Hari pembagian rapot bukan salah satu hari favorit gue. Bahkan, rasanya gue benci banget hari ini. Karna ini hari di mana keberadaan orang tua gue terekspos, dan temen-temen gue bakal ngatain gue apakah gue ini anak haram atau bukan.
Biasanya gue selalu nunggu di luar sama temen-temen gue sambil sok-sok an berdoa dapet nilai yang terbaik. Gue ga bisa terlalu berharap, karna, gue emang ga mengharapkan apapun.
Tapi hari ini beda, karna hari ini Ibu gue minta gue temenin dia di dalem kelas nungguin giliran. Gue sama Ibu punya kebiasaan yang sama, jadi kita berdua ga ngobrol saat itu.
Ya gue ga bisa nga-ngapain kecuali pasrah dan ikutin Ibu melawan antrian, hingga akhirnya nomor kepanggil.
Pas gue duduk di kursi menghadap guru sama Ibu, gue pasang senyum semaksa mungkin dan salim guru. Ceritanya biar dikira alim. Cihuy.
"Siapa namanya?" Wahai guruku, aku sudah mendiami kelasmu sekitar setahun kenapa engkau tidak mengingatku:)
"Kalafina. Eng.. absen berapa kak?" Balik nanya :(. Gue menghela nafas.
"Absen 12 pak."
Wali kelas gue ngangguk-ngangguk. "Ah. Lee Kalafina ya?"
Ga nama gue Sibad.
Masih nanya:) Nama gue 'kan udah jelas di sana:)
"Iya pak, Kalafina Lee." aduh Mak cuekin aja elah:(
"Kalafina.. wah nilainya lumayan ya:)" Wali kelas nunjukin rapot ke gue. Gue ngeliat nilai sendiri, dan yah.. seperti dugaan gue.
"Yang paling tinggi dia pelajaran apa ya pak?"
"Lee Kalafina ini pinter di mata pelajaran bahasa Bu."
Begitu terus mereka mulai ngoceh gue mulai ga perhatiin dan fokus ke nilai di rapot.
"Bagus semua ya kak." Iya mah iya anaknya pinter mau gimana yah hehe
Eh yaampun gak boleh sombong nanti dilaknat Tuhan :( ampun
"Tapi kok ini..." Gue nyaris teriak karna tiba-tiba Ibu gue nyubit secara suddenly.
"Kok sejarah jelek banget?"
Gue micingin mata, berusaha liat apa yang ibu tunjuk. Ah, iya. Saking pedenya sama nilai yang memuaskan gue ampe lupa kalo ada mata pelajaran kampret itu.
"Kalafina sejarahnya lebih jelek dari fisika yaa hehe." pak jangan sok asik deh inget umur:)
"Iya kok kamu malah bagusan fisika daripada sejarah?" Ibu masih nanyain soal sejarah. Gue males dengernya. Gimana ngejelasinnya ya? Panjang banget.
"Aku 'kan semester kemarin ikut pelatihan terus, dan karna hari rabu pelajaran terakhir sejarah yang gurunya jarang masuk jadi pilih hari itu," gue ngela nafas. "Kan mama yang pilihin hari itu..."
"Ohiya.. guru kamu.. erm, siapa namanya?" Apa sih pak yang lu inget, kayaknya semua lupa lu lupain dah:")
"Pak.."
"Hng yaudah pak, ini kayaknya saya omongin aja sama Kala di rumah. Takut antrian panjang." Ibu tiba-tiba bilang dan gue ga pernah merasa seseneng ini dipotong. Secara verbal.
"Oh.. oke Bu oke." wali kelas senyum dan gue, sebagai murid yang alim, langsung salim dan ambil rapot sendiri. Ibu salamin wali kelas juga.
Pas udah keluar kelas, Ibu tiba-tiba ngomong.
"Eh kak.. nama wali kelas kamu itu siapa?"
Aneh.
"Emang kenapa?"
"Lesungnya ganteng banget."
Lesung bisa ganteng ya? Baru tau gue Bu:')
"Lesungnya?"
"Iya. Lesungnya itu lohh, ganteng banget."
"Orangnya?"
Ibu diem.
Anjirlah lesungnya doang yang dibilang ganteng, orangnya kagak:')
Yah, gue gaakan ngelak juga 'sih, Pak Icing kalo lagi senyum emang lesungnya keliatan manis banget.
....
Terus sekarang gue ngapain? Pulang gitu aja?
"Kal! Woi! Kala!"
Dan berhentilah gue sama Ibu gue. Gue liat ke belakang, ada temen gue yang nyamperin.
"Parah lo Kal, gue panggil kaga nengok-nengok dasar cabe!"
Mata gue kebuka lebar.
INI ORANG KAGA TAU APA GUE DI SEBELAH EMAK GUE?
Gue nyubit tangan dia, dan dia langsung liat ke arah Ibu yang udah horor mukanya. Bukannya apa, dia justru senyum.
"Eh Tante!" Gblk malah salim:) "Tante, saya pinjem Kalafinanya dulu ya."
Dan karna tangan gue udah ditarik duluan, gue ngelepas diri.
"Apaan 'sih! Jan bukan kedok gue di sekolah Napa, ntar kalo gue ga dibolehin nyabe lagi gimana?" Gue sewot. Temen gue ngedecak.
"Yaelah canda doang 'sih. Btw kata pak Icing suruh ngumpul, dia lupa ngasih tau."
Ah sudah kudagu:). Wali kelas gue ini emang pelupanya keterlaluan.
"Kak, kamu.."
"Gaada waktu Tan! Kita semua disuruh kumpul sama Pak Icing." het Ibu gue dipotong lagi! Gue baru mau protes, tapi udah keburu ditarik balik ke kelas.
Pas nyampe di kelas, ternyata udah lumayan penuh diisi sama temen-temen sekelas gue.
Bagaimana secara ajaibnya pak Icing bisa ngumpulin anak-anak ini, gue gaakan pernah tau. Pak Icing yang daritadi bolak-balik sana sini langsung berhenti di tengah papan tulis.
"Maaf ya anak-anak, bapak lupa ngasih tau jadi kumpul dadak begini."
Padahal lewat grup wa bisa pak:(
"Saya ada pengumuman buat kalian semua soalnya, harusnya dikasih tau pas bagi rapot tadi," dia lanjut ngomong lagi. Setelah puas bolak-balik kayak orang gila dia langsung duduk di kursi pembagian rapot tadi.
"Gini." dia memulai.
"Bapak gugup ya?" tapi dipotong sama orang.
"Eh?" Congenya kumat:)
"Bapak gugup ya?" Gue mengulang pertanyaan orang yang nanya tadi. Pak Icing ngegeleng.
"Terus kenapa bapak bulak-balik?"
"Saya kebelet kencing."
:)
KAMU SEDANG MEMBACA
Pak Bulan
Fanfiction"Bapak gak suka tahu." "Kenapa pak?" "Pokoknya gak suka, apalagi yang tahu-tahu jadi pacar orang." "...pak ada masalah apa di rumah? Sini curhat ke saya nggak apa-apa kok. Ikhlas dengerinnya."