANG MEMBACA
CINTA TULUS SI PETANI MISKIN
Short StoryMarhaban ya Ramadhan.. spesial di bulan Ramadhan author akan membuat kisah yang penuh dengan pelajaran hidup.. semoga kisah ini akan menyadarkan kita kembali bahwa allah swt akan selalu bersama kita dalam keadaan apa pun. jangan lupa dukung kisah...