Stare alias tatapan, suatu hal yang suka dihindari orang kebanyakan orang, termasuk bagi si introvert. "Mata merupakan jendela hati". Setidaknya, begitulah bunyi dari salah satu pepatah yang pernah gue denger sekali dalam hidup gue. Dari tatapan mata seseorang kita bisa tahu bagaimana pandangan orang tersebut dalam melihat dan menilai sesuatu atau seseorang. Bahkan tanpa disadari kita pribadi pun sangat sering melakukan hal tersebut. Mulai dari tatapan biasa sampai menusuk dan tak sedap dipandang mata atas sesuatu yang sedang kita lihat. Ya, walaupun semua itu merupakan hal yang biasa dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi terkadang tatapan dan hal tersebut sering membuat kita merasa tidak nyaman dan risih. Terlebih jika kita mendapatkan tatapan tidak mengenakan tersebut dari orang yang baru pertama kita lihat dan tidak saling kenal. Rasa nya ingin saja berkata di depan muka nya untuk bilang "Liatnya biasa aja dong. Kayak nggak pernah liat manusia aja lu". Tapi sayang, jangankan untuk membuka mulut dan berkata seperti itu. Sekedar menatap balik orang tersebut saja sulit bagi beberapa orang, terlebih orang-orang introvert, dimana mereka lebih memilih untuk berdiam diri dan menghindari situasi dan kondisi yang bisa membuat mereka menjadi pusat perhatian di hadapan banyak orang. Nah, kalo udah begitu, ujung-ujungnya pasti kita bakalan milih untuk pura-pura gatau dan melenggang pergi ke tempat lain untuk melarikan diri. Dan ini sering banget kejadian sama gue.
Dan untuk kasus terparahnya itu adalah ketika ada orang yang ngeliatin kita dengan tatapan super duper ga enak dan ga nyaman banget mulai dari ujung kaki sampe kepala. Udah kayak nge-scan berkas aja. Dikira nya kita barang apa yak pake diliatin sampe segitunya. Ga sopan banget kan, gue auto ilfeel deh seandainya nemuin manusia yang model begitu. Mata itu ada ya tolong dipakai dan digunain dengan baik lah ya kan. Bisa kan natapnya tuh itu biasanya gausah dipamerin kayak lagi ngeliatin something yang buat orang yang diliatin jadi ga nyaman dan risih gitu. Kalo pun emang merasa ada yang aneh dan ga biasa, ya tolong harap dikondisikan juga, jangan terlalu dinampakkan juga cara natapnya sampe bola mata tuh kayak mau keluar gitu. Tolong jaga perasaan orang yang kalian liat. Coba keadaan nya dibalik kalian yang diliatin dan di pelototin orang yang ga kalian kenal. Gimana kira-kira perasaan kalian? Ga suka dan ga enak kan pasti? Nah, sama. Jadi tolong, saling respect dan menjaga mata dan lisan kalian pada siapa pun. Terlebih orang yang baru kalian jumpai dan ga kenal.
Kemaren aku baru aja ngalamin nih salah satu pengalaman ga enak soal tatapan dari orang yang ga aku kenal nih. Aku lagi nunggu angkot nih ceritanya mau pergi ke satu tempat. Nah, aku biasa nya kalo pergi kemana-mana tuh selalu pake masker wajah untuk menghindari polusi udara dan segala macam debu yang beterbangan di luar. Jadi, pas aku nyetop angkot untuk aku naiki, sebelum naik aku nyempetin nanya dulu ke supirnya, lewat ga ke tujuan yang mau aku tuju. Situasi nya waktu itu tuh lagi lumayan rame dan sedikit berisik karna ada banyak angkot juga yang lagi lewat dan berenti di deket situ. Jadi, pas aku nanya ke supir angkotnya, si supirnya kayak ga denger dengan jelas apa yang aku bilang. Mungkin pengaruh situasi yang waktu itu cukup berisik dan aku pake masker, jadi dia ga bisa baca gerak mulutku. Ada kali itu aku nanya nya sekitar 10 detik gitu sebelum akhirnya aku langsung naik aja ke angkotnya karna asik di klason mulu sama kendaraan lain yang juga ada disitu. Ditambah lagi omongan kurang enak yang aku dnger dari salah satu penumpang perempuan yang kayaknya lebih tua dari aku. Dia bilang masker nya itu dibuka kalo ngomong, susah untuk di denger karna masker nya. Okay, untuk hal itu aku bisa terima karna emang ada salah juga di aku nya karna ngomongnya kurang keras dan kelelep dengan suara bising yang ada di sekitar, plus aku pake masker yang bikin mulut aku ketutup. Tapi, yang bikin aku auto badmood dan kesel itu the way she stare at me guys T_T. Kalo menurut penilaian aku pribadi nih, cara dia natap aku tuh kayak ga suka dan sinis gitu. Beneran ga enak banget diliat beneran deh. Bahkan sampe sekarang aku masih ingat banget tatapan matanya itu. It's really disturbs and annoys me a lot. Mood aku tuh auto jelek banget jadinya gara-gara itu. Ada sempat beberapa kali aku liatin tuh orangnya karna sangking keselnya. Ingin rasanya ngomong something gitu ke orang itu, tapi apa daya, nyali gue udah ciut duluan mengingat keadaan angkot yang ga kosong waktu itu. Dalem hati gue cuma bisa nyabarin diri dan mencoba untuk ga terlalu ambil pusing dan mikirin terlalu lama. Tapi tetep gabisa guys T_T. Aku tetep kepikiran sepanjang aku di dalam angkot yang sama dengan dia. Beneran pengen nangis deh rasanya T_T. Tapi, syukurnya perjalanan aku waktu itu cukup singkat, karena jaraknya yang lumayan dekat. Jadi kira-kira 5 menit doang aku udah turun dari angkot itu.
Seturunnya gue dari angkot, cepat-cepat gue tarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya dengan kasar untuk melampiaskan rasa kesel yang tadi tertahan. Padahal niatnya keluar tuh pengen hangout bareng temen, pengen have fun bareng. Eh, belum juga ketemu sama temen dan have fun, udah kena musibah yang bikin bad mood. Sepanjang gue nunggu temen gue sampe di tempat kita janjian, gue mencoba menghilangkan bad mood dan rasa kesel gue, karna gue ada disini tuh untuk have fun. Jadi jangan sampe waktu berharga gue untuk have fun malah terbuang sia-sia karna kejadian singkat yang tadi. Alhamdulillah, setelah temen gue datang, secara ga sadar gue udah lupa ada sama kejadian yang bikin bad mood tadi dan fokus having fun bareng temen gue. Walaupun sampe sekarang secara ga sengaja suka kepikiran ulang memori ga mengenakan itu. Tapi, yaudahlah ya, udah lewat juga biarkan aja dia berlalu dan tinggal disana. Life must keep going. Mau sampe kapan gue terjebak di masa lalu. Cie ela bahasa gue :D
Lanjut nih ya. Masih dengan topik yang sama, tentang tatapan. Gue selalu merasa nih ya, setiap gue ngobrol sama orang lain, gue pasti suka menghindari tatapan mereka secara langsung. Jadi, tiap ada yang ngajak gue ngobrol fokus gue kalo ga ke mulut, hidung ya jidat mereka :D. Walaupun sesekali gue tetap ngusahain untuk natap langsung mata mereka sebagai tanda sopan. Tapi, kadang sulit coy. Gue merasa agak gimana gitu kalo lama-lama eye contact sama orang lain. Kalian ada yang ngerasain hal yang sama kayak gue juga ga sih? Apa cuma gue doang yang ngerasain hal begini?
Bahkan kadang sama orang yang udah aku kenal dekat suka gitu juga, walaupun lama-lama aku usahain untuk terus natap mata mereka biar lebih enak aja. Karena dalam komunikasi itu kan penting untuk natap langsung mata sang lawan bicara. Tapi, untuk kasus dengan orang lain, aku tetap susah untuk bisa natap lama mata mereka. Ujung-ujungnya aku coba cari pemandangan lain untuk dijadikan fokus ketika ngobrol sama mereka. Dasar cupu kan. Gimana ada yang betah ngobrol sama gue kalo sekedar natap doang ga berani. Huhuhu -_-.
Mungkin sampe disini dulu deh pembahasan tentang stare alias tatapan yang bisa aku bahas kali ini. Semoga kalian yang baca tulisan ini merasa terhibur dan enjoy ya, walaupun gatau juga bakalan ada yang baca atau ga dan berfaedah atau ga :P
KAMU SEDANG MEMBACA
Thinker(not)bell
RandomUnspoken able thoughts and opinions that can only be written.