12K 1.7K 762
                                    

"Amanin yang cewek dulu woi!"

"Mundur semua mundur!!"

"Air mana air?! Itu yang luka dibantu dulu!"

Suara teriakan kedengeran saling bersahutan, beberapanya merintih karena luka dan beberapa lainnya teriak karena ketakutan. Keadaan yang semula aman dan tenang, penuh canda serta tawa di antara orang-orang yang berorasi. Sekarang jadi berubah rusuh setelah aparat berusaha keras bubarin kita-kita yang bahkan sejak awal gak main kekerasan. 

Mereka nyemprotin air pake water canon lah, ngelemparin kita pake gas air mata atau bahkan batu-batu berukuran cukup besar yang ngebuat sebagian dari kita terluka. 

Gue bingung, apa salahnya menyuarakan pendapat? 

Bukannya setiap warga negara itu berhak menyuarakan pendapatnya kalo dia gak setuju? Kenapa malah dipukul mundur dengan cara kasar kayak gini? Kenapa para elit gak mau buka mata? Kenapa? 

Jujur, kali ini gue kecewa banget sama para aparat. 

Di tengah suasana yang ramai plus gak kondusif banget ini, gue berusaha buat menjauh setelah sebelumnya mendahulukan temen-temen gue yang cewek. Mereka prioritas, harus di dahulukan. Gue berlari menjauh sambil sesekali nengok ke arah belakang, mastiin sekali lagi kalo gak ada temen-temen gue atau mahasiswa lain yang ketinggalan atau nekad nerjang water canon. 

Tubuh gue yang kecil beberapa kali ngebuat gue hampir jatoh karna kesandung kaki sendiri ataupun ke dorong sama mahasiswa yang lainnya. Asep mulai mengepul dimana-mana, menghalau jarak pandang dan ngebuat mata jadi pedih gak ketulungan. Gue berusaha nutup hidung, berusaha tetep melangkah meski mata perih dan dada nyesek.

Gue udah gak tau sekotor apa almamater kebanggaan yang gue pake sekarang ini, udah gak tau seberapa berantakannya penampilan gue. Yang gue pikirin sekarang adalah gimana caranya gue bergabung lagi sama temen-temen gue yang mencar menyelamatkan diri entah kemana. 

Dan dengkul gue mungkin bakal bener-bener nyentuh kerasnya permukaan jalanan yang kasar kalo aja lengan seseorang gak merengkuh perut gue dari belakang, nahan badan gue yang hampir nyusruk ke depan akibat dorongan kuat. Gue terkesiap, mengerjap cepat dan balik badan untuk dapetin tatapan khawatir seseorang yang gak gue kenal. 

"Kak, lo gapapa? Ada yang luka?" 

Gue yang masih shock cuma bisa cengo sambil ngangguk tanpa bersuara. 

Lengannya yang kokoh masih asik melingkar di pinggang gue, nahan badan gue yang masih belum berdiri tegak. Tatapan matanya berpindah sesaat buat ngeliat ke sekitar sambil teriak-teriak meminta bantuan temen lainnya. Sekilas, gue ngeliat nametag yang ada di seragamnya. Chanyeol D. Pradipta. Itu namanya. Dia termasuk gerombolan anak STM yang entah kapan datengnya, dan entah darimana arahnya. 

Gue pikir, rencana soal anak-anak SMA, SMK dan STM yang mau ikutan bantuin kita itu cuma hoax. Tapi ternyata mereka beneran dateng bawa pasukan yang terbilang gak sedikit jumlahnya. 

"Bisa berdiri nggak, Kak? Mau digendong?-- Woi, Kai! Air dong air buruan!"

Chanyeol atau entah siapalah itu namanya, dia ngebawa gue ke tempat yang lebih aman setelah sebelumnya nerima botol air dari temennya. Dia ngebopong badan gue ke tempat yang lebih aman, ngedudukin gue dengan hati-hati di trotoar dan meminta gue buat segera minum dari botol yang dia sodorin. Dan gue lagi-lagi cuma bisa diem sambil nerima semua perlakuannya tanpa nolak sama sekali. 

Jujur aja, gue masih bisa jalan tanpa dituntun sama dia. Tapi entah kenapa rengkuhannya ngebuat gue ngerasa aman, gue ngerasa terlindungi. 

"Sekarang Kakak diem aja, istirahat. Ini udah waktunya kita yang bergerak!" katanya semangat. "Maaf ya, Kak, kita telat. Ujian dulu hehe."

BERSATU •CHANBAEK• (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang