Perlakuan

14 2 2
                                    

Okay, ngomongin soal perlakuan disini gw cuma mau bahas dikit aja sih, karena emang ga sengaja kepikiran aja pas lagi gabut. Prinsip gw dalam perlakuan itu simple, dan sebagai orang yang hobinya ngutip kutipan-kutipan keren darimana pun itu, kali ini gw juga mau ngutip lagi. Dalam kamus gw, defisini perlakuan itu "Treat others how you want to be treated". Simple, udah gitu aja sih. Gw orangnya emang ga neko-neko sih, gausah ambil pusing dan bikin ribet hal-hal. Kalau bisa dibikin simple kenapa harus ribet? Hidup udah ribet cuy, jadi gausah nambah beban sendiri deh, mari permudah hidup dengan hal-hal yang ada disekitar. Ya salah satunya kayak yang baru gw sebutin barusan. Gw tuh dalam memperlakukan orang lain selalu mikir dulu dan berandai-andai, mencoba untuk memposisikan diri gw di orang lain. Seandainya gw yang nerima perlakuan begitu dari orang lain, kira-kiran gw bakalan seneng ga? Bakalan ngerasa nyaman dan fine-fine aja ga? Kalo gw rasa itu buat gw ngerasa ga enak dan ga nyaman, maka gw mikir lagi untuk mencari cara lain yang sekiranya bisa gw terima dengan lapang dada. Perlakuan apapun itu, baik besar ataupun kecil, gw bakalan mikirin itu dengan seksama, karena gw mau orang lain tuh juga memperlakukan gw sebagaimana gw memperlakukan mereka. Walaupun ga semua orang punya jalan pikiran dan perasaan yang sama dengan gw. Tapi, gw yakin kalau kita memperlakukan orang dengan baik, niscaya hal baik juga bakalan baik ke kita. Begitu pulak sebaliknya. Inget, "What comes around goes around". Karma itu ada guys. Walaupun kita gatau kapan dan gimana dia datangnya, tapi pasti bakalan balik ke kita. Terlepas baliknya dari orang yang bersangkutan dengan kita atau ga. Karena jujur, dari pengalaman gw sendiri, sebenarnya gw tuh tipe orang yang beneran mikir keras sebelum bertindak, bahkan untuk hal sekecil apapun. Walaupun endingnya jadi overthinking yang ga berkesudahan wkwk. Tapi emang ya itu udah tertanam dan ada dalam diri gw ya mau gimana lagi. Udah jadi kebisaan, jadi kadang tanpa sadar udah terpatri sendiri di otak. Bahkan kadang kalo gw mau lakuin hal yang menurut gw agak sedikit jahat dan keluar jalur dari prinsip yang gw bilang sebelumnya itu, endingnya ga bakalan jadi loh, karena merasa ga enak dan ga nyaman aja. Contohnya, ini beneran sepele banget loh. Di rumah itu, gw kalo ngisi air di kamar mandi itu kan pake sumur bor, jadi kalo mau isi air harus idupin mesin airnya dulu, baru airnya keluar. Nah, gw tiap mau mandi tuh selalu ngidupin airnya sampe gw selesai mandi dan ngisi lagi air di kamar madi sampe penuh. Karena gw ngerasa ga enak kalo abis pake air tuh ga diisi lagi, sekalian untuk jaga-jaga aja sih, takut kalo mati lampu terus gadak air kan ribet tuh. Tapi kadang gw suka kesel nih, padahal gw tiap abis pake air di kamar mandi selalu gw isi penuh lagi biar kalo lagi kebelet ga kosong-kosong amat airnya. Tapi gerem aja sama orang kalo yang abis pake air tuh ga langsung diisi lagi. Padahal untuk ngidupin mesin air itu ga perlu pake tenaga loh, cukup idupin saklar nya doang udah keluar itu air. Tapi selalu aja deh suka gamau untuk sekedar ngelakuin hal se-simple itu. Stress sendiri gw nya kadang kalo udah mikirin itu. Kadang gw juga pengen nih bisa ga peduli gitu, ais pake air gamau gw isi lagi, biar aja deh misalnya ada yang kebelet dan mau pake air kosong, biar mereka bisa rasain apa yang gw rasain. Tapi gabisa guys. Ia kalo ntar yang mau pake air nya bukan gw, lah kalo gw, kan jadi ribet sendiri. Apalagi kalo lagi kebelet banget dan gadak orang dirumah, beeeeuh, apa kagak stress gw mikirinnya. Belum lagi kalo mati lampu, otomatis gabisa idupin mesin air juga dong. Nah, akhirnya tetap aja gw gabisa dan selalu ngisi air lagi sampe penuh kalo abis gw pake. Padahal cuma sesepele itu loh, tapi gw auto mikir jauh kemana-mana. Capek kadang jadi overthinking ini. Tapi mau gimana lagi, udah bawaan orok dari sananya. Pasrah ajalah. 

Intinya, sebelum bertindak dan melakukan sesuatu selalu ingat dan berusaha untuk memposisikan diri kita di orang itu, baik itu orang yang kita kenal ataupun ga. Karena sama sekali gadak ruginya loh buat kita. Toh saling menjaga perasaan orang lain gadak yang salah kan, malah bisa menunjukkan bahwa kita itu orang yang bijaksana dan berwibawa dalam bertindak. Jadi orang lain bisa respect dan sopan juga sama kita. Walaupun ga semua orang punya pola pikir yang sama dan ga semua orang juga bisa memperlakukan kita seperti yang kita mau. Apa salahnya dengan dimulai dari diri kita sendiri? Toh, kita juga ga akan bisa mengubah sifat dan pola pikir orang, karena tiap orang emang terlahir berbeda-beda. Kalau belum bisa mengubah orang lain, maka ada baiknya kita mulai mengubah dari diri kita sendiri dulu. Bukannya lebih mudah? Dulu gw pernah denger suatu kalimat yang bilang kalau kita ga akan bisa mengubah dunia karena susah, dunia itu luas dan besar cuy. Percuma juga mau dirubah kalau cuma setengah-setengah dan berhenti di tengah jalan. Jadi, daripada sibuk ngurusin dunia yang gatau kapan bisa berubah. Lebih baik kita mulai aja dari hal yang paling mudah dan dekat dengan kita, yaitu diri kita sendiri. Memang proses nya ga mudah dan sebentar. Tapi seenggaknya dengan kita merubah diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Hal itu pasti akan membawakan perubahan yang lebih baik ke depannya, untuk diri kita at least.

Jadi, ayo mulai berbenah diri untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Lakukan semua itu dengan niat dan tekad kesungguhan supaya bisa berjalan dengan lancar. Tujuannya ga usah yang muluk-muluk. Cukup untuk membuat diri kita menjadi lebih baik dan membahagiakan diri sendiri. Yang penting, kita ga merugikan diri sendiri, orang tua dan orang lain. Sederhanakan? So, let's be a better person from now on ^_^

Thinker(not)bellTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang