97. Cara berbaur dengan orang baru.

4.9K 680 19
                                    


Untuk mudah berbaur dengan orang baru dibutuhkan setidaknya tiga faktor:
(1) penampilan yang sesuai pada tempatnya.
(2) teknik berbicara dan konten percakapan yang tepat.
(3) body language yang tepat.

Setelah menonton video TedxTalks 7 Ways to Make a Conversation with Anyone oleh Malavika Varadan, tips-tips inilah yang akan membuat kita akan mudah berbaur dengan baru:

Mrs_Salmon

1. Jangan ragu untuk mengeluarkan kata pertama, just say it.

Hal paling buruk yang dapat terjadi adalah lawan bicara tidak akan mau berbicara dengan kita. Well, lawan bicara pun sedang tidak berbicara dengan kita sekarang. The first word floodgates then everything just flows. Ucapkan saja: "Hey", "Hi", "Halo", dan sebagainya. Keluarkan energi positif dan berikan senyum terbaik kita.

2. Skip the small talk. 
Skip bagian basa-basi.

Ajukan pertanyaan yang lebih personal. Tanyakan saja dulu. Misalnya, tanyakan tentang asal-usul namanya, sudah berapa lama hidup di kota ini, dimana keluarganya tinggal.

3. Cari kesamaan antara lawan bicara dan kita.
Karena setelah menemukan kesamaan, kita dan lawan bicara akan berada pada sisi yang sama dalam sebuah pembicaraan. Kota favorit? Musim favorit? Tim bola favorit?

4.Puji lawan bicara secara unik dan jujur!

"People will forget what you do, will forget what you say, but will not forget how you make them feel." -Maya Angelou.

Misalnya puji tentang senyumnya, tentang penampilannya, atau sebagainya. Cari hal unik yang bisa dipuji tentang orang tersebut.

5.Tanya pendapat lawan bicara tentang suatu hal.
Semua orang punya pendapat yang mau didengar dan semua orang ingin untuk diterima. Tanyakan pendapat untuk hal-hal yang simpel. Keep it generic. Bagaimana pendapatmu tentang film X? Bagaimana rasa kopi di Y? Listen to listen.

6 Be present dan buat kontak mata.
Jangan melakukan multi tasking saat berbicara dengan orang lain, taruh HP-mu. Lihat mata lawan bicaramu.

7. Ingat hal-hal sepele tentang lawan bicaramu.
Setidaknya, ingat nama lawan bicaramu. Atau asal daerah mereka, nama peliharaan mereka, sesuatu yang detail dan mereka suka.

Untuk tambahan, saya pernah membaca dari sebuah website, bahwa topik yang dianjurkan untuk diangkat dalam pembicaraan adalah FORD: (1) family atau keluarga, (2) occupation atau pekerjaan, (3) recreation atau wisata, dan (4) dream atau mimpi.

Sama satu lagi,
Katanya orang akan lebih akrab jika melewati moment yang bersama dengan emosi yang sama.

Makanya kalo orang gibah, tuh gampang akrabnya😂 kan seru gitu, ya.
Tapi jangan dicontoh guys, itukan hal yang harus dihindari.
Karena kebanyakan orang yang suka gibah, tuh penghianat.

Sekarang mungkin dia ghibahin orang lain bareng kamu. Eh, besoknya dia ghibahin kamu sama orang lain🤪

 Eh, besoknya dia ghibahin kamu sama orang lain🤪

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Trik Psikologi Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang