Festival Budaya

80 11 0
                                    

Gue masih inget bener waktu kelas 8 SMP dulu, gue pernah ikut pawai ala-ala prajurit ngewakilin smp gue di Festival Budaya tahun 2016. Bener-bener salah satu pengalaman yang ngga akan pernah gue lupain. Kali ini gue hadir di Festival Budaya bukan sebagai prajurit, tapi sebagai pengiring/pengawal tamu dari rombongan kota/kabupaten lain. Festival Budaya diadain sekali dalam setahun. Gue, kebetulan ditugaskan oleh PPI untuk mengawal Kabupaten Jember bersama dengan Adel. Tugas kami berdua cukup simpel, yaitu membawa banner bertuliskan "Kontingen Kabupaten Jember". Meskipun kesannya cuman bawa banner keliling kota tapi hal ini ngga semudah yang kalian pikirin. Kita harus bawa banner yang lumayan besar pake PDU. Malem yang seharusnya suasanya adem jadi sumuk bagi kami berdua. Keringat mengalir deres di sekujur tubuh gue. Belum ditambah kalo banner-nya ketabrak angin kenceng, beuhhhh beratnya bukan main! Ditambah lagi kita harus selalu senyum, dan ngga boleh lirak-lirik. Gue sama Adel harus bener bener bisa jaga sikap. Ya, soalnya diliat banyak orang sih, jadi ngga boleh setengah-setengah.

Selama perjalanan, gue denger banyak banget orang yang manggil nama gue. Ada yang manggil 'Geta' doang, ada yang 'Mas Geta', 'Kak Geta', pokonya macem macem deh! Tapi, ada satu hal yang mengaburkan fokus gue, yaitu ketika ada orang yang manggil, 'Mass Geta! dicariin Bela, nih!'. Gue pengen banget noleh dan lihat wajah yang manggil gue itu. Tapi, gue tau gue harus jaga sikap gue sesempurna mungkin. Perasaan gue waktu itu seneng banget. Yang awalnya cuman senyum biasa berubah jadi senyum pepsodent, seneng banget. Ya ngga nyangka aja, kalo Bela bakalan liat gue.

Gue dan Adel berjalan selama 2 setengah jam, dan selama itu tangan kita nahan megangin banner. Sekitar jam 10 malem, gue tiba di garis finish dan langsung menuju parkiran balai kota untuk beristirahat dan makan malam. Setelah gue makan, gue baru inget kalo gue ada janji sama Bela. Entah apa yang merasuki gue, tanpa ada rasa malu gue lari ke depan halaman balai kota dan langsung telfon dia.

Tutttttttt..

Tutttttttt...

'Angkat dong, Bel.' gue semakin ngga tenang. Gue takut kalo Bela kecewa sama gue, padahal Tuhan udah ngasih gue kesempatan kedua buat balikan tapi gue sia-siain. Untungnya, ngga lama kemudian Bela ngangkat telfon gue,

'Halo?' sapanya manis.

'Oh, thank God. Kamu dimana?' tanya gue.

'Aku di sini,' balas bela.

'"Di sini" di mana?' tanya gue.

'Di depannya Bank Indonesia.' jawabnya.

'Mm.. kamu mau ke sini, ngga? Soalnya aku masih pake PDU, jadi ngga bisa leluasa kemana-mana.' ujar gue.

'Mm iya.. deh, kamu dimana?' tanya Bela balik.

'Aku di depan balai kota.' jawab gue.

'Iyaa, aku kesana sekarang. Tunggu.' ucap Bela.

'Beneran gapapa?' tanya gue.

'Iya gapapa, Kak. Eh, maaf, maksudku Geta,'

Kami berdua tetap melanjutkan obrolan hingga bertemu.

'Kamu dimana, sih?' tanya Bela.

'Ini, di depannya tulisan "balai kota" pas.' jawab gue.

'Mana, sih??' jawab Bela agak kesal.

'Coba liat orang paling tinggi, putih, cakep, pake pakaian putih-putih.' jawab gue.

'Oalah iyaa. Keliatan, kok!'

Bela mematikan panggilan.

Akhirnya, gue ketemu sama mantan, eh Bela maksud gue. Awal kali kita ketemu suasananya bener-bener canggung. Beda kayak waktu ketemu beli batagor dulu. Apa mungkin karena kali ini kita cuman berdua ya? Suasananya bener-bener hening. Seakan-akan di area itu cuman ada gue sama Bela doang, padahal kenyataannya rame banget.

Yaudah GapapaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang