Masih pagi tapi ibu-ibu blok D udah kelilingin tukang sayur yang lewat dan mulai berbelanja tentunya sambil gosip.
Tidak afdol bila temu sapa tapi gak ada gosip.
Betul apa betul?
Di geng mama muda yang tinggal di blok D ada mama Soraya dan mami Erin, sebelahan rumahnya. Setiap hari ibu-ibu ini belanjanya emang di tukang sayur yang lewat pake motor gede.
Gayaan emang kang sayurnya.
Suka-suka kang Atuy aja ya.
“Gak kerasa eh besok atau lusa dah puasa,” ujar Bila membuka pembicaraan. Padahal dia baru aja dateng langsung nyempil di tengah-tengah Soraya dan Joyi.
Enak banget ya mentang-mentang kecil jadinya nyempil diantara para tubuh bongsor.
“Kang, mau ayam satu ekor dong,” ujar senja kemudian.
“Siap, kak!”
Semua ibu-ibu yang tinggal di blok D ngangguk aja, karena emang udah tau fakta kalo puasa antara besok dan lusa, tinggal tunggu hasil dari sidang isbat nanti malem aja. Hutang puasa ada yang lunas ada yang belum.
Gak usah disebut lah siapa.
Sebut aja nama sendiri.
“Terus yaaa katanya nanti siang rumah kosong bekas pak Sobirin bakal diisi sama orang baru,” ujar Bila lagi.
Dengan mengucap bismillah, acara gosip dimulai.
“Siapa deh yang isi?” tanya Erin sambil pilih kangkung yang bagus.
“Waktu awal tau ada yang mau pindah, aku kan kepoin Pak Bulbul ya. Tapi sok iya banget tuh RT satu.”
“Sok iya gimana?” tanya Soraya mengernyit.
“Masih jadi rahasia, Bu Bila,” ujar Bila mengikuti gaya bicara Pak Bulan.
Ibu-ibu yang ada di sana ketawa aja dengernya. Lucu sih emang RT mereka. Lawak orangnya, tapi bijaksana juga.
“Kira-kira siapa ya yang pindah,” celetuk Joyi. “Berondong atau udah berkeluarga?”
“Yeee si Joy apeni maksudnya,” sahut Bomi—kerap disapa mak bombom, pemilik warung sembako sebelah rumah Erin. Istri dari Bayu. “Kalo berondong kenapa emang?”
“Yaaaa biar seger lah mata.” Kemudian Joyi nyengir.
“Oje udah ganteng gitu loh, syukurin apa yang udah Allah tetapkan sebagai jodoh.” Kalau ini yang ngomong adalah yang paling teralim di blok D. Baru aja pindah sih, beberapa bulan lalu.
Joyi langsung ngelirik kesel, “Iya iyaaaaa mba zahraa!!”
🧕🧕🧕
Siang bolong gini, Juyita emang udah buka usahanya jualan ayam bakar. Emang banyak juga siang-siang yang beli buat makan siang, tim males masak biasanya.
Eh tiba-tiba mobil bak beserta barang-barangnya lewat. Gak cuma satu mobil, tapi banyak banget!
Emang sih, perumahan di sini cuma tersedia sofa set ruang tamu, sofa panjang buat di ruang keluarga, set meja dapur, dan kasur di tiap kamar. Oh, sama lemari besar tiap kamar. Sisanya kayak rak buku, karpet, dan sebagainya ya masing-masing.
Makanya ini ada yang pindahan pasti repot banget! Ada tiga mobil bak.
Mumpung gak ada pembeli, Juyita buka grupchat ibu-ibu komplek ini khusus yang suka julid aja.
KAMU SEDANG MEMBACA
Mama Muda | gf
ChickLitAda geng mama muda di sebuah perumahan. published : mei 2020 versi revisi : november 2021