──────────────────────────
semenjak kejadian beberapa minggu yang lalu, fikri udah baikkan, kayak biasanya, kalo gak bareng haris ya ditarik vio buat main bareng atau gak jalan bareng sama lio.
dua hari lalu adra ngajak ayidan ke jogja, engga berdua, tapi ada haris sama riki, reta gak ikut karena jagain mama adra yang lagi— ekhem hamil.
setelah sekian lama juga, adra sama ayi jalan, bilangnya apa ya? kencan? kencan tapi gak kayak kencan? ya intinya mereka misah sama haris sama riki, janjinya nanti ketemuan di kafe gitu.
sekarang mereka lagi di toko bunga, ayidan tertarik banget waktu masuk, tokonya bersih gitu, gak kotor becek. ya gitu, bersih.
waktu masuk, adra langsung ke kasir, ayidan gak tau adra mesen apa yang ayidan tau itu bunga bukan buat dia. maksudnya kalau buat dia juga seharusnya mereka ketemuan aja kan? ngapain jalan bareng?
adra nyamperin ayidan yang sibuk bacain nama dan fakta bunga yang ditaruh, dengan sebuket bunga gypshopila baby breath dibalut kertas bouket warna cokelat muda dan putih, adra ulurin tangannya buat gandeng tangan ayidan, "ayo."
perlu waktu sekitar lima belas menit pakai mobil yang adra sewa buat sampai ke tempat yang dituju, terik matahari masih nemani mereka, ayidan nyipitin matanya seturun dari mobil, mereka lagi di parkiran gitu, tapi beberapa kios ngasih clue ke ayidan.
jelas bandewget pasti mereka di pemakaman, rasanya baru kemarin fikri cerita dia ke makam bunda-nya, sekarang ayi sama adra mau ke mana?
adra balik ngegandeng tangan ayi, erat banget, kayak takut ayi ilang, padahal ayidan juga mau ngilang kemana dia gak hafal jalan di jogja..
ya namanya juga hilang, duh.
mereka berdua jalan, agak jauh dari parkiran mobil, sampai berhenti di satu kuburan, ayidan gak terlalu tau itu siapa,
'Shahira Athala Vanessa'
asing banget, ayi cuma bisa nyelipin antar jarinya, adra mulai nurunin tubuh dia, naruh buket bunga itu di tengah-tengah, trus adra mulai doa, disitu ayi ikutan doa sebisa dia setelah baca nama yang tertera di batu nisan.
"aamiin."
ayidan selesai duluan disusul adra, adra natap ayidan, terus dia senyum dan lihat batu nisan didepannya, "Mah.."
deg
"maaf baru bisa kesini lagi sekarang.. skripsi adra masih belum diterima sama dosen.."
ayidan ngelipet bibirnya, masih agak bingung, "mamah gimana di sana? baik?"
hening selama beberapa menit, adra malingin muka, ga kuat. dia balik lagi, tangannya ke ulur ngajak ayidan buat ikut jongkok di sebelahnya. dengan tangan yang masih genggam satu sama lain, adra mulai buka suara dengan parau..
"ini ayidan, yang sempet adra ceritain sembilan tahun lalu sebelum adra sama keluarga pindah ke jakarta.."
"adra gak tau mamah dulu kayak gimana.. tapi kata papa, sifat ayidan dulu mirip sama mamah? makanya adra nyaman sama ayidan.." kalau gak inget situasi, mungkin adra udah jatuh ke tanah karena di dorong sama ayi.
".. riki udah mau masuk sma dua tahun depan, reta sama haris yang berantem terus, mama juga lagi hamil adek, papa baik, kerjaannya masih sama kayak dulu, adra udah mau lulus...
.. mamah inget gak duli adra pernah ngebual omongan adra, sekarang adra pengen apa yang adra bilang sembilan tahun lalu kejadian.. restuin adra sama idan ya?"
kaget, ayidan kaget dengernya.
"walau pisah sama ayidan bertahun-tahun pake status pacaran.."
'jangan diingetin dong! malu..'
"...sekarang adra mau serius sama ayidan..
..adra mau izin bawa ayidan ke keluarga mamah boleh?
..adra pulang dulu ya? biar gak kemaleman ke rumah oma, assalamualaikum.."
'assalamualaikum mamah adra, ini ayi.. walau masih clueless sama latar adra sekarang, ayidan cuma mau bilang, adra baik banget, kadang sampai kelewatan..ayidan juga pulang dulu.. wassalamualaikum..'
ayidan buka matanya, ngerjap beberapa kali, tatapan mereka ketemu, "udah? mau berangkat sekarang? haris sama riki katanya mau nyusul ke rumah oma."
yang ditanya ngangguk, mereka balik lagi ke parkiran, dua-duanya masuk ke dalam mobil, adra hela nafas, disenderin kepalanya, dia nengok ke arah pacarnya, tangannya narik tangan ayidan buat di genggam,
"tadi itu mamah, mamah kandung adra, mama adra yang sekarang itu sahabat mamah.."
"ha?" ayidan cengo, gak ngerti, ngerasa bego.
"bingung ya?" samudra ketawa, "lucu banget sih, mama fania itu sahabat mamah ira, nikah beberapa bulan sehabis samudra yang namanya panjang banget ini lahir atas permintaan mamah ira....
—ngerti gak?" ayidan ngangguk pelan, padahal nggak ngerti dia tuh!,
"trus?"
"ya gitu, papa gak selingkuh kok."
"aku gak bilang papamu selingkuh loh?"
"siapa tau berpikir kayak gitu, mau diceritain?"
ayidan ngangguk, adra mulai megang setir, sambil cerita sambil nyetir, fokusnya kebagi tapi masih bisa ditanganin.
"jadi dulu mamah tuh punya permintaan ke mama fania buat jaga aku, mamah dulu ada penyakit kanker, dan gak ada yang tau, gak ngerti juga gimana kejadian samudra pranaja athalla putra arwada ini bisa lahir dengan sehat wal'afiat aman sentosa, tapi mamah shahira meninggal dua hari sehabis aku lahir."
ayidan ngangguk dengan mulut kebuka, "keluarga mamah shahira deket banget sama mama fania, sama keluarganya juga, waktu itu fania ngasih surat yang belum dibaca sama sekali, katanya sih bikin kaget, soalnya tentang mamah yang minta mama fania buat nikah sama papa."
"eh? kok gitu?"
adra ngindikin bahunya, tangannya nyetir mobil dengan santai, mereka mulai puter balik,
"papa sempet nolak dan milih buat besarin aku sendirian, being single parent, tapi dua pihak keluarga apalagi oma, bilang kalau papa gak akan sanggup, akhirnya seminggu itu, samudra tinggal bareng mama fania yang disuruh serumah sama papa."
"papa butuh waktu supaya bisa lepasin mamah, dan perlahan larut deh ke mama fania, diumur adra mau dua tahun mereka nikah, gak lama haris sama reta lahir."
"wah.. kek sinetron indosiar.."
"ada-ada aja.. bentar aku parkir dulu.." saking asiknya cerita, sampai gak sadar kalau udah di rumah oma..
──────────────────────────
panjang banget....
KAMU SEDANG MEMBACA
ꜱᴇᴘᴜᴛᴀʀ ᴋɪᴛᴀ | ᴀᴛᴇᴇᴢ
القصة القصيرة➣ᴀᴛᴇᴇᴢ 𝗧𝗲𝗺𝗲𝗻𝗮𝗻, 𝗗𝗲𝗸𝗲𝘁𝗮𝗻, 𝗣𝗮𝗰𝗮𝗿𝗮𝗻, 𝗠𝗮𝗻𝘁𝗮𝗻𝗮𝗻, 𝗧𝘂𝗻𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻, 𝘀𝗮𝘁𝘂 𝗽𝗮𝗸𝗲𝘁 𝗹𝗲𝗻𝗴𝗸𝗮𝗽 𝗯𝘂𝗮𝘁 𝗺𝗲𝗿𝗲𝗸𝗮. 𝙥𝙨𝙝,𝙨𝙢𝙜,𝙘𝙨,𝙘𝙟𝙝!𝙩𝙤𝙥 𝙠𝙝𝙟,𝙟𝙮𝙝,𝙟𝙬𝙮,𝙠𝙮𝙨!𝙗𝙤𝙩 start: 24 | 01 | 2021 end : 00...