"JAEMIIINNNNN!!!!" Bang Iqbal teriak-teriak tengah hari.
"Apa sih, Bang? Masnya lagi tidur siang." Minhee yang jawab.
"Batu banget tu Jaetot! Emosi gua!" Bang Iqbal jalan terus ke kamar Jaemin. Minhee penasaran jadinya ikutan Abang ke kamar Mas Jaemin.
"Heh!" Iqbal noel-noel Jaemin. Jaemin usek-usekan doang. Ganti posisi munggungin Abangnya. Minhee nongol doang di pintu.
"Bangun atau gue timpahin lu!?" Iqbal ancang-ancang nimpahin adeknya.
"Hiyaakkk!" Iqbal lompat. Brug! Nimpahin badan kerempeng Jaemin.
"Ahhhh!!" Jaemin ngedesah. 🌚 Nahan sakit karena abangnya berat banget. Belum lagi daya dorong disertai gaya gravitasinya, sesek kata Jaemin.
"Bangun gak?!" Iqbal nabokin pantat Jaemin.
"Iiihhhhhh!" Jaemin duduk. Rambutnya acak-acakan. Matanya masih merem. "Apaan anjir Iqbal janc...." Belum selesai ngomong, mulutnya ditapuk Iqbal.
"Ngomong apa? Hah? Gue kuncir mulut lu!" Iqbal tabok-tabok pantat Jaemin lagi.
"Sakiiiittttt!" Jaemin nendang abangnya sampe nyungsep.
"Akhh!" Bang Iqbal mengerang. Minhee bantu bangunin Abangnya. Terus keluar lagi, ngeliatin dari balik pintu lagi.
"Lu gak ada ahlak ya, Jae!! Bilang apa sama Zara hah?!" Ya ampun, ternyata masalah Zara. Ini udah Minhee tebak sih kalo Jaemin pasti abis ngomong yang enggak-enggak ke Zara.
"Udah gue bilangin jangan ngada-ngada. Biar gue aja yang bilang sendiri ke dia. Nyesel gue curhat ke lu, toliippppppp!" Iqbal ngunyel-ngunyel pipi Jaemin. Jaemin masih merem aja. Ngantuk berat.
"Ya lagian lu cemen banget jadi cowok, kalo pengen putus ya putus aja. Jangan pake seribu alasan kasian ke dia. Kasian lagi kalo lu pura-pura sayang doang ke dia. Ngerti gak!? Hah?????" Jaemin gantian ngunyel-ngunyel muka Iqbal.
"Bau badak banget, anjrit!" Iqbal noyor kepala Jaemin sampe Jaemin rebahan lagi di kasurnya.
"Pergi deh! Gausah dateng lagi ke kamar gue. Kita kemusuhan!" Jaemin peluk guling. Tidur lagi. Iqbal diem, enggak ngeganggu Jaemin lagi. Ada benernya juga omongan Jaemin itu. Iqbal jadi mikir.
"Apa lu?" Iqbal nyentak Minhee sambil lewat gitu aja. Minhee cemberut.
"Eh! Minhee adeknya Abang. Hehehe." Iqbal balik lagi. Ngerangkul pundak adek bungsunya. Minhee udah curiga pasti ada maunya.
"Temenin Abang yok!" Nah kan bener.
"Mau kemana?"
"Ke samping doang. Ngangkat jemuran." Iqbal senyum. Minhee nurut aja, ya gimana, soalnya udah dirangkul Abang kenceng banget. Mau gak mau kan?
"Kok tumben?" Minhee heran. Ini masih siang hari. Kenapa udah pengen angkat jemuran? Biasanya juga kalo disuruh Buna olor-oloran waktu sampe mataharinya pulang ke pangkuan langit.
Perasaan Minhee gak enak banget ini, Gusti!
"Nah, sekarang liatin nih ya. Gue mau ngasih pelajaran nih ke Jaetot!" Iqbal ngeluarin sosis yang barusan dia ambil dari dapur.
"Jam segini biasanya si Dogder lewat nih," kata Iqbal. Dogder itu anjing komplek. Gak ada yang punya, semacem anjing liar gitu, tapi sering dikasih makan sama warga Jayahalu. Dia jadi nurut kalo sama warga komplek Jayahalu. Jangan coba-coba deh kalo kalian orang baru, bisa dijegongin.
Nama Dogder juga dikasih sama Jaemin. Imut katanya. Jadilah seluruh warga Jayahalu tau. Soalnya Jaemin dulu suka koar-koar kalo ada Dogder lewat, ditambah seksi humas bagian jejeritan, alias Haechan sama Jeno. Cukup dengan tiga mulut, kedengeran sampe ujung komplek sekalipun.
"Nah itu dia!" Iqbal berseru gembira. "Heh!! Der! Sini gue kasih sosis!" Dogder mendatangi Iqbal.
"Makan yang banyak ya, Dogder!" Iqbal senyum-senyum. Minhee nongkrong aja sambil keheranan.
"Nah, sekarang sosis lu gue bungkus ya. Diem lu!" ucap Iqbal. Minhee tercengang! Soalnya si Dogder dikasih sempak sama Abang, warnanya ijo lagi tuh. Minhee cekikikan.
Agak molor sih, jadi di iket karet gelang sama Iqbal. Udah bolong gitu di bagian pantatnya, jadi Minhee gak mempermasalahkan itu. Mungkin maksudnya bang Iqbal biar Dogder keliatan sopan.
"Dah. Sekarang pergi deh lu. Kita kemusuhan." Iqbal niruin gaya omongan Jaemin.
"Loh katanya mau ngangkat jemuran?" Minhee protes, soalnya abangnya langsung masuk gitu aja tanpa ngangkat jemuran.
"Udah. 1 doang. Udah kelar!" Iqbal ngeloyor.
Dogder:
"Hee!?" Panggil Jaemin. Minhee lagi tidur di sofa depan TV. TVnya masih nyala. Pastinya Minhee ketiduran pas nonton TV."Abang mana?" Jaemin ngomong lagi. Jelas-jelas adeknya masih merem. Akhirnya Jaemin yang baru cuci muka datengin Buna yang lagi masak di dapur.
"Abang mana, Bun?" tanya Jaemin.
"Bilangnya mau ngumpul sama temen-temennya. Tumben nyariin abang?"
"Soalnya dia tadi marah-marah ke Jaemin. Tapi Jaemin cuekin. Biasanya kalo habis gitu suka bales dendam. Kok ini enggak?" Jaemin aneh sendiri. Belum tau aja dia, sempak ijo kesayangannya udah dipakein ke si Dogder. Udah keliling seluruh komplek sih kayaknya itu si Dogder. Bayangin dulu aja gimana nanti Jaemin pas sadar kalo sempak kesayangannya dikasiin ke Dogder. Bayangin aja dulu!
Jaemin ngajakin Minhee lari sore setelah Minhee bangun. Akur dah tu anak Subetot dua biji lari-larian. Sampe didepan rumah Dodo, Jaemin si julid ngajakin Minhee berenti, soalnya Umi lagi marah-marah. Mana tau Umi marahin Mas Wonpil gitu, kan lumayan Jaemin punya satu alat buat menyerang akun Wonpil di pesbuk.
Tapi burem banget gak jelas. Kuping Jaemin udah ditajem-tajemin tetep aja gak denger jelas. Akhirnya Jaemin lanjut lagi lari sambil geret-geret Minhee.
"Waelahhh!! Si Dogder pake sempak uy sekarang. Mana mirip punya gue tuh ijo. Alah siah dude! Mantap Der! Mecing kita." Jaemin keprok-keprok pas liat Dogder yang lagi ngais-ngais sampah. Jaemin ngedeketin Dogder.
"Mas?" panggil Minhee.
"Ape??" Jaemin senyum-senyum liat Dogder.
"Tunggu, sempak lu mirip banget sama punya gue. Siapa nih orang baik yang ngasih lu sempak? Mulia banget, semoga kelak di akhirat dia masuk surga yaa, Dog? Ammiinnn." Doa sendiri, Amiin sendiri. Minhee sebetulnya tegang banget udahan.
"Heh!! Kok lu diem aja?" Jaemin nyenggol bahu adeknya.
"Itu sempak Dogder,..." Minhee ragu.
"Cakep ya kek punya gua?" Jaemin nyengir terus, bahagia banget dia. Bangga!
"Mas! Itu Abang Iqbal yang makein sempak ke Dogder!" Minhee nekat ngomong.
"Oh Abang, ya bagus. Masuk syurga dia nanti." Jaemin masih senyum.
"HAH??? APA??? COBA NGOMONG SEKALI LAGI?!!!! SIAPA????" Jaemin menyadari sesuatu.
"JADI ITU SEMPAK GUE???!!!!" Jaemin gak bisa ngomong lagi. Rasanya sangat pedih. Sempak kesayangan Jaemin. Kenapa tragis nasibnya? Jaemin nangis meraung-raung. Mengutuk Iqbal sepanjang jalan pulang. Gak peduli apa-apa. Minhee sampe malu banget.
"BIADAB BANGET ABANG GUE! IQBAL GONDES, IQBAL PLEBOY! IQBAL BAU NAGA. GUE PENCET GINJAL LU! GUE EMOSI! GUE GAK TERIMA SEMPAK GUE DI KASIH KE DOGDER!!! IQBAAAALLLL!! GUE JODOHIN LU SAMA NURANI!!!!" Jaemin kesurupan nih kayaknya. Minhee tutup telinga, tutup mata, tutup harga diri.
KAMU SEDANG MEMBACA
KELUARGA SUBETOT(TAMAT)
FanfictionKeluarga bahagia dari Papa Brian Subetot dan Buna Mansha Subetot. Dengan segala anugerah terindah dari tiga anak laki-laki nya: Iqbal Subetot, Jaemin Subetot dan si bungsu, Minhee Subetot.