Bercocok Tanam

17 0 0
                                    


pernah kalian berpikir, mengapa negara kita terus tertinggal ?

dari aspek manapun dari sudut manapun, kita selalu tertinggal.

dosen saya mengatakan bahwa negara kita tidak fokus.

mengapa ?

kita mencoba mengejar kemajuan dari segala arah. teknologi, fashion, makanan, gaya hidup, dan mobil listrik wkwk. Kita tidak punya pandangan yang jelas untuk mengejar suatu impian yang kita ingin capai selama ini. Kita ingin bagus di segala sektor, sehingga kemajuan terasa sangat lambat meskipun bisa. Saya pikir disini yang menyebabkan kita tak punya image sebuah negara. kita tidak tau julukan negara kita sekarang apa.

macan asia ? bukan lagi.

lumbung padi ? bukan lagi.

negara agraris ? hmm.. sekarang kita sedang darurat agraria.

Paru paru dunia ? Kejadian kemarin membuat saya berpikir bahwa tak lagi. 

satu persatu julukan kita hilang, lantas apa yang bisa kita banggakan dari negara ini sekarang ? kota bali dengan keindahannya ? ayolah... dulu kita punya julukan Lumbung padi, Negara Agraris yang itu bisa membuat kita menjadi Macan Asia. Kenapa tidak mencoba membangkitkan apa yang sudah menjadi keahlian kita sejak dulu. ketika semua negara mengejar kemajuan di alur yang sama, Harusnya kita beda.




Pikiran Kecil Untuk NegarakuWhere stories live. Discover now