114. Belajar saat tidak mood.

3.4K 420 12
                                    

Caranya masukkin yang emang penting aja ke dalam otak!

Bisa pake metode belajar 80/20

Metode belajar 80/20 ini bisa memberikan hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal, jadi menurutku ini bisa menjawab masalahmu yang lagi ga mood buat belajar.

Metode belajar 80/20 atau Pareto Technique ini dikembangkan oleh sosiolog asal Italia, Vilfredo Pareto, dan dipopulerkan oleh seorang konsultan manajemen, Joseph M. Juran. Pareto mendapatkan inspirasi konsep 80/20 ini karena melihat pola-pola di dunia yang sesuai dengan aturan 80/20. Mulai dari 80% hasil kacang kapri di ladangnya yang merupakan hasil dari 20% biji kacang polong di tamannya. Terus, 20% penduduk Italia memiliki 80% kekayaan negara.

Dari Pareto, konsep ini kemudian dipopulerkan ke dalam bidang bisnis, investasi, manajemen waktu, dan yang akan kita bahas kali ini adalah metode belajar. Jadi, sebenarnya aturan 80/20 emang bisa diterapkan ke berbagai hal aja sih. Kayak 80% baju yang kita pake sehari-hari tuh sebenarnya cuma sekitar 20% dari baju yang kita punya ga sih? Nah, inti dari konsep 80/20 adalah sebagian besar dari apa yang udah kita dapatkan tuh kebanyakan berasal dari sebagian kecil yang kita lakukan.

 Kayak 80% baju yang kita pake sehari-hari tuh sebenarnya cuma sekitar 20% dari baju yang kita punya ga sih? Nah, inti dari konsep 80/20 adalah sebagian besar dari apa yang udah kita dapatkan tuh kebanyakan berasal dari sebagian kecil yang kita la...

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Dalam konteks belajar, metode 80/20 ini diterapinnya dengan cara fokus ke materi yang emang pentingnya aja. Kalau kata motivator terkenal dari Kanada, Brian Tracy, cari tahu dulu apakah materi yang mau kita pelajarin itu termasuk ke dalam 20% teratas materi terpenting atau justru 80% materi terbawah?

Aku mau coba flashback ke materi SMA deh biar lebih kebayang.

Inget-inget deh Waktu dulu belajar kimia tentang tabel periodik? Di dalamnya ada 118 elemen kan? Apakah pas ujian, ada soal yang nyebut-nyebut Xenon, Neon, atau Radon gitu??? Paling-paling yang keluar tuh Helium, Oksigen, Hidrogen, Karbon, Natrium, gitu-gitu aja kannnn.

Nah, pertanyaannya mending kita fokus belajar yang mana? Xenon dkk atau Oksigen dkk?

Nah, daripada pelajarin 118 elemen yang belom tentu bisa beneran kita pahamin semuanya. Mending kita coba tanya-tanya Kakak kelas soal kayak gimana yang sering keluar. Cek-cek buku cetak juga, elemen mana nih yang paling sering keluar. 20% dari 118 elemen kan cuma 24 elemen ya? Nah, maksimalin di situ aja.

Jadi, walau kamu ga mood buat belajar semua materinya, kamu tetep bisa dapat hasil maksimal. Kuncinya 1 : fokus belajar ke materi yang penting. Jadi, kalau ujiannya mencakup materi buku 100 halaman, coba cari 20% halaman terpenting. Fokus aja pahamin di situ, yakin deh nilainya bakal maksimal!

Kayak kalo aku tuh, belajar yang penting-penting doang. Dan sisanya ngarang🤣

Tapi kalian gak bisa ngarang di mapel Matematika, Fisika, dkk ya🙂

Tapi kalian gak bisa ngarang di mapel Matematika, Fisika, dkk ya🙂

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Beberapa catatan untuk menerapkan konsep 80/20 dalam belajar.

Bukan Menghafal 20% dari Materi, Tapi Memahami 20% dari Materi

Hanya dengan memahami baru kita bisa tahu bagian materi mana yang penting dan mana yang enggak. Jadi, sebelum mulai belajar coba cari tahu dulu logika susunan materinya. Pahamin konsep-konsep utamanya. Biar kebayang alur berpikir yang baik untuk memahami materi, termasuk paham bagian mana sih 20% yang terpenting itu gitu. Termasuklah memahami cara menggunakan aturan 80/20 ini. Pertama kali nyoba, mungkin bakal susah buat nerapinnya. Tapi, setelah berkali-kali latihan nerapinnya, percayalah hidup akan terasa lebih mudah dan indah.

Fokus 100% Ketika di Kelas!

Guru atau dosen itu waktunya terbatas banget kan ya di kelas, mereka harus muatin puluhan atau ratusan halaman ke dalam 1 atau 2 jam kelas. Makanya, biasanya mereka bakal masukkin materi yang emang penting aja. Nah! Di kelas inilah biasanya kita bisa menemukan 20% bagian terpenting dari materi. Dengerin baik-baik, perhatiin materi mana yang sering diulang-ulang, materi mana nih yang katanya penting, apalagi sampe dibilang “sering keluar di ujian”, catet!

Ketahui Kapan Harus Berusaha 100%

Konsep utama dari metode 80/20 ini sebenarnya mendapatkan 80% hasil kan ya? Nah, kadang ini udah cukup banget misal buat dapet nilai A di kuliah yang batasnya cuma 80 atau lolos UTBK itu kan ga perlu bener semuanya gitu ya. Jadi, dalam kondisi-kondisi seperti ini bisa banget metode 80/20 dipake. Tapiiii, misalnya lo perlu banget buat dapet dapet di atas 80%, 100% mungkin ya. Kayak perlu banget buat saingan lolos beasiswa gitu. Ya, mau ga mau harus keluarin usaha lebih. Atau, guru dan dosen di kelas sebenarnya ngajarin materi yang ga keluar di ujian. Ya … harus pinter nyari sendiri materi mana yang penting.

Okay, jadi itu tadi ya metode belajar 80/20, buat yang pengen tahu lebih lengkap tentang berbagai macam metode belajar lainnya, bisa cek video di mulmed!

17 Desember 2020

Trik Psikologi Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang