32. [Pahala Melangkah Ke Masjid]

8 1 0
                                    

~Semakin jauh langkah menuju masjid, semakin besar pahala yang akan diperoleh~
___________________________________

Diriwayatkan dalam salah satu sabda Nabi Muhammad ﷺ, ”Barangsiapa yang pada waktu pagi atau sore pergi ke masjid, Allah menyediakan makanan lezat di surga setiap ia pergi pada waktu pagi atau sore.”

Pada saat itu ada beberapa tempat di sekitar masjid yang masih kosong (belum ditempati), suku Bani Salamah bermaksud untuk pindah di dekat masjid. Mereka ingin pindah di dekat masjid agar dapat melakukan ibadah di sana.
Ketika berita itu sampai kepada Rasulullah ﷺ, beliau berkata kepada mereka, "Aku mendengar bahwa kalian akan pergi ke dekat masjid.”
Mereka kemudian menjawab, "Benar, ya, Nabi.”
Nabi Muhammad ﷺ kemudian bersabda, "Wahai Bani Salamah. Tetaplah di rumahmu karena bekas-bekas langkahmu itu tercatat sebagai amal kebaikan.”
Mendengar penjelasan dari Nabi ﷺ, Bani Salamah kemudian berkata, "Kalau begitu, kami tidak jadi pindah.”

Dalam sabdanya yang lain, Rasulullah ﷺ mengatakan, "Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya di dalam salat adalah orang yang paling jauh jarak perjalanannya dari tempat shalat. Dan orang yang menunggu salat untuk berjama'ah bersama imam itu lebih besar pahalanya dari orang yang shalat sendiri kemudian tidur."

MENUJU SURGATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang