"Ke kantin gak?" tanya Minhee pada Dodo. Hari itu hari pertama Minhee sekolah setelah selesai masa pemulihan.
"Enggak, aku dibawain bekel sama Umi. Makan bareng aja yuk?" tawar Dodo.
"Enggak ah. Kangen seblak kantin." Seblak terus ni Subetot cabang ketiga. Baru juga sehat. Kalo Pak Bri tau ini bisa dibetot dia.
"Yaudah buruan, nanti keburu keabisan."
"Yakin? Yah. Padahal mau ku beliin loh." Minhee kecewa.
"Maaf ya, Hee. Gak enak sama Umi kalo bekelnya gak dimakan. Atau mau aku temenin aja?" Dodo tidak enak.
"Eh udahlah gapapa. Makan aja. Aku sama Jisung aja tuh." Minhee celingukan liat Jisung yang masih keliatan jalan otw kantin.
"Maaf ya, Hee." Dodo nyengir.
"Santai, Do." Minhee ngacir.
Gak lama setelah itu Dean dateng ke kelas Minhee bawa kotak bekel, hah? Apa nih?
"Do," panggil Dean. Kebetulan cuma Dodo yang ada di kelas. Dodo sempet melongo sebentar. Terus senyum manis begitu sadar dari keterpanaannya pada sang pemikat hati. "Minhee ke mana? Bukannya udah mulai sekolah hari ini?" lanjut Dean bikin Dodo nyesek.
"Oh, anu. Dia ke kantin." Dodo kembali menunduk, mengunyah makanannya yang sekarang rasanya jadi asem-asem pait pedes ambyar.
"Yah, aku terlambat dong. Padahal udah masak buat dia." Demi gunung Galunggung, hati Dodo pengen meledak. Cemburu banget Dodo. Umikkkkk!!!!, teriak hati Dodo.
Dean duduk di bangku Minhee. Tepat di sebelah Dodo. Dia keliatan lemes banget. Aduh nular dah rasa lemesnya ke Dodo. Ngunyah udah gak beraturan rasanya. Harusnya ngunyah pake gigi, sekarang Dodo ngunyah langsung pake getaran hatinya. Dijamin lebih halus tuh nasi uduk buatan Umi.
"Kamu sendiri udah makan?" tanya Dodo.
"Ya belum sih." Dean mengetuk-ngetuk kotak bekalnya.
"Itu...." Dodo melirik kotak makan yang dibawa Dean. "Dimakan aja, ke kantin juga pasti udah abis makanannya," jelas Dodo.
"Oh iya, yaudah aku makan sama kamu aja ya, Do!" Apa?? Apa kata Dean?? MAKAN BARENG DODO?? Buset hohoho, Umi tolooonngggg!! Abaahhhh tolooonngggg!! Dodo ketar-ketir dalam jantung. Tapi berusaha tetep kalem. Ambyar inside, cool outside.
"Iya deh. Daripada mubazir." Dodo senyum sambil ngunyah makanan. Dodo harus terus ngunyah biar gak keliatan kalo mulutnya gemeteran.
"Dodo mau nyobain masakan aku gak?" APA KATA DEAN? NYOBAIN MASAKANNYA? YAALLAH ABIS BERBAKTI SAMA UMI, DODO LANGSUNG DAPET BERKAH YA ALLAH. Batin Dodo teriak lagi.
"Boleh!" Stay kalem, Do.
Dean nyendokin makanannya ke kotak bekal Dodo. Untung gak disuapin. Bisa mati muda Dodo kalo disuapin mah.
KAMU SEDANG MEMBACA
KELUARGA SUBETOT(TAMAT)
Fiksi PenggemarKeluarga bahagia dari Papa Brian Subetot dan Buna Mansha Subetot. Dengan segala anugerah terindah dari tiga anak laki-laki nya: Iqbal Subetot, Jaemin Subetot dan si bungsu, Minhee Subetot.