Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat malam🤗✨, aku selalu admin grapic ada sedikit materi nih🤭.
Ini aku berikan materi karena kebanyakan teman-teman dunia literasi ingin tahu gimana sih aku bikin itu ... itu nanti kalian tau kok🤗
PENGERTIAN VECTOR ART
Dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ada istilah Vector dan Bitmap, tetapi apakah yang dimaksud dengan gambar Vector dan gambar Bitmap tersebut?
VECTOR
🍃Vector merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Kualitas gambarnya tetap baik meskipun diperbesar, karena gambar jenis vector ini bukan terdiri dari titik. Adapun aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar jenis vector ini adalah: Corel-Draw, Freehand, dan Adobe illustrator. Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya.
🍃Vector Art adalah murni karya vector yang dibuat menggunakan aplikasi vector base atau palikasi berbasis vector seperti Adobe Illustrator dan sejenisnya. Dan hasil akhir karya juga berupa vector, (vector layer).
RANGKUMAN: Vector adalah gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva atau serangkaian intruksi matematis yang berhubungan antara satu sama lain, kualitas gambarnya pun akan tetap baik meskipun diperbesar karena gambar jenis vector ini bukan terdiri dari titik atau raster (bitmap).
Bitmap adalah gambar bertipe raster, dengan mengandalkan jumlah pixel dalam satu-satuan tertentu dan dengan semakin rapat-nya pixel maka semakin baik pula kualitas gambar tersebut. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah. Besar file yang dihasilkan cenderung besar. Contoh file bitmap diantaranya adalah: (bmp, jpg, dan gif).
Sementara itu suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik warna-warni yang membentuk suatu pola. Pada file bitmap dikenal dua istilah penting, yaitu:
Resolusi atau jumlah titik persatuan luas yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap, biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).
Intensitas atau kedalaman warna yang akan menentukan kualitas gambar secara keseluruhan, biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu grayscale), serta hitam-putih (black & white).sumber:
http://chugygogog.blogspot.co.id/2010/02/pengertian-vektor-dan-bitmap.html/RANGKUMAN: Gambar Bitmap adalah gambar yang terbentuk dari ribuan titik yang membentuk suatu pola, sehingga gambar bitmap sangat bergantung dari kerapatan pixel atau bit, gambar bitmap juga sangat rentan pecah jika diperbesar. Berbeda dengan gambar vector, yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva atau serangkain intruksi matematis yang berhubungan antara satu sama lain.
PENGERTIAN VEXEL ART
Vexel Art: Adalah perpaduan antara pixel/bitmap/raster dengan vector layer, untuk penerapannya biasanya menggunakan aplikasi semacam Adobe Photoshop. Hasil akhir meskipun terlihat mirip dengan vector art tetap saja pada akhirnya akan menjadi bitmap image. Selain itu vexel art biasanya dari sisi finishing terlihat lebih detail dan halus, bahkan nyaris sama dengan gambar foto. Jadi mau yang mana, Vector Art atau Vexel Art" tergantung kebutuhan anda.
sumber: http://www.denbagus.com/apa-perbedaan-vector-art-dan-vexel-art/
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kompeni
Non-FictionBerisi tentang materi kepenulisan yang telah di bahas di grup chat Kompeni.