___________________________________
Banyak amalan ibadah yang bisa dilaksanakan oleh setiap individu muslim yang di ajarkan oleh agama islam ini. Salah satunya dengan mengerjakan sebuah perintah dan anjuran untuk berpuasa yang bisa melatih diri dalam menemukan jati diri seorang muslim yang sesungguhnya lewat ibadah puasa tersebut. baik yang hukumnya wajib maupun yang hukumnya sunah, berpuasa merupakan cara terbaik bagi seorang muslim untuk bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta lewat sederetan pelatihan yang dilakukan selama ibadah puasa itu berlangsung.
Dari segi tata cara pelaksanaannya ibadah puasa memang sangatlah luas makna dan tujuan yang sesungguhnya, karena secara pengertian berpuasa itu adalah menahan diri dari ajakan hawa nafsu untuk berbuat yang dilarang oleh agama. Dan sebagai dasar tameng penghalang agar tidak terjerumus pada hal yang di larang oleh agama, maka salah satu cara terbaiknya adalah dengan melaksanakan ibadah puasa tersebut, ataupun menghayati dan mempelajari amalan penting lainnya dalam beragama seperti dari doa qunut misalnya dan masih banyak yang lainnya.
Kembali ke pembahasan masalah seputar puasa, bahwa perlu di garis bawahi bahwa dalam pengamalan ibadah puasa tersebut haruslah sesuai dengan sunnah Rasululullah ﷺ, agar dari awal pelaksanaan mulai dari niat puasa sampai dengan datangnya waktu berbuka puasa dan yang berkaitannya seperti waktu sahur, ibadah sholat sunnah malam selama berpuasa dan yang lainnya sesuai dengan apa yang di contohkan oleh Baginda Rasulullah ﷺ Sebagimana yang telah dijelaskan dari beberapa keterangan dalil baik yang bersumber dari Al-Qur'an, Assunah yang di perjelas dan diperinci oleh qaul para Ulama.
Apalagi saat ini bagi kaum awwam ataupun siapa saja yang mungkin belum mengerti secara jauh dan luas tentang arti kapan berpuasa itu dilakukan atau yang lebih dikenal dengan istilah puasa dzahaba kini sudah tersedia beberapa media yang menunjang semua kebutuhan berpuasa seperti gambar dari tutorial amalan berpuasa sampai dengan waktu ataupun jam pelaksanaan ibadah puasa tersebut. Sehingga dengan hadirnya media tersebut tidak hanya bisa memfasilitasi akan tetapi setidaknya bisa memberikan kemudahan bagi kaum awwam bagaimana cara melaksanakan ibadah puasa tersebut sesuai dengan sunnah rasul.
Begitu pula dengan hal yang tidak kalah penting lainnya dari pelaksanaannya seperti membaca niat dan doa puasa allahumma laka sumtu beserta arti dan tujuannya, yang biasa dilakukan sebelum waktu sahur dan sesudah waktu magrib datang. Di ketika maka wajib bagi setiap orang yang berpuasa untuk mengucapkan niatnya. Karena jika niatnya lupa maka, amalan puasa nya tidak sah, untuk itu penting sekali mengetahui hal-hal yang berkaitan langsung dengan tata cara pengamalan ibadah puasa seperti yang tergambarkan dibawah ini.
*Niat Puasa Ramadhan*
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى
Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala
Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”
*Niat Puasa Sunah Hari Senin*
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
*Niat Puasa Sunah Hari Senin*
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
KAMU SEDANG MEMBACA
MENUJU SURGA
EspiritualJadikanlah amalan-amalan ini sebagai pedoman untuk menguatkan dan menambah kualitas Ibadah kita kepada Allah SWT. Ingat dunia sementara akhirat selamanya. Semoga Allah SWT mempertemukan kita semua di surganya, surga tertinggi yaitu Surga Firdaus. Am...