Salam Dunia Orange "WATTPAD".
Sebelumnya mari saling bersapa dulu untuk saling mengenal.
Salam kenal untuk kamu yang baca ini.Jadi WM - wattpad mission itu apasih?
WM adalah grup kepenulisan online berbasis WhatsApp. Di sana kita bisa sharing-sharing seputar pengalaman dalam dunia literasi. Kita juga bisa sama-sama belajar mengenai PUEBI, KBBI, tata kepenulisan, dan tips-tips yang mendukung dalam menulis.Materi kepenulisan tidak selamanya diberikan oleh admin materi dari grup tersebut karena status admin maupun member bukan pembatas siapa yang menjadi guru dan siapa yang digurui. Selama member bersedia berbagi ilmu yang mereka punya, maka kami pun akan memperolehkannya karena dalam grup kita sama, sama-sama belajar, belajar, dan belajar.
Kamu juga bisa mempromosikan akun wattpad atau cerita kamu. Saling follback and feedback (pm pada hari yang telah ditentukan sesuai dengan jadwal). Minta review (masuk dalam kegiatan krisar) dan lain-lain.
Selain itu WM juga bergerak dalam sumbangan atau event yang dibuat khusus untuk menyumbang. Menjadikan karyamu sesuatu yang menyenangkan diri sendiri, orang lain, dan dapat bermanfaat untuk sesama. Meski tidak dalam jumlah besar, but this can be an exercise to share and care with someone else.
Seperti (nubar) nulis bareng sebuah antologi yang kemudian diterbitkan. Kemudian fee/royalty dari hasil penjualan atau buku akan disumbangkan. Jadi, fee tidak disimpan untuk WM ataupun dibagikan pada kontributor buku tersebut.
Dalam komunitas menulis ini, WM juga punya visi dan misi, yaitu:
_____
Visi / tujuan:
- Menjadikan sebuah karya yang terarah pada aturan kepenulisan dengan disertai menulis dari hati untuk diri sendiri, orang lain, dan dapat bermanfaat. Serta mampu menghargai komunitas.Misi :
- We Learn together to advance (sharing materi kepenulisan untuk sesama, saling mengingatkan, saling membantu, dan mengutamakan sopan santun)._____
Apalagi nih soal WM?
Yap, ini dia yang wajib kamu tahu dari WM ... jeng jeng jeng!Member WM tidak diperkenankan menggunakan panggilan (gue-lu). Kita semua wajib memakai (aku-kamu) atau panggilan dalam bahasa daerah seperti (mas-mba/abang-teteh) dan bahasa daerah lainnya asalkan sopan.
Member WM dalam obrolannya di grup chat dilarang keras membahas sesuatu yang berbau sara atau dewasa. Member WM juga tidak ada satupun yang berbicara kasar/memberikan kata umpatan selama chat grup. Meskipun 🐶 diplesetkan menjadi (Anj*r dan semacamnya) sekalipun. Tidak ada dan tidak boleh. Kita adalah grup tanpa toxic.
_____
Wajib bagi para member WM untuk selalu :
[ GOOD ATTITUDE ] di dalam komunitas juga mengikuti aturan yang berlaku di WM. Menjaga nama komunitas dengan baik.Wajib kenal pada kata :
- Maaf
- Terima kasih
- Izin permisi (jika mau ambil cuti)
- Tolong
- Salam, tidak ada awalan chat/salam dengan "P". Tidak sopan._____
Ada yang uwu juga dari WM, wkwk! Di sana kalian akan menjumpai "Family" maksudnya apa? Akan ada panggilan Momi, Emak, Bunda, Nenek, Mbah, Anak, Adik, Kakak, dan kelengkapan lainnya dalam keluarga. Secara tidak langsung terbentuk dengan sendirinya. Jadi, ada mini-mini family yang membentuk jadi big family WM.
Sistem baru kita ketika memasuki WM Generasi ke-4 adalah adanya kelas genre. Kelas genre maksudnya? Kita terbagi menjadi tiga kelas, yaitu: basic authorship (semua wajib masuk), fantasy class, dan teenfiction class. Tidak hanya itu, mendapatkan admin/admin yang berkualitas pada masa generasi ke-5 dan ke-6, maka kami membuka kelas baru lagi yaitu general class (member dengan predikat sesuai standarisasi kami).
Selain mendapat materi rutin dan latihan soal rutin, kita juga sangat disiplin. Insyaallah. Setiap minggu juga akan ada akumulasi, mempertahankan yang niat. Satu kali bolong latihan soal tanpa keterangan/izin, maka akan dikeluarkan. Kita juga memberikan privat pada member yang tidak lulus (KKM = 80) pada setiap materinya.
Terakhir, kira-kira begitulah kami.
Sudah ada bayangan tentang komunitas ini? Tunggu apa lagi, let's join us!Sekian perkenalannya. Sampai jumpa lagi lain waktu.
Sssttt! Kalau bisa, sampai jumpa di keluarga kita dong! :) Menjadi bagian dari WM dan pilih jurusan yang kamu inginkan:
1. Basic authorship (wajib semua)
2. General class (khusus yang predikat mencapai standarisasi kami)
3. Teenfiction class (optional)
4. Fantasy class (optional)