"Pak, udah selesai nih."
Gue mendengus dan menaruh pulpen di atas tumpukan kertas itu. Akhirnya selesai juga beban gue hari ini. Gue melihat ke arah Pak Bulan yang sekarang asik sama hpnya.
"Pak?" Gue mengernyitkan dahinya. Anjir ini mau sampe kapan lagi?
"Pak Bulan." Gue panggil lagi, dan masih nggak nengok. Gue senyum. Yasudah, persetan dengan tidak diantarkan apa nggak, yang penting gue pulang dulu sekarang. Gue bangun dan mengambil ransel sekolah. Ketika bangun, baru deh si minion ngangkat kepala.
"Loh, mau ke mana?"
Ke raja ampat.
Pake nanya.
"Pulang, pak."
"Emang tugas nya udah selesai?"
"Iya itu." Gue tunjuk ke arah tumpukan kertas di meja yang tadi gue tempati. Pak Bulan menaruh hpnya dan melihat ke arah kertas itu.
"Ah moso...Bapak cek dulu ya satu-satu."
SIANJIR BUKANNYA DARITADI
"Pak, itu semua udah saya cek kok! Nggak usah dicek lagi, saya mau pulang." Kesel, ya Tuhan. Udah pulang sendiri nggak apa kok, ikhlas sekarang gue:(
"Kamu 'kan pulang sama saya?" Kata Pak Bulan. "Kalau pulang sama saya, ya tunggu saya dong."
"Tapi ini udah sore banget pak, kalau saya pulang malam nanti ditanyain."
"Kamu murid saya, tanggung jawab saya untuk sekarang. Yaudah kalau kamu maksa, saya ngeceknya di rumah aja." Kata Pak Bulan sambil bangun dan jalan ke kasir. Ha? Ada apa ini? Kenapa Pak Bulan tiba-tiba jadi orang yang bener?
Bodo ah, yang penting gue pulang.
Di jalan, beruntung gak ngomong apa-apa sama gue. Udah males jawab juga 'sih.
"Ini lewat mana?" Tanya Pak Bulan tiba-tiba. Udah lewatin sekolah 'sih kita, tinggal gue kasih tau di mana jalan ke rumah aja. Gue pun kasih tau alamat gue di mana, dan di jalan diem lagi.
Ketika melihat halte bus deket rumah, tiba-tiba mobil berhenti. Gue lihat ke arah Pak Bulan dengan bingung.
"Kenapa Pak?"
"Ih ngapain saya nganterin kamu sampe rumah? Enak sekali dirimu. Turun buru."
HEH?!
Kan itu lu yang nawarin sampe rumah! Bukan gue! :"((
Yaudah turun aja diri ini daripada ribut. Gue ambil tas dan turun dari mobil. Pas gue udah mulai jalan, tiba-tiba ada suara klakson mobil gede-gede.
NIT NIT NIT
Gak nengok. Bukan ke gue 'kan?
NIT NIT NIT NIT NIT
Gue menengok dengan kesal, dan melihat ke arah mobil Pak Bulan. Kepala Pak Bulan menyundul keluar dari kaca mobil.
NIT NIT NIT
"APA SIH PAK?" Gue jalan dong ke dia, daripada bikin malu gue. Gue melihat dia cuman menyengir aja dari kaca. Tangannya dikeluarin dari kaca sekarang.
"Cuman mau ngasih tau, jadi orang itu jangan ngalangin jalan. Nanti saya tabrak tau rasa." Abis itu dia buang muka dan menutup jendela. Gue cuman diem dan senyum, kemudian menepi. Melihat mobil Pak Bulan memutar balik dan pergi.
Hehe.
GUE DOAIN KEMPES BAN LU, PAK!
.
.
.
Keesokan harinya, gue menjalani aktifitas di sekolah dengan perasaan males banget. Gimana nggak? Pagi-pagi udah liat si Pak Bulan di depan kelas. Hei, ini 'kan bukan pelajarannya dia!
"Selamat bagi sayang-sayang bapak." Pak Bulan nyengir di depan kelas.
"Lah, sekarang olahraga pak." Kata Renjun. Dia keliatannya udah ngeluarin baju olahraga dari dalam tas.
"Ya memang. Kata siapa ini pelajaran bapak?" Pliseu, siapapun. Cubit ginjalnya biar nggak menyebalkan seperti ini:")
"Lah terus ngapain bapak di sini?" Karena kesal, gue pun bertanya. Pak Bulan memicingkan matanya dan melihat ke arah gue.
"Ada deh... Ih kepo kamu." :))) Siyap pak siap. Nggak akan nanya lagi gue.
"Jadi anak-anak, kalian tau 'kan ya sekarang pelajaran olahraga? Iyalah pada tau ya, yang nggak tau berarti gak tau." Entah kenapa, gue mendengar beberapa anak tertawa. Pak Bulan tersenyum.
Senyum.
Senyum.
Senyum.
Kita tungguin, dia masih senyum aja.
Lama-lama senyumnya pudar.
"Pak kok diem aja?" Tanya Renjun. Pak Bulan menggaruk kepalanya, kemudian tangannya.
"Bapak mau ngomong apa ya tadi? Ih lupa. Yaudah nggak jadi." Dengan begitu, Pak Bulan berbalik dengan angkuh.
Satu kelas hening.
KAMU SEDANG MEMBACA
Pak Bulan
Fanfiction"Bapak gak suka tahu." "Kenapa pak?" "Pokoknya gak suka, apalagi yang tahu-tahu jadi pacar orang." "...pak ada masalah apa di rumah? Sini curhat ke saya nggak apa-apa kok. Ikhlas dengerinnya."