Jinx, kb. Sl.: nasib malang, orang/barang yang membawa sial. -kkt. Sl.: membawa nasib malang/sial. to j. s.o. membawa sial bagi seseorang. (Source : https://kamuslengkap.com/kamus/inggris-indonesia/arti-kata/jinx)
Lebih kurang seperti itulah makna dari kata Jinx yang kali ini bakalan gue bahas. Secara singkat, kata lain yang bisa mewakili makna dari Jinx bisa disebut dengan kualat dan takhayul. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah pernah dengar kata ini dan paham dengan artinya. Taetapi, bagi kali yang belum pernah sama sekali mendengar kata ini dan ingin tahu apa maksud sebenarnya dari kata ini. Disini gue bakalan mencoba menjelaskan dengan singkat maksud dan pemahaman kata tersebut dari pemahaman dan analisis ala-ala yang sudah gue pikirkan selama beberapa waktu belakangan.
Sesuai dengan arti yang tertulis di atas, bahwasannya jinx merupakan nasib malang, kualat serta takhayul, hal ini berlaku untuk orang maupun benda. Ya, menurut gue secara pribadi, jinx itu ga jauh-jauh dari hal-hal yang berbau di luar nalar pikiran manusia yang kadang sulit untuk bisa kita terima secara mudah. Di jaman yang sudah semakin modern dan berkembang saat ini, hal-hal seperti itu pasti nya banyak yang menganggap remeh dan ga percaya sama hal begituan. Selain ga bisa di terima akal sehat, juga ga ada juga penelitian yang bisa membuktikan kebenaran akan hal tersebut. Tapi, ya namanya manusia yang jalan pikiran dan kepercayaannya berbeda-beda. Pasti tetap ada beberapa kalangan dan golongan yang percaya sama hal kayak gitu.
Pribadinya, gue sendiri juga bukan termasuk orang yang percaya sama hal-hal begituan selain bertentangan dengan ajaran agama yang gue anut, juga kayak beneran ga masuk di akal aja. Tapi, gue juga ga menentang dan menghakimi secara sepihak orang-orang yang percaya dengan hal itu. Saling respect aja sih. Selama hal itu ga ganggu dan mengusik kehidupan dan ketentraman gue. No problem.
Tapi, emang ga bisa gue pungkiri kalau terkadang juga termakan sugesti diri sendiri dan secara ga sadar menjadi percaya sama jinx ini. Tapi, bukan berarti gue percaya sama hal-hal yang berbau takhayul dan mistis ya. No. Disini konteks gue percaya dengan jinx ini lebih ke sugesti dan feeling aja sih. Biar gampang, gue kasih contoh nyata aja deh ya.
Gue biasanya kalo mau ngelakuin sesuatu nih kadang suka termakan sugesti gaje yang tiba-tiba datang entah dari mana. Biasanya sih tiap gue mau ngelakuin sesuatu yang penting or something yang memerlukan keberanian dan lucky. Tapi sugestinya itu tuh beneran hal yang sepele, tapi gue nya nanggepin dengan serius. Kayak misalnya, gue biasanya kalo pergi itu selalu pake aksesoris cincin di kedua tangan gue. Letaknya itu di kedua jari tengah, kiri-kanan. Nah, kadang suka tiba-tiba kepikiran untuk mindahin letak cincinnya itu ke jari yang lain. Tapi, gabisa langsung gue kerjain karna muncul sugesti yang gatau darimana datangnya yang bikin gue berpikir kalo gue pindahin letak cincinnya sekarang, ntar ujian or apapun yang bakal gue lakuin hari ini tuh bisa ga berjalan dengan lancar dan malah berakhir ga baik buat gue. Dan akhirnya, gue dengan segala hormat bakalan ngikutin sugesti itu dan ga akan mindahin cincin nya ke jari yang lain sampe hal yang mau gue lakuin hari itu beneran beres dan kelar.
Ajaibnya nih, semua yang gue lakuin hari itu tuh beneran berjalan dengan lancar tanpa ada halangan sama sekali. Sungguh luar biasa kan. Di satu sisi, gue mikir mungkin karna tadi gue ngikutin sugesti yang datang out of nowhere itu makanya semuanya bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan gue. Tapi, di sisi lain gue juga mikir kalo semua ini tuh gada hubungannya sama sekali dengan sugesti or apapun yang gue pikirin tadi. Semuanya itu bisa berjalan dengan lancar ya karna gue udah berusaha yang terbaik dan melakukan nya dengan hati-hati. Karna logika nya juga si sugesti itu gatau gue datangnya darimana, dan tiba-tiba aja dia jadi kayak mengontrol apa yang harus dan ga harus gue lakuin tanpa gue tau maksud dan faedahnya. Walaupun dengan paok dan bodohnya tetap gue ikutin. Terus juga, kenapa juga tiba-tiba gue mau mindahin letak cincin yang pada dasarnya selalu gue pake di jari tengah mau gue pindahi ke jari yang lain. Hah, pusing sendiri dah gue mikirnya -_-. Beneran ga masuk akal memang.
Ya, lebih kurang gitu sih pengalaman gue dengan yang namanya jinx, atau gue lebih suka menyebutnya sugesti dan feeling sih.
Tapi, sebelumnya gue sendiri juga ga begitu tau kalo hal yang disebut jinx ini tuh exist. Gue baru tau setelah menonton banyak drama korea dan satu film kolaborasi korea-jepang yang judulnya "Jinx". Dari situlah gue mulai tau dan kepo sama si jinx ini. Eh, ternyata gue sendiri malah sering ngalamin hal yang serupa tanpa gue sadari. Walaupun hal yang gue rasain beda sama yang orang lain artikan dengan jinx nya mereka.
Kalo di salah satu web drama korea yang pernah gue tonton nih, judulnya "A-Teen". Jinx yang mereka maksud itu adalah, si pemeran utama cewek selalu mimun kopi dan makan kacang almond, eh ia ga sih, lupa-lupa inget sih gue. Pokoknya gitu deh, tiap udah deket-deket hari ujian dia selalu minum kopi gitu, katanya itu jinx nya dia. Dan dia merasa lebih confident dan yakin kalo ujiannya bakaklan berjalan dengan lancar as long as dia ngelakuin rutinitas nya itu.
Dari sini udah keliatan kan, perbedaan jinx dengan hal yang gue maksud dengan sugesti dan feeling yang gue rasain sesekali itu. Keliatan sama dibeberapa bagian, tapi jelas beda dibeberapa bagian juga karna gue ngelakuin hal itu tanpa direncanakan dan random gitu. Jadi, tetap, gue ga terlalu begitu percaya dengan yang namanya jinx atau biasa dikenal dengan nasib malang, kualat dan takhayul itu. Walaupun menurut pemahaman gue nih, nasib sial, takhayul dan kualat itu punya makna yang berbeda. Dimana kualat itu lebih ke karma gitu sih. Tapi, apapun itu nama nya beda-beda tipis lah artinya.
Nah, segini dulu ya pembahasan gaje dan serba tiba-tiba ala-ala ini. Semoga kalian yang baca merasa terhibur walaupun gatau dimana letak hiburannya wkwk. Anyway, thanks for reading this story ^_^
KAMU SEDANG MEMBACA
Thinker(not)bell
RandomUnspoken able thoughts and opinions that can only be written.