Liburan dua minggu tapi rasanya kayak dua hari doang. Tau-tau udah sekolah aja, masuk ke semester genap.
"Liburan lo ga kerasa karna lo sia-siain buat main hp di rumah."
"Bacot."
Gue main hape ga di rumah doang ya. Di mana pun kalo gue ada kesempatan gue bakal main hape.
Sarah cuman ketawa. Kalo dia temen sebangku udah gue usir daritadi. Untung ini kelas duduknya sendiri-sendiri. Ga cuman Sarah, ada satu anak lagi yang ngumpul di meja gue; Yerim.
Belum lama setelah itu, tiba-tiba bel masuk, disusul dengan Pak Icing yang keliatannya terburu-buru.
"Oke anak-anak. Sebelum saya lupa, saya mau kasih tau kalian soal-"
"Kemaren bapak ke mana?" Tiba-tiba ada anak nanya.
"Saya pulang, maaf. Tolong jangan potong saya." Pak Yixing jawab cepet-cepet.
"Kasian pak si Kalafina nyariin katanya." ini siapa lagi yang make nama gue...
"Ngapain Kalafina nyariin saya?"
"Ya buat manggil bapak lah."
"Buat apa?"
Gue ngela nafas, terus ngadep ke temen sekelas gue yang terus-terusan ngelontarin pertanyaan.
"Udah elah. Dia juga pasti udah lupa," gue nunjuk pak Yixing. "Liat noh. Pasti sekarang dia lupa mau ngomong apa, gara-gara lu potong 'sih."
Dia cuman cengengesan.
Gue ngela nafas. Padahal gue bukan ketua kelas, dalam struktur kelas aja engga, tapi kenapa gue berasa yang tanggung jawab?
"Bapak mau ngomong apa tadi?" Akhirnya Renjun si ketua kelas buka mulut. Pak Yixing diem sebentar, terus ketuk-ketuk dagunya sambil menggembungkan pipi. What the fuck. Imut, tapi inget umur dong.
"Eh... Wali kelas kalian ganti ya, bapak mau ikut tes PNS."
????????
Kita semua cengo.
"Bapak serius?" Renjun bertanya. Pak Yixing ngangguk.
"Iya serius. Di luar kota, ini bentar lagi bisnya nyampe. Eh bapak pesen bis atau kereta ya?" Pak Yixing benerin kacamatanya.
...
Kenapa ngeliatnya ke gue?
Ya mana gue tau! Yang beli 'kan elu, pak.
Pak Icing angkat tas, terus liat jam Rolex birunya.
"Kayaknya saya pesen elf deh. Atau go-car? Ah.. udah ya, saya izin pergi dulu, saya sayang ka-"
Lah!
Ketua sama wakil kelas gue langsung bangun dan ngejar Pak Yixing, berusaha ngecegat dia.
"Tunggu dulu pak! Secepat ini?! Kenapa ga besok?! Kita 'kan gaada persiapan, bapak-"
"Aduhhh maaf ya saya gaada waktu beneran deh, kan kalian masih ada wa saya, kalo ada sesuatu wa aja yaa babai muah muahh."
Jdak!
Pintu kelas tertutup begitu aja. Ketua sama wakil kelas gue ngebatu di tempat. Kita semua juga diem, kelas hening seketika.
"....barusan apaan."
"Tunggu," Renjun buka hape, abis itu tepok jidat. "Eh, Pak Yixing 'kan udah ganti nomor!"
"Lah. Terus wali kelas kita siapa dong? Kok pak Icing seenaknya pergi..." Tanya Yerim. Yah iya. Bener juga.
Si Pak Icing asal pergi aja njir, ga ngasih tau dulu apa gitu, misalnya siapa yang gantiin dia selama dia ikut tes:(
Kita semua gaada persiapan apapun menghadapi kepergiannya yang mendadak ini. Tunggu itu kesannya aneh.
Maksud gue, kita semua ga tau harus ngapain. Biasanya hari pertama memasuki semester baru, wali kelas banyak cerita di kelas, abis itu kasih jadwal baru.
Tanpa wali kelas, kali ini hari pertama mengawali semester berarti...
"..jamkos tiga jam."
Hampir semua sorak-sorak gembira. Iya hampir semua, kecuali gue. Et jangan salah, gue cinta jamkos tapi gue kepikiran sama satu hal.
Siapa guru yang berpotensial menggantikan pak Yixing?
Dari beberapa guru kosong kelas 11 yang ga memegang kelas, itu diantaranya cuman Pak Baekhyun (mustahil) dan Pak Jongdae. Dan satu guru cebol yang ga gue kenal itu..
Dan di saat sibuk-sibuknya kelas merayakan jamkos, tiba-tiba pintu terbuka.
"Kelas XI IPA 5?" Ada guru nanya. Tapi gue ga merhatiin, karna ketua kelas udah jalan duluan ke pintu.
"Lah bapak! Akhirnya masuk juga! Kenapa pak? Kok ke sini? Ini 'kan bukan jam pelajaran bapak..."
Setelah ngedengar ketua kelas ngomong gitu, banyak yang langsung maju ke depan, termasuk Yerim.
"Sarah!" Gue cegat tangannya. "Apaan dah? Kok pada ke depan?"
"Mau liat Pak Bulan."
"Pak Bulan?" Pak Bulan... Sejak kapan ada guru namanya Pak Bulan?
"Guru sejarah. Semester ganjil lu ga pernah ketemu dia 'kan karna dia jarang masuk dan lu izin ikut.. apa gitu." Sarah angkat bahu.
Lah.
Guru sejarah?
"Pak Bulan!!" Sarah ngelepas tangannya dari gue dan buru-buru ke depan. Sialan gue dicuekin:)
Gue masih duduk, mau nimbrung juga emang gue siapa:") nggak kenal atuh:")
Gue terus begitu, sampe akhirnya gue liat semua temen sekelas gue duduk kembali. Gue tengok ada yang jalan ke arah meja guru, dan mata gue ngelebar pas liat siapa yang di sana.
"Gausah basa basi ya, kalian taulah siapa saya yang ganteng ini." dia keluarin spidol dan nulis di papan tulis.
"Saya, Moon Taeil, alias guru sejarah kalian yang paling asik dan jarang dateng, mulai hari ini jadi wali kelas kalian pengganti Pak Yixing."
Dia..
"Tapi panggil Pak Bulan aja. Bulbul juga boleh, biar lebih imut hehe."
Si guru minion itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Pak Bulan
Fanfiction"Bapak gak suka tahu." "Kenapa pak?" "Pokoknya gak suka, apalagi yang tahu-tahu jadi pacar orang." "...pak ada masalah apa di rumah? Sini curhat ke saya nggak apa-apa kok. Ikhlas dengerinnya."