Janji Papa Yesus bagi kamu
.
.
.
Ayat bacaan : Yohanes 14:15-21,25-27
Yohanes 14:16
Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.
________________________Jason menangis keras-keras ketika orangtuanya menyerahkannya kepada Amy, pengasuh tempat penitipan anak di gereja. Ini pertama kalinya bocah dua tahun itu dititipkan ke tempat penitipan anak, sementara ayah dan ibunya menghadiri kebaktiandan ia sama sekali tidak senang. Amy meyakinkan kedua orangtuanya bahwa Jason akan baik-baik saja. Ia berusaha menenangkan Jason dengan mainan dan buku, mengayunkannya di kursi goyang, berkeliling ruangan, berdiri di satu tempat, dan berbicara tentang hal-hal menyenangkan yang bisa mereka lakukan. Namun, Jason justru menangis semakin keras. Kemudian Amy membisikkan sebaris kalimat sederhana di telinga Jason: “Aku akan selalu menemanimu.” Seketika itu juga Jason merasa tenang.
Yesus memberikan kata-kata penghiburan yang sama kepada sahabat-sahabat-Nya sebelum peristiwa penyaliban-Nya: “Bapa . . . akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran” (Yoh. 14:16-17). Setelah kebangkitan-Nya, Dia menegaskan janji itu kepada mereka: “Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat. 28:20). Tuhan Yesus lalu naik ke surga, tetapi Dia mengutus Roh-Nya untuk tinggal dan hidup dalam diri mereka yang percaya kepada-Nya.
Kita dapat mengalami damai sejahtera dan penghiburan dari Roh Kudus di saat air mata kita mengalir. Kita dituntun oleh-Nya ketika kita kehilangan akal dan tidak tahu apa yang harus dilakukan (Yoh. 14:26). Roh Kudus juga membuka mata kita untuk lebih mengenal dan memahami Allah (Ef. 1:17-20). Dia menolong kita dalam kelemahan kita dan berdoa untuk kita (Rm. 8:26-27).
Dia menemani kita sampai selama-lamanya.—Anne Cetas
WAWASAN
Yohanes 13-17 memuat apa yang umum dikenal sebagai Ceramah Ruangan Atas—karena Yesus mengucapkan perkataan-perkataan-Nya di dalam ruangan atas tempat Perjamuan Terakhir diadakan (lihat Markus 14:12-15). Dalam ceramah itu Kristus menyatakan pemikiran terakhir-Nya yang paling mendalam, persis sebelum penyaliban-Nya. Selain itu, Yohanes 14 dan 16 memuat pengajaran-Nya yang paling komprehensif tentang Roh Kudus. Yesus meyakinkan murid-murid-Nya bahwa ketika Dia kembali ke Bapa (13:3,33; 16:28), Dia tidak akan meninggalkan mereka (14:18). Dia menjanjikan damai sejahtera (14:27) dan kehadiran-Nya yang akan terus berlanjut, serta memohon kepada Bapa untuk memberikan mereka “Penolong yang lain” (parakletos dalam bahasa Yunani)—“Roh Kebenaran,” “Roh Kudus” (ay.16-17,26). Parakletos berarti “seseorang yang menolong, memampukan, atau menghibur orang lain.” Kata ini sulit untuk didefinisikan dan berbagai terjemahan menggunakan kata-kata yang berbeda: “Penolong,” “Penasihat,” “Penghibur,” “Pendamping,” dan “Sahabat.” —K.T. SimApa yang kamu butuhkan dari Roh Kudus hari ini? Bagaimana kamu tahu bahwa Dia selalu siap menolongmu?
.
.
.
Tuhan Yesus memberkati
KAMU SEDANG MEMBACA
RENUNGAN FIRMAN TUHAN [Selesai]
SpiritualSYALOM! SELAMAT SINGGAH, DILAPAK KHUSUS AYAT DAN PEMBAHASAN FIRMAN TUHAN. SEMOGA BISA MEMBERI INSPIRASI UNTUK KALIAN YA >_< God bless Us