Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Halo sahabat Kompeni👋
Di sini ada yang mau nulis, tapi nggak tau harus bagaimana?
Aku punya beberapa tips, semoga bermanfaat😆1. Niat
Semua yang kita lakuin harus ada niatnya dulu.
2. Ide
Yups, ide! Masak mau bikin cerita nggak punya ide? Nah, kalau belum dapet ide juga, banyak-banyak baca, habis baca pahami, terus amati, terakhir terapkan!
Apa aja sih yang bisa dibaca? Kamu bisa baca novel, komik, cerpen, cergam, cerbung, puisi, artikel, knowleg, quotes, buku pelajaran, al-quran, hadits. Apa aja dah yang bisa dibaca.3. Pelajari PUEBI & KBBI
Kenapa sih harus dipelajari? Ya biar nggak amburadullah! Bayangkan aja cerita yang kamu buat bagus tapi bikin sakit mata, apa yang baca nggak kabur? Jadi pelajarilah cara menulis yang benar! Di mana kamu bisa belajar menulis? Tenang! Banyak tuh di mbak Google. Dan juga jangan lupa instal KBBI! GRATIS!
4. Menulis dengan hati
Maksudnya? Kamu nggak perlu ikut-ikut orang lain. Kamu harus bisa membuat ceritamu sendiri sesuai hatimu.
5. Bangun mood
Ya benar! Kamu harus bangun mood, jangan nunggu mood. Kalau kamu nunggu mood, nggak bakal kelar tuh cerita. Caranya? Kamu buka PC kamu, tatap monitornya, pegang keyboardnya, terus ketik deh!
Demikian yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kata-kata menyinggung, saya mohon maaf.6. Target
Yoi, kamu harus punya target. Mau gimana cerita kamu? Alurnya gini, konfliknya gini. Harus selesai kapan? Kalau nggak punya target tuh cerita nggak akan kelar.
Nb: Jangan jadi PLAGIATOR kamu boleh terinspirasi dari Karya-karya lain, tapi jangan samalah!
HARUS BEDA!Sekian yang dapat saya sampaikan. Apabila ada salah kata, saya mohon maaf.
Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kompeni
Non-FictionBerisi tentang materi kepenulisan yang telah di bahas di grup chat Kompeni.