Kelanjutan Ch. 27
Setelah ujian selesai, Yuvin mendatangi Yunseong dan Minkyu yang lagi makan siang di kantin.
"Gue nanya karena beneran penasaran. Kalian gak pernah kepikiran buat nyontek?" tanya Yuvin setengah berbisik.
"Jangan kan kepikiran, nyontek aja gue pernah kok. Jangan anggep gue suci dari lahir lah. Gue juga baru sadar waktu awal-awal masuk SMA deh kayaknya." jawab Yunseong seraya mengingat-ingat kapan dia mulai berubah.
"Hooo gitu ya. Kalo lu gimana Kyu?" tanya Yuvin lagi dengan mata yang berbinar. Kini ia merasa semakin tertarik dengan cerita temannya.
"Gimana ya bilangnya... Jujur gue belum pernah nyontek, kepikiran pernah sih waktu itu ada 1 soal terakhir yang gak bisa gue jawab dan gue berniat nanya temen. Tapi kalo gue inget-inget lagi, temen gue mungkin gak lebih tau dari gue." Jelas Minkyu yang mencoba flashback ke masa-masa itu.
"Salah gue nanya sama lu. Orang nomer 1 di sekolah, buat apa nyontek. Yang ada pasti lu ya yang sering dimintain kunjaw? Yang sabar ya."
Yuvin menunjukan ekspresi prihatinnya dengan merubah cara memandang temannya itu, menjadi terlihat ikut bersedih. Ia menaruh salah satu tangannya dadanya dan tangan lainnya mengusap punggung Minkyu.
"Aha! gue inget sekarang." Yunseong tiba-tiba menjentikan tanggannya.
"Apa, gimana?" tanya Yuvin antusias.
"Gue waktu itu nemu quotes 'Adab sebelum ilmu, ilmu sebelum amal' karena gue gak ngerti maksudnya, gue cari-cari tuh di internet, sampe gue cari juga videonya di youtube. Trus ya gitu." Jelas Yunseong yang terdengar agak menggantung.
"Ya gitu gimana? Jangan setengah-setengah dong kalo ngomong." kesal Yuvin yang masih merasa belum terjawab.
"Gimana ya jelasin ya. Mungkin lu bisa nyari tau selebihnya nanti. Tapi yang gue pegang sampe sekarang adalah tanpa adab maka ilmu gak bakal gue dapet, tanpa ilmu maka amal pun gak akan jadi mungkin buat gue." jelas Yunseong.
"Oh gue pernah denger tuh. Fenomena ini bisa kita lihat dari para koruptor, dimana mereka orang-orang berilmu tanpa adab. Pada akhirnya mereka semua menuju titik yang sama, yaitu titik terendah. Lu gak mau kan, itu jadi masa depan lu?" ucap Minkyu seraya menunjukkan grafik penurunan dengan jarinya.
"Hooo gitu. Kalo 'Ilmu sebelum amal' gimana?" tanya Yuvin semakin antusias.
"Biar gampang gue pake permisalan ya. Kita harus tau ilmunya dulu gak sih sebelum pakai atau buat sesuatu? Salah-salah nanti malah rusak atau gak jadi. Yang lebih parah kalo kita berbuat sesuatu tanpa ada dasarnya sih, kita gak tau yang kita lakuin itu bener atau salah." Jelas Yunseong panjang lebar.
Setelah perbincangan panjang itu, Yuvin merasa seperti tercerahkan. Mulai sekarang ia memutuskan untuk sering-sering berdiskusi dengan Yunseong dan Minkyu agar hidupnya menjadi lebih tenang seperti kepribadian kedua temannya itu.
#AdabSebelumIlmu
#IlmuSebelumAmal
KAMU SEDANG MEMBACA
✔ HIDAYAH : PDX101 Edisi Insaf
RandomMember ProduceX101 tiba-tiba insaf dan menjadi religius? Cek sendiri, siapakah imam idamanmu? Berisi kumpulan cerita-cerita singkat dan random yang mengandung nilai-nilai islam. Keren kalo sanggup baca sampe abis. Jangan lupa vote n comment ya! Save...