Title
Japanese: ヴィンランド・サガ
English: Vinland SagaGenre: Historical Fiction, Action, Adventure
Episode: 24 (Summer 2019)꧂
Anime bergenre fiksi sejarah ini memang mengambil beberapa nama tokoh di kehidupan nyata, antara lain Thors, Thorfinn, Helga, Leif, Prince Canute, dan sebagainya.
Cerita di anime ini berlatar waktu pertengahan abad, ketika perang masih sering terjadi.
Berkisah mengenai Thors yang memilih hidup damai bersama keluarganya dan berbaur dengan masyarakat Iceland di wilayah Islandia. Iceland merupakan daerah yang diselimuti salju, hawa dingin menjadi cuaca yang biasa, namun masyarakat di sana hidup harmonis tanpa tersentuh oleh perasaan sakit akan perang.
Hingga suatu hari, Thors diminta oleh seorang viking sekaligus rekannya, Floki, untuk ikut serta membantu Denmark melawan kerajaan Inggris. Hal ini mengungkapkan bahwa Thors dulunya merupakan viking, dan sebagai seorang prajurit ia harus berada di medan tempur. Meski sudah dianggap berkhianat karena memalsukan kematiannya, keberadaan Thors di medan perang akan menjadi senjata yang mematikan, mengingat kekuatan lelaki tersebut yang hampir tidak terkalahkan di setiap peperangan, sehingga ia masih diberi kesempatan.
Masyarakat Iceland menyambut antusias ajakan perang tersebut. Thors yang tahu kedahsyatan perang, rasa sakit dan tekanan batin dalam peperangan, tidak ingin masyarakat Iceland merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, ia meminta bantuan Leif untuk berpura-pura mengajak beberapa pemuda saja ke medan tempur, yang nantinya sebelum sampai di medan perang, mereka akan diberhentikan di tempat yang aman. Di sisi lain, Floki ternyata telah membayar kelompok bajak laut Askeladd untuk membunuh Thors.
Tanpa terduga, Thorfinn, anak lelaki Thors ternyata ikut menaiki kapal dengan bersembunyi dalam tong. Kelompok bajak laut Askeladd berhasil memojokkan kelompok Thors. Thors pun menantang pemimpin kelompok bajak laut berduel, dengan menjanjikan keselamatan untuk kelompok Thors. Duel sengit pun terjadi dan Thors memenangkannya.
Sayangnya, salah satu anggota kelompok bajak laut itu menjadikan Thorfinn sebagai sandera. Untuk menyelamatkan anaknya dan pemuda-pemuda yang terlibat dalam rencana ini, Thors menyerahkan nyawanya sebagai ganti. Thorfinn yang melihat ayahnya terbunuh di depan matanya, tidak dapat menahan diri. Ia dipenuhi perasaan dendam dan ambisi untuk membunuh Askeladd, pemimpin bajak laut yang sudah melanggar perjanjian tersebut.
Cerita akan berlanjut dengan Thorfinn dan ambisi balas dendamnya. Thorfinn awalnya hanya ditampilkan sebagai anak kecil yang polos, bahkan ia percaya dengan adanya daratan subur nun jauh di sebelah barat, dan terbebas dari peperangan. Daratan impian yang diberi nama Vinland. Semenjak ayahnya meninggal, Thorfinn tersesat dalam kehidupannya. Ia mengalami masa-masa sulit bahkan saat usianya masih kanak-kanak, ia dihadapkan dengan intrik-intrik peperangan dan ambisi balas dendam.
Anime Vinland Saga memang awalnya terkesan lambat, namun hal ini juga membuat pengetahuan mengenai sejarah dapat dideskripsikan dengan baik, dan pengkarakteran manusia yang hidup di masa peperangan berkembang senyata mungkin.
13 Agustus 2020
Ayana Kei꧂
KAMU SEDANG MEMBACA
Lists of Anime
Random{Rekomendasi Anime} . . Jadi kalau lagi suntuk, gak dapat ide, malas keluar rumah, dan kebanyakan beban, aku bakalan nonton anime berbagai genre. Buku ini berisi anime-anime yang pernah aku tonton (tapi gak semuanya aku tulis di sini) dan mungkin sa...