SAAT YANG TEPAT UNTUK BERBULAN MADU

3.1K 35 0
                                    

Syekh Ibnu Yamun mengisyaratkan
hal-hal yang utama untuk berbulan madu, baik hari maupun waktunya, dalam nazham nya yang berbahar rajaz berikut ini:

"Utamakan berbulan madu pada awal bulan, semua hari diawal bulan itu utama. Katakanlah hari Ahad."

Syekh penazham menerangkan'
bahwa berbulan madu pada awal bulan lebih utama dari pada akhir bulan, karena adanya sesuatu yang diharapkan bagi kemuliaan anak yang bakal terlahir saat bertambahnya bulan. Demikian pula menanamkan tanaman sebaiknya dilakukan di awal bulan, karena tanaman itu akan bisa berbuah lebih banyak dari pada kalau ditanam pada akhir bulan. Sebagaimana yang dikatakan Imam Qazwani, bahwa berbulan madu sunah dilakukan pada bulan Syawal, karena ada hadits dari Aisyah ra. yang telah disebutkan dibagian terdahulu.

Syeh penazham juga menerangkan'
bahwa berbulan madu pada hari Ahad adalah yang paling utama dari pada hari-hari lain. Karena ada keterangan yang diriwayatkan oleh shahabat Ali bin Abi Thalib kw. bahwa
Allah Swt. memulai menciptakan langit dan bumi pada hari Ahad. Ketika ditanya tentang hari Ahad..

Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam
menjawab, bahwa hari Ahad adalah hari menanam tanaman dan meramaikan. Sebab, Allah Swt. memulai menciptakan dunia dan meramaikannya pada hari Ahad.

Akan tetapi pendapat yang lebih umum
dan shahih adalah Allah Swt memulai menciptakan alam pada hari Sabtu.

Bahkan Didalam kitab'
Ar-Raudhul Anfi Imam Suhail
dikemukakan bahwa~

Rasulullah tidak pernah mengatakan: "Sesungguhnya Allah Swt. mulai menciptakan alam pada hari Ahad", kecuali menurut imam Ibnu Jarir. Karenanya, pendapat tersebut hanya angan-angan.

Termasuk hari yang disunahkan untuk berbulan madu adalah hari Jumat.
Tentang hari Jumat telah ditanyakan kepada Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam
dan beliau menjawab :

"Hari Jumat adalah hari nikah dan melamar. Dihari Jumat Nabi Adam as. menikah dengan Siti Hawa, Nabi Yusuf as. menikah dengan Siti Zulaikha, Nabi Musa as. menikah dengan putri Nabi Syuaib as., dan Nabi Sulaiman as. menikah dengan Ratu Bilqis."

Disamping itu...
diriwayatkan secara shahih bahwa,

Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam menikah dengan Siti Khadijah R.a
dan Aisyah R.a pada hari Ahad.

Next => ❣️🌺😊

QURROTUL UYUNTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang