Setelah sebelumnya membahas mengenai bahasa bunga atau floriografi, kali aku akan mencoba mengulas tentang sebuah kegiatan yang berhubungan dengan bunga, yaitu ...
*drumrolls*
SENI MERANGKAI BUNGA
.
Penggunaan rangkaian bunga sebagai penghias rumah dan dekorasi ruangan memiliki sejarah yang sangat panjang. Bukti tertua proses merangkai bunga di dalam vas berasal dari zaman Mesir kuno, sekitar 2500 tahun sebelum masehi. Dalam beberapa kebudayaan, praktik kuno dalam merangkai bunga masih terus dipertahankan sampai sekarang, contohnya adalah ikebana, seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang. Salah satu makna dan filosofi dari kegiatan ini adalah tentang bagaimana caranya menghadirkan keagungan alam di dalam sebuah ruangan.
Ikebana yang terlihat simpel,
tapi tetap memberikan kesan yang
cantik dan eleganIkebana banyak dipengaruhi oleh budaya Cina kuno. Cina-lah yang pertama kalinya menggunakan kombinasi bunga dan wadah berisi air untuk menghasilkan sebuah karya yang bernilai seni. Bunga dianggap sebagai bagian dari ritual tradisional Budha dan prosedur merangkainya dilakukan dengan hati-hati berdasarkan prinsip bahwa setiap kehidupan-termasuk tumbuhan-adalah sesuatu yang suci. Diketahui bahwa buku tertua yang membahas tentang Ikebana Jepang berasal dari tahun 1445. Kesederhanaan dan bentuk linear merupakan ciri khas dari Ikebana, dan hal inilah yang memberikan pengaruh besar pada rangkaian bunga ala negara barat pada akhir abad ke-19. Di Eropa, Belanda adalah negara pertama yang menekuni praktik merangkai bunga ini.
Meningkatkan kecantikan bunga dengan menggunakan pengaturan yang artistik merupakan intisari dari seni merangkai bunga. Rangkaian bunga ini tidak hanya digunakan dalam berbagai acara penting, seperti: pesta pernikahan, acara ulang tahun, dan upacara pemakaman; tapi bisa juga digunakan untuk mempercantik rumah dan bangunan demi membuat suasananya menjadi lebih hidup. Rangkaian bunga bisa tersusun dari bunga segar, bunga kering, maupun bunga artifisial.
Pemilihan bunga-bunga yang digunakan akan disesuaikan dengan acara dan juga pesan yang ingin disampaikan si pengirim (ini merujuk pada topik sebelumnya mengenai bahasa bunga, yaa). Mawar adalah jenis bunga yang paling sering digunakan dalam rangkaian. Diikuti oleh anyelir, gerbera daisy dan krisan.
.
Secara umum, terdapat tiga style dalam seni merangkai bunga:
1. Oriental flower arrangements yang menekankan pada kesederhanaan garis dan bentuk dari rangkaian
KAMU SEDANG MEMBACA
[End] Road to "New World"
Não Ficção[Kumpulan Riset] Selamat datang! Jadilah bagian dari perjalanan dan silakan tebak ke mana semua ini akan membawamu. ================================== Karya ini diikutsertakan dalam "Authorship Program" yang diselenggarakan oleh RAWS Community (Batc...