🦂 Kisah Orion sang pemburu

76 12 2
                                    

Hola~

Apa kabar semuanyaa?

/... baru topik kedelapan dan aku udah bingung mesti bikin kalimat pembukan yang bagaimana T.T/

Berhubung sebentar lagi bulan Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Mohon maaf lahir dan bathin 🙏 Semoga ibadah kita senantiasa dilancarkan.

Dan semoga si Covid-19 cepat-cepat diangkat dari muka bumi.

.

Di bagian ini, aku ingin bercerita mengenai salah satu mitologi Yunani yang terkenal.

Mitologi ini mengisahkan tentang seorang raksasa, yang setelah kematiannya, dia ditempatkan di langit dan menjadi sebuah rasi bintang.

Mitologi ini mengisahkan tentang seorang raksasa, yang setelah kematiannya, dia ditempatkan di langit dan menjadi sebuah rasi bintang

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

ORION

Menurut sumber kuno, ada banyak versi yang berbeda terkait kisah Orion ini. Secara umum ada dua cerita mengenai kelahirannya dan beberapa versi cerita tentang kematiannya, serta bagaimana hingga pada akhirnya dia dijadikan salah satu rasi bintang di langit.

.

Homer-seorang penulis legendaris Yunani-dalam karyanya yang berjudul "Illiad" mendeskripsikan Orion sebagai sebuah konstelasi dengan bintang Sirius sebagai anjing yang setia mengikutinya (ada yang menyebutkan bahwa rasi bintang Canis Major dan Canis Minor-lah yang menjadi penjelmaan dari anjing milik Orion). Dalam karya lain miliknya-"Odyssey"ㅡOrion disebut sebagai the godfather of hunting. Dia digambarkan berburu dengan menggunakan pentungan berwarna perunggu. Dalam beberapa legenda, disebutkan bahwa Orion mampu membunuh binatang apa pun yang ada di muka bumi. Orion juga digambarkan memiliki paras yang tampan.

.

Legenda Orion pertama kali diceritakan secara utuh dalam tulisannya Hesiod yang berjudul "Astronomia". Menurutnya, Orion merupakan putra dari Poseidon dan Euryale (putri dari Minos, King of Crete). Berkat ayahnya yang adalah seorang dewa lautan, dia jadi memiliki kemampuan untuk berjalan di atas air. Versi kelahiran Orion yang kedua adalah bahwa Orion sesungguhnya anak dari Hyrieus dan lahir di suatu tempat bernama Boeotia.

Orion pernah berjalan hingga sampai ke sebuah pulau bernama Chios. Di sana dia mabuk dan menyerang (plus memperkosa) Merope, putri dari Oenopion, sang raja di pulau yang bersangkutan. Sebagai balasannya, Oenopion membutakan mata Orion dan mengusirnya. Selama perjalanan, di tengah kebutaannya Orion dituntun oleh Sirius, seekor anjingnya yang setia. Di perjalanan dia bertemu seorang peramal yang menyuruhnya pergi ke daerah timur. Helios membantu mengembalikan penglihatan Orion melalui sinar matahari terbit. Setelah bisa melihat lagi, dia kembali ke Chios dan berniat membalas dendam pada Oenopion, tetapi gagal karena raja tersebut sudah terlebih dahulu bersembunyi.

[End] Road to "New World"Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang