BAB III : OLIMPIADE

1K 86 1
                                    

"Ketika mencapai akhir hidupnya matahari akan berubah menjadi bintang raksasa merah. Selama tahap ini matahari akan kehilangan sebagian massanya melalui mekanisme pelontoran selubung. Apa efek yang akan dialami planet-planet di tata surya?"

"Planet-planet akan berspiral menjauhi matahari akibat perubahan grafitasi. Penjelasannya adalah, kehilangan sebagian massa yang dialami matahari ketika berevolusi menjadi bintang raksasa merah tidak akan terjadi dengan serta-merta atau seketika begitu saja, namun secara pelan-pelan sehingga planet-planet masih akan mengorbit matahari namun sambil bergerak menjauhi matahari secara spiral (spiral-out). Gerak spiral ini akibat dari perubahan masa matahari sebagai benda sentral yang terjadi secara bertahap yang mengurangi kekuatan grafitasinya dalam mengikat planet-planet. Temperatur planet yang relatif dekat dengan matahari akan semakin panas karena radius matahari yang membesar menyebabkan planet semakin dekat dengan permukaan matahari."

"Jika suatu lokasi pada saat tengah matahari tongkat yang dipancangkan tegak lurus ditanah tidak memiliki bayang-bayang (matahari tepat di atasnya), kesimpulan apa yang di dapat dari peristiwa tersebut?"

"Jika bayang-bayang benda tegak dipermukaan bumi (menghilang) berarti matahari berada dizenit benda tegak tersebut. Karena rentang deklinasi matahari -23,50 +23,50 peristiwa hilangnya bayang-bayang benda hanya dapat terjadi pada permukaan bumi dalam rentang lintang geografis tersebut. Kesimpulannya adalah, lokasi berada antara 23,50 LU dan 23,50 LS."

"Kehancuran satelit-satelit alam suatu planet dapat ditimbulkan oleh efek pasang surut yang dialaminya. Hal ini ditentukan oleh limit Roche planet tersebut. Apa itu limit roche suatu planet?"

"Tarikan grafitas planet dan gaya sentrifugal satelit yang berlawanan arah menyebabkan satelit mengalami regangan. Regangan ini termanifestasikan dalam fenomena pasang surut air laut dibumi. Sehingga gaya itu sering disebut dengan gaya pasang surut. Semakin dekat satelit ke planet gerakannya harus semakin cepat agar dapat mengorbit dengan stabil hal ini berarti gaya pasang surut besar dan regangan yang dialami makin hebat. jika terlalu dekat dan terlalu cepat struktur satelit tidak dapat menahan regangan sehingga setelit bisa pecah. Batas antara pecah dan tidak pecah itu yang disebut dengan limit roche."

Dan seterusnya ...

Masih banyak soal-soal Olimpiade yang seperti sesi tanya jawab karena memang Olimpiade kali ini bersifat tidak tertulis, dalam artian soal disebutkan langsung jawab, siapa cepat dia yang akan mendapat poin.

Sampai Olimpiade tersebut berakhir dan sementara menunggu hasil, mereka diperbolehkan untuk berkeliaran kemana pun yang mereka mau.

Alreschia Starlyn. Gadis itu memilih duduk di bangku yang tak jauh dari ruangan tempat dia mengikuti Olimpiade tadi, agar ia tidak terlalu jauh berjalan. Sementara menunggu, ia membolak-balikkan dokumen osis yang waktu itu ingin ia rapatkan namun tertunda.

Seketika kegiatannya terhenti saat ia melihat ada sepasang kaki berdiri tepat dihadapannya. Ia pun mendongakkan kepalanya dan menatap heran ke orang tersebut.

"Maaf, ada apa, ya?"

Brukk ...

"Gue kangen banget sama lo."

Chia melotot kaget saat orang itu langsung memeluknya.

Bukan apa, masalahnya ini di area sekolah, kalau ada yang melihatnya seperti ini bisa-bisa akan ada gosip yang tidak-tidak. Chia pun berusaha melepaskan pelukannya dengan mendorong bahu lelaki yang sudah berani memeluknya itu.

CARAPHERNELIA Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang