Wah.. sudah sejauh ini ya, baca Perias Jenazah? Udah lebih dari setengah perjalanan.
Dan, thanks buat siapapun yang sudah membaca dan terus mengikuti cerita ini. Secara online maupun offline.
Tentu aja Author mengharapkan komentar, kritik, saran, juga vote. Agar PERIAS JENAZAH bisa jadi trending.. Aamiin..Mau cerita dikit, ah..
INSPIRASI
Dari mimpi..
Kurang lebih miriplah, sama di cerita. Di inti ceritanya. Sayangnya, Author udah gak ingat lagi dengan detail mimpinya. Hehe..
Karena Author rasa, ini seru. Langsung, deh.. mulai mengumpulkan ide-ide.PENCARIAN NAMA & LOKASI
Dalam menulis sebuah cerita.. Nama dan Lokasi adalah salah dua komponen penting yang menjadi fondasinya.
- Jeremy
Pernah nonton salah satu drakor yang diperanin Lee Min Ho? Yap. Dapet dari situ.
- Charlene
Author pikir, nama harus beda, unik, dan keren, juga ca'em. Coba ulik-ulik nama-nama aktris Tiongkok.. Rainy Yang, Crystal Liu, Rubby Lin, Vicki Zhao, dan.. muncullah nama Charlene Choi. Itu yang dipakai.
Sisanya.. Ngambil dari nama-nama sodara/keluarga yang Tionghoa. Juga temen-temen ortu. Nb: Author adalah orang Tionghoa :D
Lokasi, author ngambil nama beberapa tempat yang dihafal aja. Di sekitaran kota Jember.
BAHASA
Sebenernya, bahasa orang Tionghoa di Jember, atau mungkin di Surabaya juga, itu.. KHAS. Beda banget sama orang Jawa asli. Pake lu-gua dan sedikit cadel.
Contoh (ngambil dari cerita):
"Huh.. Cek ramene ndek sana.. Sek dorong dikobor.. mosok keluarga ne Suk Surya wes ngomong no warisan. Lah, selama ini kabeh ya taum.. Ko Jeremy itu seng kudu ne entok warisan kabeh harta ne Suk Surya. Tapi, begitu Ko Jimmy gak ada, dolor-dolor e podo sibuk nanyak no, ntik mau dikek no sapa dunyo ne.."
Artinya, seperti di bawah ini:
"Huh.. Ribut banget di sana.. Belum juga Ko Jeremy dimakamkan.. masa keluarganya Suk Surya heboh soal warisan. Kan selama ini kita tau.. Ko Jeremy itu pewaris tunggal seluruh kekayaan Suk Surya. Tapi.. begitu Ko Jimmy gak ada, saudara-saudara Suk Surya yang laki-laki sibuk pada nanyain.. Padahal, kan itu bukan urusan mereka. Ya, kan?" Sabrina bercerita sambil menggebu-gebu, bercampur perasaan kesal. Sekesal perasaan Surya Tan.
Beda, kaaann??
SOUNDTRACK
Setiap menulis cerita, author biasanya nyiapin soundtrack-sountrackan untuk menunjang mood saat nulis, juga bagi pembaca. Biar feelnya bangkit, gitu..
Nah, soundtrack yang author pilih untuk Perias Jenazah, antara lain:
^ Element - Maaf dari Surga
^ Kerispatih - Aku Harus Jujur
^ Baek Ji Young - Dont Forget (ost Iris)
^ D'Meises - Dengarlah Bintang Hatiku
^ Nowela - Kehabisan Kata
^ Ruby Lin ft Mike He - Butterfly Rain / Yi Die
^ Sammy Simorangkir - Sedang Apa dan Di Mana
^ Mariah Carey & Whitney Houston - When You Believe
^ Afgan ft Nagita Slavina - Yang Kutau Cinta itu IndahLAINNYA
Cerita ini pernah author muat di Facebook. Di laman fanpagenya. Bisa kalian cari PERIAS JENAZAH atau (hashtag)PeriasJenazah.
Tapi, banyak banget yang beda dg versi di wattpad ini. Cekidot sendirilah, ya..
Mana yang lebih bagus? Tentunya yang di wattpad. Karena banyak sekali yang saya rombak, demi perbaikan cerita. :DDIKIRA CERITA HOROR
Ya. Author paham. Dari judulnya, ya? Emang! Author sengaja bikin pembaca agak kecele soal ini :D
Padahal, isinya.. SAMA SEKALI GAK SEREM. Malah, seperti yang author pernah bilang.. Perias Jenazah boleh juga dibaca oleh anak-anak. Tapi dengan bimbingan orangtua. :DBegitchuu..
Ya, deh.. Lanjutin baca, ya..
Pasti pada penasaran..What happen next?
DISCLAIMER
Dari episode 16 sampai selesai, siapin tissue. Karena akan berderai air mata. Mau sedih, mau ketawa.. sama-sama keluar air matanya..
!! CAUTION !!
Hati-hati, loh.. Baper..!!
KAMU SEDANG MEMBACA
PERIAS JENAZAH | Udah Bisa PO
Mistero / ThrillerIni profesi yang tidak biasa.. Orang-orang, ogah berurusan dengan jenazah, apalagi sampai harus merias wajah jenazah. Kengerian tak pernah tampak di benak Charlene, ketika merias wajah "klien"nya..