Tentang "Ulangan Matematika"

2.3K 35 9
                                    

Temen kelasku sih, panggil aku Delbong. Umur udah hampir 14 tahun. Kegiatan sehari-hariku seperti anak remaja pada umumnya. Bangun tidur, mandi, berangkat ke sekolah, belajar, belajar dan belajar. Pusing banget kalo udah denger kata “belajar”. Males banget, suwer.. Maunya tuh, enak-enakan aja. Makan, nonton TV, tidur. Gitu terus setiap hari. Tapi kan, enggak mungkin. Mau jadi apa besok besar kalo nggak belajar.

Aku punya pengalaman. Ceritanya tuh, pas hari Senin. Pelajarannya Matematika (pelajaran yang paling enggak disukai anak SD. #katanya). Dan hari itu ulangan harian bab aljabar. Aku bener-bener males belajar. Baca buku aja ogah. Dipikiranku hanya satu. “Aku harus dapet nilai bagus”. Gimana pun caranya harus dapet nilai bagus, diatas KKM. Nggak mungkin toh, langsung dapet nilai bagus tapi sama sekali nggak baca buku. Ajaib banget lah kalo bisa dapet nilai 100 tanpa belajar. Jadi aku berpikir, bagaimana caranya bisa dapet nilai 100 tanpa baca buku. Dan hasil yang kudapet adalah :

1.       Tulis semua materi ulangan di kertas. Setelah semuanya ditulis, kertasnya di campur dengan air dan di minum. Katanya sih, bisa bikin pinter mendadak.

 Dan jika dipikir pakek logika, nggak mungkin aku minum ramuan kertas itu. Bisa-bisa aku mati di tempat.

2.       Buat contekan di kertas dan di sembunyiin di tempat yang menurut kita aman. Contohnya, di tepak pensil.

Aku kayaknya nggak bisa pake cara itu, deh. Masalahnya, cara yang kedua itu kurang maksimal. Gimana kalo ketahuan guru? Aku pasti di omelin dan kertas ulangan bisa dirobek, dapet nilai jelek plus image-ku di depan temen-temen rusak parah.

3.       Taruh buku paket matematika di atas meja ulangan. Kalo ada soal yang susah, tinggal buka buku dan cari rumus atau jawabannya. Gampang, kan?

Lagi-lagi aku nggak bisa pake cara itu karena terlalu blak-blakan. Harga diriku bisa melayang dan bisa-bisa guru matematikaku ngira aku gila. Bayangin coba, buka buku paket disaat ulangan matematika? Oh my god.. Gimana kalo cara yang satu ini?!

4.       Nyontek temen yang pinter matematika. Kalok bisa yang pake kacamata (biasanya orang yang pake kacamata itu pinter matematika).

Well to the well, well well. Cara ini cukup mudah dan sepertinya aku bisa melakukannya. Tinggal

cari anak yang pinter matematika di kelasku, selesai deh. Tapi, kalo dia nggak mau nyontekin gimana? (tampar aja..). Terpaksa pakek cara ke-5, cara terakhir.

5.       Pasrah. Kerjakan sesuai kemampuan diri sendiri tanpa nyontek kanan-kiri. Kalau nggak mau, terpaksa harus belajar

Bro, yang jadi nilaiku tambah jelek. Malu sama temen-temen yang nilainya lebih bagus dari aku. Kayaknya aku bener-bener harus pasrah kali, ya? Mana waktu udah mepet untuk belajar. Ya udah, gapapa deh, yang penting happy.

                Pas hari H-nya, aku TERPAKSA ngikutin cara yang ke-5. Seperti yang kalian tahu, aku juga punya harga diri. Jadi, tadi pagi sebelum berangkat sekolah aku sudah buka buku. Pelajarin materi yang akan keluar pas ulangan harian. Alhasil, aku tambah pede dan bersemangat untuk mengikuti ulangan.

                Guru matematika, Bu Ling membagikan kertas ulangan yang berisi 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Seketika aku keringat dingin dan nggak tau harus ngapain. Semua temenku udah ngerjain soal, kecuali temenku yang dipojok kelas. Yap, namanya Sammy . Dia emang anak berkebutuhan khusus, jadi disunahkan untuk ikut ulangan.

                Beberapa menit kemudian, aku udah selesai ngerjain soal pilihan ganda. Allhamdullilah ya, sesuatu. Sekarang, tinggal ngerjain soal yang uraian aja. Waktunya kurang 45 menit dan aku enggak mungkin selesai dalam jumlah waktu yang sangat mini itu. Ya udah lah, kerjain semampunya. Coba kerjain yang gampang dulu, abis itu baru yang susah.

Singkat cerita, aku udah berhasil mengerjakan semuanya dan hanya menyisakan 3 soal yang belum terisi. Lumayan lah, kemampuanku mulai meningkat. Itu pun aku mengumpulkannya di detk-detik terakhir sebelum bel istirahat bunyi.

***

                Minggu depannya lagi, guruku membacakan hasil ulangan. Jantungku langsung berdetak super cepat. Bisa dibilang mirip gajah lari keliling lapangan dengan kecepatan maksimal. Ada sebagian anak yang biasa aja pas denger itu dan sebagiannya lagi udah kayak cacing kepanasan. Heboh sendiri.

                “Omeji, nono, yaapa nilaiku..” tanya Anggi meringis ketakutan.

                “Pasti remidi.” kata Revand pasrah.

                Aku sih, nggak kayak mereka berdua. Kalau aku, pasang muka cool. Biar dikira, aku bisa ngerjain semua soalnya. Padahal enggak bingitz. Sebentar lagi namaku dipanggil dan..

                “Della, nomer absen 24.” diam sejenak. “Pas KKM, 75.” aku langsung meloncat kegirangan karena engga remidi. Anggi yang nomer absennya sebelumku, mendapat nilai yang sama denganku. Sementara Revand, remidi dengan nilai yang benar-benar fantastis. Ya, 35. Aku sebenarnya kasian sama Revand. Sempat terpikir untuk menukar nilaiku. Tapi, aku mengurungkan niatku itu dan menertawakannya (ketawanya dalam hati, sih). Abis, Revand enggak pernah mau berusaha untuk menghilangkan sikap buruknya yang selalu menyontek saat ulangan. Dan parahnya lagi, dia menyontek orang salah. Jadi, nilainya ya segitu-gitu aja.

***

                Aku bangga banget dengan nilai yang kuperoleh hari ini. Walaupun pas-pasan, alias mentok KKM, yang penting itu hasil dari usaha sendiri. Jadi buat temen-temen yang males belajar atau pas ulangan nyontek temen mulu, mulai sekarang ilangin deh, sikapnya itu. Jujur, dulu aku males banget belajar dan suka nyontek. Tapi, coba kalian pikir. Apakah orangtua kalian suka kalau nilai ulangan yang kalian peroleh itu hasil contekan dari temen? Enggak kan. So guys, kalian harus mualai berpikir dari sekarang.

This is My LifeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang