Semanis Kopi #7

506 108 13
                                    


Satu hal yang paling Nana paham dari orangtuanya adalah.. mereka gak akan ngelarang anak anaknya ngelakuin apapun.. punya hobi apapun atau marah tanpa alasan yang jelas.. intinya mereka selalu ngasih alasan kalau ngelarang anak anaknya.. dan alasan itu selalu masuk akal dan jelas..

Nana tahu.. larangan orangtuanya berhubungan dengan Juna pasti juga punya alasan..

Alasan yang mungkin tidak seharusnya Nana tahu.. ataupun orang lain..

Tapi bagi Nana.. alasan itulah yang seharusnya dia tahu sejak awal..

Sejak sebelum perasaannya ke Juna membesar.. mendalam.. dan akan berubah menyakitkan.

Waktu itu Nana baru beres beres perlengkapan dia dan Ibang buat ospek..

Meskipun beda fakultas...

Dan beda perlengkapan Ospek.. Nana tetap menyiapkan juga keperluan Ibang.. karena cowok itu jelas ga akan mau repot repot..

Nyatanya besok pagi ospek aja Ibang masih keluyuran diluar sana..

Pintu kamar Nana diketuk.. ngebuat Nana ngelirik sekilas ke arah pintu. Terus senyum. "Masuk aja Mah."

Wanita dengan gaun tidur itupun masuk.. duduk di tepi ranjang Nana.. menatap anak gadisnya yang sedang repot dengan tetek bengek keperluan ospek di lantai yang dilapisi karpet bulu berwarna pink itu. "Belom selesai?"

Nana ngangguk. "Punya aku udah.. tapi punya Ibang gajelas."

"Telpon abang kamu dek."

Nana angkat bahu. "Hpnya dikamar."

"Kemana dia pergi ga bawa hpnya segala?"

Lagi lagi Nana ngedikin bahunya..

Sebenernya Nana tahu Ibang punya hp lebih dari 1..

Untuk keperluan endorse bisnis dan sejenisnya.. terus pribadi.. dan satunya gajelas itu tadi.. dan yang dirumah jelas yang pribadi.. Nana tahu kakaknya itu sengaja ninggalin hpnya dirumah..

Biar orang tuanya ngira dia pergi ga bawa hp..

"Udah sering Mama bilang kalau Papa lagi dirumah kalian jangan pergi sampe larut."

"Mah.. jangan bilang ini ke Nana.. bilang langsung ke Ibang dong."

Mamanya diem..

Nana juga ga ngomong lagi..

Tapi galama kemudian mamanya Nana buka suara lagi. "Dek.. kamu udah lama ga cerita ke Mama soal cowok?"

Nana gatau maksud Mamanya nanya gitu ke dia..

Yang dia tahu pertanyaan Mamanya kaya nyindir dia..

Makanya Nana ngejawab. "Setiap kali aku ngomongin Arjuna Mama pasti ga respon."

"Dek."

"Iya Ma.. Nana gaboleh pacaran sama Arjuna kan? Iya Nana tahu kok. Tapi kenapa sih Ma? Kenapa Mama gapernah ngasih alesan yang jelas ke Nana? Kenapa Nana gaboleh tahu alesannya?"

Diem.. Mamanya Nana lagi lagi diem.. kaya waktu sebelum sebelumnya kalau mereka bahas soal ini.

Tapi kali ini Mamanya Nana ngasih tahu alesannya ke anak gadisnya itu.

Alesan yang bikin Nana jari serba salah..

Jadi makin sedih..

Jadi makin ngerasa kalau hubungan dia sama Juna emang ga akan dikasih jalan.

Tahun 93

"Lalunaaaaa.."

Gadis dengan rambut ikal sebahu itu menoleh. Mendapatkan laki laki yang sudah hampir 3 tahun ini selalu menjadi bayangan dia duduk dengan cengiran lebar diatas motor gedenya.

Semanis KopiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang