Materi 12 Dialog tag

77 1 0
                                    

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera bagi kita semua

Dialog tag

Apa itu dialog tag?

Kalau kata kak Shireishou, dialog tag adalah keterangan kalimat langsung yang tidak bisa berdiri sendiri (berupa frasa) dan menjelaskan kalimat langsung di depannya.

MACAM-MACAM DIALOG TAG

Netral : ujar, ucap, kata, cetus, tutur, ungkap, tanya, sapa, panggil, ajak, dan pinta.

Netral sebagai respons : sahut, jawab, balas, terang, jelas, sela, tukas, dan potong.

Emosi : sindir, ejek, hina, cela, teriak, jerit, raung, seru, sergah, murka, dan lirih.

Contoh:

Aku berkata, "Aku akan datang." _BENAR_

Aku berkata , "Aku akan datang." _SALAH_

Aku berkata. "Aku akan datang." _SALAH_

Aku berkata, "Aku akan datang". _SALAH_

_Lalu, bagaimana cara menggunakan dialog tag yang benar?_

1. Dialog tag menggunakan tanda baca petik, koma, tanda seru, dan tanda tanya.

2. Dialog tag diawali dengan menggunakan huruf kecil setelah tanda kutip ditutup.

Contoh:

-) Aku berkata, "Aku akan datang.

-) "Cepatlah ke sini!" ucap Mita.

-) "Ambil saja," ucap Lulu. "Jangan lupa tutup kembali kotaknya!" lanjutnya.

"Ambil saja. Ada di dalam kotak. Tapi," teriak Lulu, "tolong jangan buka yang lain."

"Aku bingung gimana bilangnya," ucap Satifa sambil menunduk.

"Bilang aja, ceritain." Regas merangkul Satifa. "Ada apa, sih?" lanjut Regas bertanya.

"Itu ... Aku-" ucap Satifa terhenti, ia bingung harus menjelaskan bagaimana.

"Apa sih?" tanya Regas.

Satifa menunduk lagi. "Aku mau pindah sekolah," ujar Satifa. "Kak Regas ga apa-apa, kan?" tanya Satifa sambil mendongakkan kepalanya.

Regas berhenti berjalan. "Gua ga apa-apa, kok," jawab Regas dengan tersenyum paksa.

Satifa diam, ia tahu bahwa Regas tidak baik-baik saja. Kemudian, ia berucap, "Maaf udah ngecewain." Satifa menundukkan kepala lagi.

"Ga apa-apa," timpal Regas sambil memeluk Satifa.

(Dari cerita Regas dan Satifa)

Note :
Intinya apapun dialog yang mencakup dialog tag di setelah/sebelum dialog, dia pake tanda (,).

Tapi, kalau apapun dialog setelah atau sebelumnya ada narasi yang menunjukkan karakter melakukan suatu kegiatan, dia pake (.).

Materi Kompeni Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang