──────────────────────────
acara pensi lancar dari pagi, tadi juga adra nyusul sekitar habis shubuh, ayidan agak santai sekarang, karena semuanya berjalan lancar, tapi tetep siaga takut ada apa-apa, ini udah jam setengah dua siang.
padahal anggota banyak.. harusnya yang lain masih bisa ngatasin.
ayidan baru selesai shalat bareng adra sama yang lain di masjid, agak jauh dari lapangan.
"langsung balik lagi ini yo?"
"iya jep, habis ini gilang mau tampil, pada gak mau liat?" ayidan dongak natap temen-temennya, dia sendiri yang masih duduk sambil make sepatu.
"oh iya, abis ini gilang tampil.." adra natap jam tanganya, "lima belas menit lagi, pada ikut nonton?" tanya samudra ke empat orang lainnya.
"karena dapet bocoran dari gilang, gue mau liat." rafif naikin kedua alisnya, "ikut jep, ka." ajak rafif.
yang ditawarin nolak, "mau makan gue, laper, ntar ketemu lagi pas panggilan sore yaw! duluan!"
sisa bertiga, mereka langsung balik lagi ke lapangan, bentar lagi gilang tampil, agak kepo sih, soalnya gilang sampai bawa gitar sendiri..
gilang... gak ada rencana bikin penonton ambyar kan?
lapangan ramai banget, bahkan sampai keparkiran ramainya, gak nyangka ayidan bakal seramai ini, idenya diterima sama anak bem, panitia dan pengurus lain, asik banget. balik-balik ke lapangan bareng segelas minuman ditangan masing-masing, dari kejauhan bisa liat gilang di atas panggung, udah siap bareng gitar yang jarang dipake udah dipangku.
ganteng banget gilang, kayak buaya diluar sana.. hehe.
gilang pakai kemeja yang lengannya digulung lepas kancing tiga bajunya di masukin pake daleman kaus putih sama celana jeans plus sepatu kets. gak lupa kacamata gaya koleksinya di pake juga. hehe, tebar banget masnya.. saya udah ambyar..
yudhan juga nonton, bareng yang lain, ada haris, fikri juga dateng. doain haris gak ketemu masnya, rambutnya masih gondrong. adik-adiknya mas adra ini dateng, termasuk reta yang janjian sama temennya, atau riki yang memang bosen di rumah, berakhir stay bareng-bareng di satu tempat.
"Halo! gue gilang dari kampus arabraya, mau nampilin lagu yang gue tulis.. semoga pada suka" beberapa teriakan mulai keluar, gilang mulai petik gitarnya,
"senyum cerah.. milikmu, terpancar begitu pesona.. matahari sapa pagiku, bagai pelengkap pagi..—"
ayidan naikin sebelah alisnya, telinganya ngedengerin nyanyian gilang yang rasanya dia tau ini buat siapa, "gilang bocorin apa ke lu pip?"
"ha? oh, itu buat mantan.." ayidan ngangguk, pantesan.. gamon anaknya.
"—gelak~ tawa yang kulihat bagai asupan manis yang kau beri—"
yudhan perhatiin gilang, jarang banget dia denger gilang nyanyi, ah jangankan dia, yang lain hampir gak pernah denger gilang nyanyi.
"—cahaya rembulan begitu sendu, oh.. apa kau tahu, rinduku tak pernah hilang? tentangmu yang selalu kuingat— haruskah mulai dari awal?"
"ini buat mantan kak gilang ya?" riki ngucap tanpa ngalihin pandangannya, beberapa mulai nengok ke yudhan, yang ditatap yang ngindikkin bahu. gak mau tau juga, dia kan lagi usaha biar gak gagal move on.
"—benang kisah kasih manis yang kita buat, terputus oleh pahitnya alasan."
beberapa kamera, termasuk kamera kampus masih menyala, sebagian merekam, sebagian foto, termasuk yudhan pake kamera punya haris.
hala. gimana mau move on?
suara punya gilang dengan sopan kedengeran sampai luar lapangan, unggahan di sosial media mulai bertanya-tanya namun tak ada yang menjawab masih mendengarkan suara serak basah gilang.
"-ku harap langit mendengar ceritaku... let me turn back the time." gilang akhiri lagunya, senyuman ditampil, matanya mandang dari ujung ke ujung , sampai dia nemu yudhan yang lagi duduk bareng yang lain, senyum gilang makin naik.
tajem banget mata-nya kalau nyari mantan.
"lagunya gue nyanyiin—" gilang nafas sebentar, "—buat mantan terindah gue, satu-satunya mantan yang gue punya, sasing jerman, yudhan abhipraya—"
nafas yudhan berhenti, orang-orang mulai celinguk sana-sini nyari keberadaan yudhan, termasuk adra sama rafif, kemudian di tunjuk sama ayidan, ngebuat adra ngangguk.
"mAS YUDHAN BERDIRI DONGG!!!" teriak ayidan dari seberang sana, senyumnya ngembang karena bisa ngejailin adeknya itu, yudhan nutup mukanya, tapi godaan makin banyak.
"—balikan ya sama gue?" pengakuan gilang ngundang banyak teriakan, termasuk satria sama haris yang rame banget.
"BALIKAN! BALIKAN! BALIKAN!"
ayidan lari langsung dikejar sama rafif sama adra sewaktu ada yang ngasih mikrofon ke dia. pas didepan yudhan dia nyalain mikrofonnya, "gimana mas yudhan? mau balikan gak?" ayidan nyodor mikrofonnya—
-tapi ditolak sama yudhan, "apasih kak? malu gue!" keliatan dari telinganya merah banget..
gilang turun dari panggung, gitarnya disampir ke punggung, dia ngambil boneka golden retriever ikea dipinggir panggung yang udah disiapin trus jalan ke arah meja yudhan bareng yang lain.
teriakan makin menjadi, semua ini gak direncanain, ayidan sendiri gak tau kalau gilang bakal confess balik ke yudhan. gilang minjem mikrofonnya dari ayidan.
"adhan.." yudhan masih betah nutup mukanya, kamera kampus mulai ngarah ke mereka.
"ganteng.. jawab dongg." di toel rahang yudhan, akhirnya yudhan nutup mulutnya doang, "ya atau engga?" mikrofon kesodor ke arah yudhan, dan diterima, yang megang mik berdiri, mik dideketin ke bibirnya
"lo tau gak sih gue nyoba move on dari kemarin?" tanya yudhan berkacak pinggang.
"lo tau gak gue gagal move on?" gilang bilang tanpa ngambil miknya, wajah mereka deket selama sedetik. masih gak ada jawaban, teriakan 'balikan' keluar lagi, termasuk yang ngerumbunin meja itu.
"ya."
gilang ngedip, sedangkan yudhan udah nenggelemin muka. perlu beberapa waktu, sampai gilang sadar..
"gUE BALIKAN WOY!"
diakhir tawa gilang yang seneng banget sampai matanya nyipit, terus meluk yudhan yang ikutan ketawa sambil nutup mulutnya. gilang sama yudhan resmi balikan dalam waktu sekian bulan lewat seminggu.
──────────────────────────
KAMU SEDANG MEMBACA
ꜱᴇᴘᴜᴛᴀʀ ᴋɪᴛᴀ | ᴀᴛᴇᴇᴢ
Short Story➣ᴀᴛᴇᴇᴢ 𝗧𝗲𝗺𝗲𝗻𝗮𝗻, 𝗗𝗲𝗸𝗲𝘁𝗮𝗻, 𝗣𝗮𝗰𝗮𝗿𝗮𝗻, 𝗠𝗮𝗻𝘁𝗮𝗻𝗮𝗻, 𝗧𝘂𝗻𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻, 𝘀𝗮𝘁𝘂 𝗽𝗮𝗸𝗲𝘁 𝗹𝗲𝗻𝗴𝗸𝗮𝗽 𝗯𝘂𝗮𝘁 𝗺𝗲𝗿𝗲𝗸𝗮. 𝙥𝙨𝙝,𝙨𝙢𝙜,𝙘𝙨,𝙘𝙟𝙝!𝙩𝙤𝙥 𝙠𝙝𝙟,𝙟𝙮𝙝,𝙟𝙬𝙮,𝙠𝙮𝙨!𝙗𝙤𝙩 start: 24 | 01 | 2021 end : 00...