Harniati kahar, 21 April 2020
Perempuan Cantik...perempuan itu cantik
Kita tak pernah bisa memilih untuk dilahirkan seperti apa,
kita tak bisa memutuskan untuk memiliki rupa yg seperti apa
Namu kita punya pilihan untuk menjadi perempuan yg kuat,
semua perempuan cantik,semua perempuan memiliki kelebihan yg luar biasa hanya saja tak banyak dari perempuan yg tak menyadari dengan apa yg telah di milikinya.
Tentang sebuah kata "CANTIK"
saya rasa sebagian besar perempuan di indonesia telah terperangkap dalam stigma tentang standar kecantikan
yg menilai bahwa cantik hanya di peruntuhkan bagi seorang perempuan yg Putih,mulus,kurus,langsing dan tinggi.
padahal kita telah mengetahui bahwa indonesia adalah negara multikultural dan heterogen yang di dalamnya hidup berbagai macam suku bangsa, agama, adat istiadat, golongan, tak terkecuali etnis dan ras. Perempuan-perempuan Indonesia tidak hanya terlahir dengan kulit putih, tetapi ada juga yang terlahir dengan kulit kuning langsat, kulit hitam, kulit sawo matang, dan lain sebagainya. Tanpa dipungkiri, standar kecantikan selalu menjadi momok yang mendegradasi jati diri dan menggerus rasa percaya diri perempuan. Tidak sedikit perempuan menilai dirinya tidak cantik karena berkulit gelap atau cokelat.
tidak sedikit perempuan menilai dirinya jelek karena memiliki rambut ikal dan keriting. Tidak sedikit perempuan merendahkan diri karena memiliki tubuh yang gemuk dan tidak langsing.
jujur,saya sendiri merasa sedih karena masih banyak perempuan yang belum bisa berdamai dengan diri mereka sendiri, dan sepatutnya kita juga marah terhadap stigma-stigma menjatuhkan yang tak kunjung hilang dari kehidupan.saya adalah perempuan yg memiliki kulit kuning langsat,saya memiliki badan yg kurus,mata yg sedikit besar namun terlihat sayu dan hidung yg tdk begitu mancung,Tapi saya selalu memposisikan diri saya sebagai perempuan yg cantik.
Saya di lahirkan dari rahim seorang perempuan cantik yg di juluki nama ibu,dan ibu saya adalah perempuan cantik nomer satu di kehidupan saya.
semua perempuan itu cantik,selama kita nyaman dengan diri kita sendiri,
cobalah untuk berfikir
bahwa cantik tidak harus putih,Cantik tidak harus kurus,Cantik tidak harus langsing,Cantik tidak harus memiliki rambut lurus,Cantik tidak harus berhidung mancung.
ingatlah bahwa semua perempuan itu cantik selama mereka bisa nyaman dengan diri mereka sendiri.
kita masing masing memiliki kelebihan yg menarik dan itu adalah sala satu yg membuat kita cantik,
perempuan cerdas adalah mereka yg mampu bersyukur dengan apa yg di berikan oleh penciptanya,
perempuan cantik dan cerdas adalah mereka yg tdk mempersulit diri tentang stigma stigma standarisasi kecantikan seperti yg saya ucapkan sebelumnya.
kita adalah perempuan hebat yg akan melahirkan genarsi hebat untuk bangsa kita.
kita adalah madrasah pertama untuk anak anak kita kelak.
hiraukan suara suara yg mampu menjatuhkan harga diri seorang perempuan,
Termasuk hiraukan suara para lelaki yg terkadang selalu menghina fisik perempuan,
Mereka yg benar benar mencintai kalian akan selalu berada bersama kalian dalam keadaan apapun,
mereka yg mencitai kalian akan menrima segala kekurangan kalian,
Mereka yg mencintai kalian akan selalu mendukung kegiatan positif apapun yg kalian lakukan.
Berhentilah untuk mempersulit diri kalian atau pun menyakiti diri kalian agar terlihat menarik di depan laki laki bergayalah apa adanya bukan karna ada apanya,kamu cantik dengan kulit putihmu,
kamu juga cantik dengan kulit gelapmu,
kamu cantik dengan rambut ikalmu,
kamu cantik dengan proporsi badanmu,
kamu cantik dengan hidung mungilmu,
kamu cantik dengan segala sesuatu yang ada di tubuhmu. Jangan merendahkan dirimu sendiri dan ketahuilah, kita semua adalah perempuan hebat dan diri kita amat berharga,Sayangilah dirimu dan identitasmu sebagai perempuan dengan cara membuktikan bahwa standar kecantikan tidaklah benar.
Be positive and be your self woman ^^
saya yakin perempuan dilahirkan dengan keunikan, rasa, kepekaan dan naluri seorang Ibu maka sisi feminimnya akan selalu ada walaupun terkadang perempuan harus menjalani kehidupan keras, dunia juga terlalu keras ketika kita hanya mengandalkan kecantikan,
Perempuan hebat dan cerdas selalu tahu solusi dan cara bertahan hidup dengan kekuatan yang ia miliki,you know perubahan besar dimulai dari hal hal kecil.
Kita harus cerdas dan selektif dalam segala hal,
dan satu hal penting yg perlu kita ketahui bahwa perempuan itu luar biasa hebat,Perempuan itu bisa mendapatkan keadilan gender, Keadilan gender merupakan salah satu hak asasi kita sebagai manusia,Hak untuk hidup secara terhormat, bebas dari rasa ketakutan dan bebas menentukan pilihan hidup yg tidak hanya diperuntukan bagi para laki-laki, perempuan pun mempunyai hak atas apa yg mampu ia lakukan pada hakikatnya. Sayangnya sampai saat ini, perempuan seringkali dianggap lemah dan hanya menjadi sosok pelengkap,Terlebih lagi adanya pola berpikir bahwa peran perempuan hanya sebatas bekerja di dapur, sumur, mengurus keluarga dan anak, sehingga pada akhirnya hal di luar itu menjadi tidak penting.
Sosok perempuan yang berprestasi dan bisa menyeimbangkan antara keluarga dan karir menjadi sangat langka ditemukan,Perempuan seringkali takut untuk berkarir karena tuntutan perannya sebagai ibu rumah tangga."Do not let yourself depend on men. Stronger woman know that happiness comes from themself"
Dari seorang perempuan Cantik
untuk seluruh perempuan cantik di indonesia,mari saling berpelukan menyalurkan sinergi di tiap tiap jiwa:)tertanda; HARNIATI KAHAR.
KAMU SEDANG MEMBACA
DALAM GORESAN PENA KU
ActionDari sang penulis Amatir Bukan aku tak merindu,bukan aku yang tak kunjung peka, namun satu hal yang perlu kau ketahui bahwa sudah banyak tentangmu yang ku tulis dalam penaku,bukan aku berlatih untuk mejadi seorang yang puitis,namun ku harap esok kau...