Balik ke masa-masa SD dimana Anya baru aja pindah ke rumah keluarganya di Jakarta. Jadi waktu itu, Anya masih duduk di kelas 2 SD saat kakeknya pergi untuk selama-lamanya. Jelas, Anya sedih banget sampe nggak mau masuk sekolah (kata Nenek). Keluarganya Anya ini cukup strict masalah sekolah, nggak yang parah sih cuma masa ini anak gamau masuk hampir seminggu dibiarin?!Karena itu, ayahnya Anya inisiatif buat jemput dia ke Bandung dan ngajak pindah dengan segala upaya. Mulai dari diiming-iming uang jajan yang banyak, sekolah bagus, banyak temen, dan banyak lagi. Tapi emang dasarnya Anya ini batok kelapa alias keras kepala, jadinya gamau tuh dia. Pas ayahnya udah pasrah dan masuk mobil mau pulang, tau-tau bocah ini malah nyusul sambil bawa tas sekolah warna pink gambar Tinkerbell yang digeret pake roda ituloh. Mulai hari itu, Anya kecil resmi menjadi warga Ibukota.
Kalo kalian bertanya-tanya apa nggak canggung gitu sama Andini dan Arjuna? Jawabannya, iya sih tapi 1 hari doang. Besoknya Anya sama Arjuna udah bersekongkol ngusilin Andini sampe nangis. Emang adek-adek kampret. Anya mirip banget sama ayahnya secara sifat tapi wajahnya mirip ibu. Makanya suka tengkar, katanya kalo wajahnya mirip suka nggak akur. Kalo kalian liat Anya mungkin keliatan jutek, tapi sebenernya ─menurut testimoni anak-anak komplek─ dia kocak merembet gila.
Anya udah hampir sebulan tinggal di komplek ini dan punya banyak temen seumuran. Jadi kerjaannya maiiiiiiiinnn mulu sampai kalo mau maghrib dijewer ibu, disuruh pulang. Bersama teman-teman lain tentunya. Semua kelihatan lancar dan menyenangkan waktu kita kecil. Memasuki masa pubertas, semuanya jadi berubah. Cewek-cewek mulai gamau diajak main lari-larian dan panas-panasan, mulai jarang keluar rumah, sekalinya keluar rumah Cuma buat beli mie sama kerupuk di warung. Tapi Anya nggak kayak gitu, dia tetep main sama anak-anak cowok kaya biasanya. Rupanya setelah diusut, Raisa dan Maya udah masuk ke masa-masa puber mereka. Udah mulai merasakan perubahan-perubahan di tubuh, dan mereka lebih milih untuk main pet society di rumah dibanding harus panas-panasan naik sepeda keliling kompleks bareng bolang.
🏡🎈🧩
Suatu hari di kelas 6 SD, Anya dibangunin Ibu dengan brutal soalnya udah hampir telat masuk sekolah. Bangun-bangun dengan mood super jelek dia masuk ke kamar mandi terus ngaca. Ada sebuah titik merah di pipinya, ah paling digigit nyamuk, pikirnya. Dua hari kemudian titik itu berubah jadi sesuatu yang melembung dan ada putih-putihnya. 'Bahaya nih, harus konsul ini ke Raisa' Anya langsung aja nanya ke sahabat seberang rumahnya itu. Kebetulan waktu itu ada Maya juga. Jadilah ketiga bocah ini berusaha memecahkan masalah seuprit ini.
"Kayaknya itu jerawat deh, Nya. Aku pernah dikasih tau, ada orang yang kalo mau menstruasi itu jerawatnya muncul" kata Maya, Anya ngangguk-ngangguk paham. "Nya, aku suka liat Mbak Riska kalo ada jerawat suka dipletusin," si sotoy Raisa memulai ulah sotoynya. Anya dan Maya yang waktu itu juga nggak tau banyak tentang jerawat ini, mereka percaya aja sama omongan Raisa gitu aja. Jadilah itu jerawat dipecahin dengan tangan kosong. Waktu udah kempes, Anya ngusap-ngusap mukanya "Gila, sakit Ca! ini beneran kan kalo dipecahin ilang?" tanyanya memastikan. "Iya Anya, gapercayaan banget sih!!! Udah besok ilang itu lu tinggal tidur aja biar sakitnya ilang." Raisa dan kesotoyannya berbicara.
Besoknya Anya bangun jam setengah 6 saking semangatnya mau liat kondisi mukanya. Waktu dia liat kaca, ilang sih jerawat yang kemaren itu....tapi disebelah-sebelahnya nambah lagi 3 biji. Gila panik banget si Anya. Mana Andini yang juga mau masuk kamar mandi udah koar-koar nyuruh Anya cepetan. Dengan wajah super sepet, Anya ngebuka pintu kamar mandi sambil setengah ngintip terus, "KAAAKK MUKA ANYA JERAWATANNN" Anya dan Andini panikkkk.
Setelah sempet dibego-begoin sama Andini, Anya jadi tau jerawat itu gaboleh dipencet-pencet. Ibu udah ngomel "Makanya kalo dibilangin Ibu itu didengerin, jangan apa-apa percaya temeeeen terus, Nya!" kalau Ibu udah bertitah, yaudahlah. Dengan kejadian ini dimulailah episode 1 dari Anya and Her Insecurities.
🏡🎈🧩
I stand with humanities, k-pop idols related in this story is just a faceclaim. So please, seize the situation and keep the boycott.
On behalf of our brother and sister🙏🤍
KAMU SEDANG MEMBACA
Voisinage
Teen Fictiona district, especially one forming a community within a town or city. Featuring 97 liners as main casts, and many more! ©27thbeat on Wattpad 2020