please read:
mama muda debut tahun lalu bulan puasa, ini versi republish dengan revisi nama lokal. jadi latarnya masih bulan puasa ya.Setelah ditetapin MUI kalo puasa jatuh pada hari esok, maka dari itu tarawih mulai dilaksanakan pada malam ini.
Aji langsung ngibrit ke kamar begitu berita selesai, keluar-keluar udah rapih pake baju Koko, sarung, gak lupa sajadah yang disampirkan di pundak kanannya. Padahal di masjid banyak sajadah, tapi karena tarawih pertama, jaga-jaga aja ngeri gak kebagian.
Soraya yang masih duduk santai di depan tv langsung takjub. Kemudian matanya noleh ke tiga anak lainnya; Mika, Yumna, May yang masih sibuk main handphone. Matanya ke depan lagi, liat Aji. Dalem hati, kayaknya yang bisa nyeret gua ke surga malah anak tiri gua.
“Ma, ayo ke masjid,” ajak Aji langsung tarik tangan Soraya.
“Iya, Aji anak mama yang paling rajin.” Ketika bagian yang paling alim suaranya dikencengin. Soraya langsung diri dan ke kamar buat ambil mukena.
Terus Aji tarik tangan semua sodara tirinya buat taruh hp-nya dan siap siap buat sholat. Tapi pada pura-pura budeg tetep main hp.
“Tarawih sunnah, cuma pahalanya gede loh. emang yakin tabungan akhiratnya udah banyak kalo nyia-nyiain ini?”
Mika ngelirik singkat aja. Bodoamat. Tapi May langsung diri dan ke kamar, sebelumnya bilang, “Iya, bang Aji. May tuh lagi janjian dulu sama Wony.”
“Hehe maap dek.”
“Males banget asli kak,” kata Yumna. Terus Mika bales, “Gausa tarawih yuk.”
“aduh kok panas ya.”
“JIII YA ELAH!!” teriak Mika kesel pengen nabok tapi sindirian Aji ada benernya. Akhirnya Mika ke kamar buat pake celana panjang doang.
Yumna mau gak mau ikut. Tapi cemberut dulu ke Aji.
“Mulai deh, bang Aji kalo ramadhan doang berubah jadi pak ustadz.”
“Hehehehe.”
Setelah semua siap, mereka langsung otw menuju masjid yang letaknya deket blok C. Begitu keluar, eh ketemu keluarga Erin.
Winona langsung teriak nyapa May. Dua gadis ini jalan duluan sambil ngobrol ringan, beberapa kali sampe senggol-senggolan. Winona sih yang nyenggol, terus May jadi mental ke samping.
“May, lo masih inget adek-adean gue yang sering gue ceritain kan?”
“ji—siapa tuh? jibran”
“jidaan, beeeeb.”
“Oh, iya, iya.” May ngangguk aja, gak penting juga sih ngapalin nama orang yang gak dia kenal. “Kenapa dia?”
“Orangtuanya baru aja cerai, padahal besok hari pertama puasa kan.”
“Serius?” tanya May kaget, Winona ngangguk sedih. Dua gadis ini jelas sedih, mereka tau gimana rasanya nyaksiin orangtuanya pisah diumur udah gede gini.
“Terus Jidan ikut papa atau mamanya?”
“Papa kayaknya,” ujar Winona sedikit ragu. “Yang sering dia ceritain cuma papanya.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Mama Muda | gf
ChickLitAda geng mama muda di sebuah perumahan. published : mei 2020 versi revisi : november 2021