01. Keluarga Tiang

1.6K 137 15
                                    

Ngomongin istilah rempong di pagi hari buat seluruh ibu di dunia, kayaknya istilah ini nggak ada di kamus hidup Soraya.

Biar dia hidup sendiri sambil urus keempat anaknya, Soraya nggak pernah yang namanya kerepotan ngurus ini itu sampai kepalanya mau pecah. Ya beberapa kali sih ada, tapi nggak setiap hari. Lagi anaknya juga udah pada besar, kebanyakan juga cowok kan. Jadi harus bisa mandiri dan nggak manja dong....

Kecuali Aji, sih.

"Ma, aku udah ganteng belom?" Soraya yang lagi siapin sarapan jadi noleh ke asal suara. Anak pertamanya, Mika, nyengir abis nanya gitu.

Soraya berdecak, "anak mama emang ada yang jelek?"

"Nggak, sih..."

"Nah, ya udah."

Iya, udah gitu aja. Terus Soraya lanjut nuang susu ke gelas biarin Mika yang langsung duduk siap-siap buat sarapan. Nggak lama ketiga adiknya pun datang.

"Ma, hari ini aku ada kerkom." Yumna buka suara, anak kedua Soraya yang jaraknya beda setahun di bawah Mika duduk di samping May; si bungsu. "Jadi izin pulang telat."

"Kerkom apa kerkom??" ledek Mika.

"Diem aja ya, terong."

May sama Aji ketawa ngakak. Puas banget kalo bikin Mika kesel, soalnya muka si kakak jadi lecek.

Liat pertengkaran antara sodara kayak gitu udah biasa bagi Soraya. Dia nggak marah, asal masih dibatas wajar. Lagian kalo marah juga gimana, ya... Soraya sendiri kan pernah rasain jadi seorang anak gitu loh. Asal berantemnya nggak pake bunuh-bunuhan atau ngomong kelewat kasar, masih aman lah.

Sebelum keempat tiang cilik ini pergi sekolah, kenalan dulu kali, ya. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang.

Eh udah kenal tetep nggak disayang.

Pertama dan kedua, ada Mika dan Aji. Umurnya sama, tapi beda angkatan karena emang Aji yang cuma telat sekolah. Mereka bukan kembar.

Lah terus?

Kepo aja lu sama hidup orang.

Ya pokoknya nanti akan ada saatnya dimana mama Soraya spill tentang masa lalunya yang— males banget lah kalo diinget lagi.

Mika ini kelas sebelas yang bentar lagi bakal ujian kenaikan kelas terus naik kelas deh ke kelas akhir. Mika satu sekolah sama Yumna, cuma Aji aja yang nyangsang ke sekolah sebelah. Ajinya sendiri sih yang emang mau sekolah negeri, beda sama Mika dan Yumna yang udah mengidam-idamkan sekolah swasta terbagus yang terkenal banget di daerah mereka. Aromanya, May masih bingung mau ke negeri atau sekolah elit itu.

Kenapa Aji telat sekolah, soalnya emang Aji sendiri yang masih mau main-main dulu. Jadi ya, biarin aja dah. Anaknya juga pinter.

Anak ketiga ada Yumna, seangkatan sama Aji tapi umurnya dibawah setahun.

Yumna ini bawel dan lumayan petakilan (kalem kalo depan mas gebetan aja). Gen mama Soraya yang bawel dan cerewet nurun ke Yumna, makanya nggak usah heran. Agak centil juga sih, apalagi kalo liat cogan.

Ngaku aja lo pada gitu juga kan???

Terakhir ada May—atau maysha. Si bungsu yang masih SMP dan akhirnya selesai ujian nasional.  Tinggal tunggu hasil keluar terus pilih sekolah deh. May pengen banget masuk negeri, tapi dilain sisi dia mau masuk SMA swasta kayak kakak-kakaknya.

Ngeliat kak Mika dan kak Yumna bebas gitu di sekolahnya bikin May juga iri. Sepatu bebas, rambut boleh diwarnain, banyak event juga di sekolah mereka.

Mama Muda | gfTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang