𝟕𝐭𝐡 𝐂𝐡𝐚𝐩𝐭𝐞𝐫

866 159 4
                                    

***

“Gak mau! Jennie gak mau ikut!”

Ibu Jennie menghela nafas sambil mengepalkan tangannya, berusaha untuk menahan emosi.

“Ini Mama kamu Jen.. Ayo pulang, Mama kangen.”

Jennie menggelengkan kepalanya kuat-kuat. Ia sangat menyesal membuka pintu jika ternyata yang datang itu adalah Ibunya.

“Gak mau! Rumah Jennie disini!”

“Ini rumah orang asing, Jennie. Ayo pulang sayang, Mama kangen” Ibu Jennie kembali berujar.

“Pergi! Jennie gak mau ikut Mama!” Usir Jennie sambil berusaha menutup pintu, tapi Ibunya menahannya.

“Pulang sayang, Mama kangen” Bujuk Ibu Jennie.

“Jennie bilang gak mau! Rumah Jennie disini!”

“Kamu gak kangen sama Mama?”

“Nggak! Pergi!”

“Sayang—”

“—Ngapain Ibu disini?”

Ibu Jennie langsung balik badan, lalu mendongak menatap Rosé yang entah sejak kapan sudah berdiri tegak di belakangnya.

Rosé mengalihkan pandangannya ke arah Jennie yang sedang bersembunyi di balik pintu.

“Kak, tutup pintunya. Pergi ke kamar, terus tidur”

Jennie langsung mengangguk dan menutup pintu dengan cukup kasar.

Blam!

Ibu Jennie kembali menghadap pintu lalu menggedornya.

Duk! Duk! Duk!

“Jennie! Sayang! Ayo pulang—”

“—Ibu mau pergi sendiri atau saya seret?” Rosé menyela

Ibu Jennie mengepalkan tangan lalu berbalik menghadap Rosé.
“Saya kesini mau bawa anak saya pulang”

Alis Rosé terangkat sebelah.
“Anak? Setelah dua tahun lamanya Ibu baru ngakuin Kak Jennie anak Ibu?”

Ibu Jennie menggertak.
“Saya gak ada waktu buat ngoceh sama anak ingusan kayak kamu”

“Saya juga sebenernya gak punya waktu buat ngoceh sama orang gak waras kayak Ibu” Balas Rosé datar.

Ibu Jennie menatap Rosé bengis.
“Kembaliin anak saya”

Rosé menghela nafas.
“Bukannya Kak Jennie-nya juga gak mau ikut Ibu? Kenapa harus maksa?”

“Dia anak saya, saya berhak sepenuhnya atas dia”

“Saya tahu. Kak Jennie anak Ibu, tapi Kak Jennie-nya sendiri gak mau ikut kan? Kenapa harus di paksa?”

“Balikkin anak saya. Atau saya laporin kamu ke polisi—”

“—Terus Ibu mau bilang apa ke polisi? Saya bawa kabur anak Ibu? Iya. Saya ngaku, saya emang bawa kabur Kak Jennie. Setelah dua tahun Kak Jennie tinggal sama saya kenapa Ibu baru dateng sekarang? Lagipula sampe sekarang Kak Jennie juga masih sehat-sehat aja. Dia bahagia tinggal sama saya, gak sekalipun dia ngomong kalo dia pengen pulang ke Ibu” Sela Rosé

Ibu Jennie menggeram.
“Saya tau kamu udah cuci otak anak saya kan? Jennie anaknya polos, dia nurut.. Gampang buat di manfaatin sama orang kayak kamu. Sekarang kamu ngomong aja, kamu butuh uang berapa?! Bakal saya kasih,”

“Saya gak butuh uang Ibu” Ucap Rosé

Ibu Jennie mendecih pelan. Dengan kasar ia merogoh dompet yang ada di dalam tas-nya lalu melemparkan semua uang yang ada disana tepat ke wajah Rosé.

“Masih kurang? Saya bakal kasih kamu cek gede, mau berapa? Ngomong aja.”

Rosé menghembuskan nafas panjang.
“Kalo saya emang butuh uang, dari pertama kali saya bawa Kak Jennie kabur saya bakal minta ke Ibu. Tapi enggak kan? Mending Ibu pungutin semua uang Ibu, terus Ibu pergi dari sini”

“Saya kesini mau bawa anak saya. Saya gak bakalan pergi dari sini kalo Jennie gak ikut sama saya” Ibu Jennie bersikukuh.

“Ya udah terserah. Permisi Bu, saya mau masuk” Ujar Rosé

“Balikkin anak saya”

Untuk yang kesekian kalinya Rosé menghela nafas.
“Saya tahu kok, alesan Ibu mau bawa Kak Jennie itu apa”

Dahi Ibu Jennie mengerut.
“Apa maksud kamu?”

“Ibu sama suami Ibu bakal pisah, kan? Ibu gak mau hak asuh Kak Jennie jatoh ke suami Ibu, karena itu Ibu paksa Kak Jennie ikut sama Ibu” Ujar Rosé
“Tapi tenang aja Bu, suami Ibu udah nitipin Kak Jennie ke saya. Ternyata emang bener, Ibu udah gak waras. Jangankan ngurus Kak Jennie, ataupun suami Ibu. Ibu aja gak bisa ngurus Ibu sendiri”

“Jaga mulut kamu ya?!” Ibu Jennie memekik sambil menunjuk-nunjuk wajah Rosé.

“Mending Ibu pulang deh, Bu. Ibu periksa kejiwaan Ibu ke psikiater, setelah Ibu sembuh Ibu boleh bawa Kak Jennie pulang”

“Balikkin anak saya! Balikkin anak saya! Dia anak saya! Saya berhak sepenuhnya atas dia! Kamu gak bisa misahin Jennie dari Ibunya!”

“Ibu pergi aja Bu, saya masih punya sopan santun buat gak nyeret Ibu dari sini”

Ibu Jennie mendecih.
“Sopan santun kamu bilang?! Sopan santun apanya?! Bawa anak orang kabur itu emangnya sopan santun?! Anak jalanan dan gak berguna kayak kamu gak bakalan tau apa itu sopan santun! Gembel kayak kamu itu gak ada gunanya hidup! Anak kayak kamu cuma sampah masyarakat! Pantes gembel-gembel kayak kamu ini gak punya orang tua! Bisanya cuma nyusahin orang!”

Rosé terdiam. Ia menatap Ibu Jennie dengan ekspresi datar lalu mengangguk pelan.
“Iya Bu, saya tau kok. Saya emang anak yang gak guna, karena itu mungkin Ibu sama Bapak saya buang saya. Ibu sama Bapak saya tahu sejak awal kalo saya cuma sampah, karena itulah mereka bahkan gak segan-segan buang saya langsung ke tempat dimana sampah-sampah dibuang. Tapi gak papa, saya bersyukur mereka ngebuang saya. Seenggaknya saya gak pernah liat mereka terang-terangan ngucilin saya, saya berharap kalo mereka masih hidup dan punya anak selain saya, mereka bisa jaga anak mereka itu dengan baik. Saya harap mereka hidup bahagia, makasih Bu udah ngingetin saya. Makasih banyak”

Setelah mengatakan semua itu, Rosé langsung masuk, meninggalkan Ibu Jennie yang berdiri mematung diluar.


***

❝𝐃𝐞𝐬𝐩𝐚𝐢𝐫 𝐢𝐬 𝐚 𝐧𝐚𝐫𝐜𝐨𝐭𝐢𝐜. 𝐈𝐭 𝐥𝐮𝐥𝐥𝐬 𝐭𝐡𝐞 𝐦𝐢𝐧𝐝 𝐢𝐧𝐭𝐨 𝐢𝐧𝐝𝐢𝐟𝐟𝐞𝐫𝐞𝐧𝐜𝐞.❞

Rosie, Don't Leave MeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang