15. halal bihalal

138 18 1
                                    

lebaran telah tiba.


setelah berperang selama kurang lebih tiga puluh hari melawan rasa lapar dan hawa nafsu, akhirnya hari perayaan telah tiba.

setelah sholat Ied di masjid komplek yang besar dengan halamannya yang luas banget, tetangga dari blok a sampai d saling maaf-maafan kalau berpapasan. kenal akrab ataupun enggak ya pokoknya maaf-maafan aja. setelah itu keenam anggota mama muda beserta anak-anaknya berbondong-bondong pulang dulu ke rumah untuk berganti pakaian dengan baju baru yang super cantik, baru kembali ke rumah mama soraya sekitar pukul sembilan.

rencananya mereka mau kumpul gitu sampai siang untuk makan ketupat bareng buatan mama soraya, gak lupa opor ayam dan kentang ati baladonya. lalu setelah itu balik ke rumah masing-masing karena pada mau pulang ke rumah orangtua.

sebenarnya rumah mama soraya gak sebesar rumah bina atau jilla yang letaknya di komplek A, yang emang dikhususkan untuk rumah-rumah besar dengan privasi ketat karena banyak ditinggalin sama selebgram gitu. pengecualian buna una, sih. dia emang pengen coba hidup jadi orang biasa jadi, ya, gak terlalu butuh privasi banget, walau kadang agak jengkel kalau ada yang kepo. dan kenapa gak di rumah mama bina atau umi jilla, karena emang udah tradisi kalau kumpul hari besar gini di rumah yang tertua aja.

para ibu-ibunya kumpul di ruang tamu, duduk di sofa sambil cobain satu-satu kue lebaran. sementara para anak pada mencar gitu, ada yang di ruang keluarga duduk lesehan di karpet sambil setel televisi, ada yang di teras luar dan teras atas, ada juga yang ikut ke kamar karena udah deket.

“mantan suami gimana kabarnya? pada nengokin anak-anak, gak?” tanya soraya setelah duduk bawa nampan berisi minuman.

bina berdecak. “yang mana, nih? kalo papanya juno kagak peduli sama sekali. nyerah dah gue. najis banget tuh laki.”

“buset, sabar, bi.” erin kaget karena hawa galak bina mulai keluar. “terus kalo si ondra gimana?”

“kalo dia mending dah, masih kabar-kabaran. kemarin kirimin baju, kue, sama thr.” bina mulai mendingin. cerai dengan ondra memang terpaksa karena mertua yang jahat, bukan karena ketidakcocokan diantara mereka. walau bina tidak memiliki anak dari ondra, tapi lelaki itu masih tetap baik dan selalu tidak lupa untuk menghubunginya. bahkan ondra beberapa kali mengirimi hadiah ketika anak-anak bina sedang ulang tahun.

“jujur, agak disayangkan gak, sih? coba aja mertua si ondra gak kayak mak lampir. pasti lo sama dia sampe sekarang masih hidup bahagia.” ini erin yang ngomong.

bina tersenyum. “tapi karena gak lagi sama mas ondra, gue jadi ketemu pangeran surga,” ujar bina seraya memejamkan mata dengan senyum bahagianya. “mas juan lagi apa ya sekarang di surga?”

“bina ...” jilla jadi mewek, karena senasib. “nanti sore aku mau nengokin mas hansol. kangen banget.”

“turut berduka buat kalian, ya. walaupun udah lama, tapi kayak ... dukanya masih terasa sampai sekarang,” ujar soraya prihatin.

bina sama jihan senyum pedih. apa ya mau nangis lagi juga kayak percuma, gak mau rusak suasana juga.

“kalo mantan suami mba soraya ... gimana?” tanya jihan.

“kalo heksa masih kasih thr ke anak-anak.”

anak-anak yang dimaksud soraya adalah mika, yumna, dan may.

Mama Muda | gfTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang