Wawancara Kerja

10 2 2
                                    

Cuma mau berbagi sedikit nih. Kemaren gue baru aja ada panggilan wawancara kerja setelah sekian lama nganggur yang tak kunjung jelas kapan hilal jobless ini berakhir. Awal nya gue ngirim lamaran nya tuh cuma iseng2 doang, karena udah beberapa bulan sama sekali gada niat dan progress untuk cari kerja lain sementara nunggu CPNS. Tapi, dalam hati ngerasa ga enak sama orang tua dan orang rumah yang selalu aja ada kesibukan masing-masing sementara gue cuma santai-santai gaje tanpa menghasilkan apapun. Jadi, akhirnya gue buka folder loker dalam hp gue yang isi nya tuh khusus info-info loker yang gue dapat dari media sosial dan gue simpen kalo-kalo niat gerak gue untuk ngelamar itu berjalan.

Jumat sore di penghujung bulan februari. Tepatnya tanggal 28 Februari 2020, dimana biasa nya tuh menjadi tanggal terakhir di setiap bulan februari selama empat tahun berturut-turut, gue ngebuka folder loker di hp gue dan mulai memilah-milah mana loker yang kira-kira cocok untuk gue dan bisa gue lamar.

Setelah berkutat beberapa saat, akhirnya gue mulai buka folder lamaran kerja di laptop untuk ngedit file lamaran kerja yang udah ada biar di sesuaikan dengan lamaran baru yang mau gue lamar.

Kira-kira sekitar satu atau dua jam gue berkutat dengan laptop untuk mempersiapakan semua berkas dan file yang diperlukan untuk gue kirim ke masing-masing tempat yang udah gue pilih. Total ada empat lamaran yang udah gue pilah dan siapkan. Ya, dari sekian banyak info loker yang gue simpan, akhirnya cuma empat yang gue rasa bakalan cocok dan bisa gue lamar, mengingat kebanyakan info loker yang gue simpan udah berjamur dan lewat lama dari waktu yang sesuai untuk ngirim lamaran.

Tapi, gue ga langsung kirim lamaran hari itu juga. Selain waktu nya yang udah malam dan ga sesuai sama kriteria waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja. Sementara gue simpan dulu di draft e-mail, biar besok pagi tinggal kirim aja. Walaupun sebenarnya dari informasi yang gue baca soal itikad dan norma yang baik dalam mengirim lamaran kerja via e-mail itu baik nya di hari kerja, Senin-Jumat, tp gue tetap memantapkan jiwa dan raga untuk ngirim lamaran itu di hari sabtu pagi. Terserah lah, mau e-mailnya di baca atau ga, setidaknya gue udah berusaha melakukan yang gue buat. Dibilang berharap, pasti, tp kalo pun gada tanggapan. Let it be. Belom rezeki mungkin.

Well, mungkin ini keuntungan nya gue ga terlalu menaruh harapan yang terlalu besar pada sesuatu. Tanpa gue sangka, sabtu sore menjelang magrib, hp gue bunyi. Masuk notifikasi dari e-mail yang berisi panggilan wawancara dari salah satu tempat yang gue kirim lamaran tadi pagi. WOW. Ga nyangka asli. Padahal ngirim nya iseng doang biar ada usaha dan yang dikerjain. Walaupun ada rasa senang dan berharap lebih hihi.

Selang sehari, hari minggu malam nya nih sekitar jam 9 atau jam 10 deh ya. Gue lagi asik-asik nonton di laptop nih, tiba-tiba hp gue bunyi. Masuk lagi notifikasi dari e-mail, yang lagi-lagi bikin gue deg-deg ser pas baca kalo itu tuh panggilan wawancara kerja lainnya yang gue dapat dari tempat yang kemaren gue kirim. Beneran ga nyangka banget loh, padahal itu baru sehari doang, tapi gue udah dapat panggilan dari setengah tempat yang gue lamar. Bersyukur banget usaha iseng gue berbuah hasil walaupun baru dilangkah awal.

Tapi, beda sama yang sebelum-sebelumnya nih. Kali ini gue ga terlalu nervous dan kepikiran tentang wawancara yang bakalan gue hadapi di hari senin nya.Walaupun pengalaman wawancara kerja gue belom banyak, tapi biasa nya tiap menghadapi hal beginian gue udah nervous dan uring-uringan jauh hari sebelum hari H nya. Gatau kenapa sih, kali ini kayak biasa aja gitu. Ada sih kepikiran bakalan jawab apa kalo ntar di tanya ini itu. Tapi, itu tuh biasa aja, ga kayak yang sebelum-sebelumnya yang udah panas dingin banget bahkan sebelum hari H.

Nah, pas hari H dan udah sampe di tempat nya nih gue juga masih biasa-biasa aja. Walaupun ada rasa mulai was-was dan gugup. Tapi masih bisa gue handle dan ga terlalu deg-degan.

Tiba pas gue dipanggil untuk wawancara nih, gue datang dengan langkah santai sambil membawa berkas yang diperlukan. Gue kasih sama sang pewawancara nya dan duduk santai.

Alhamdulillah nya, menurut pandangan dan feeling gue nih, wawancara berjalan lancar dan ga semenakutkan yang gue bayangkan sebelumnya. Karena dulu gue sempat trauma dan auto deg-degan pas ditanya tentang kegiatan gue yang ga kunjung kerja-kerja. Tapi, pas disini tuh kemaren yang wawancarain gue orang nya asik dan terbilang santai gitu, bikin gue ga deg-deg ser kayak mau sidang skripsi. Walaupun cara bicaranya sedikit bikin gue susah ngerti dan di denger, tapi pembawaan orangnya dan cara bicara nya bikin gue relax. For your information, yang wawancarain gue koko cina-malaysia gitu, jadi dia ngomongnya campur English-Malaysia, yang mana ada di beberapa kata dan nada yang kurang gue pahami dengan cepat. Tapi masih terbilang bisa dipahami setelah beberapa saat. Dan pertanyaan yang dia tanya juga yang umum-umum. Dan dia ga mengintimidasi gue pas nanya tentang pengalaman kerja gue. Jadi, disitu gue sedikit lega, karena seriusan bingung kalo ditanya kenapa belum punya pengalaman kerja padahal udah lulus lama dan umur gue yang terbilang ga muda lagi.

Jadi, wawancaranya tuh beneran singkat banget. Kurang-lebih, cuma 5 menitan gitu. Abis itu gue udah dipersilahkan untuk pulang.

Alhamdulillah gue ucapkan begitu keluar dari sana. Walapun gue gatau hasil akhirnya ntar, bakalan di terima atau ga. Setidaknya gue udah usaha dan melakukan apa yang gue bisa. Hasilnya pasrah dan serahkan aja sama Allah. Kalo emang rezeki ga kemana kok :)

Dan besok, tiba saatnya gue hadapi panggilan wawancara gue yang kedua nih. Semoga besok juga bisa berjalan dengan lancar deh. Apapun itu, harus bisa dilewati. Karena hidup terus berlanjut. Jadi, gada kata menyerah dan putus asa. Tetap lakukan yang terbaik yang kita bisa. Usaha ga akan pernah menghianati hasil.

Semangat semuanya ^_^

Thinker(not)bellTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang