"Mam....mam...mam..."
"Iya, Hanbyul mam ya ganteng. Enak mamnya?" tanya gue ke anak gue yang nepukin tangannya ke kursi makan bayinya.
"Si adek gak ikut puasa padahal, semangat banget ya Bun dia makannya," kata Papanya yang lagi sibuk makan.
"Iya nih Pa, kaya ngerti aja dia."
"Sini Bun, biar aku yang lanjutin nyuapin Hanbyul kamu buka dulu gih," katanya.
"Loh kamu udah? Cepet banget," kata gue.
"Udah. Tinggal minum es aja ini. Sini mangkuknya Hanbyul," katanya sambil ngambil mangkuk yang isinya bubur dari gue.
Guepun tuker posisi sama Mas Hangyul. Sekarang ganti gue yang makan sementara dia nyuapin Hanbyul. Ini ramadhan pertama kita sama Hanbyul kalo kemarin cuma berdua tahun ini jadi lebih rame karena ada Hanbyul.
Mas Hangyul telaten banget nyuapin Hanbyul sambil diajakin ngobrol gitu anaknya.
"mam....mam....uhuk!"
"Aduh pelan adek makannya, jangan ngomong terus. Kesedak kan jadinya," kata Mas Hangyul sambil ngusap punggung Hanbyul.
"Kasih minum dulu itu Pa anaknya," kata gue.
"Iya Bun."
Hanbyul langsung diminumin air sama Papanya waktu udah agak tenang abis kesedak tadi. Terus dia lanjut disuapin lagi tapi udah disembur-sembur gitu.
"Adek, gak boleh nakal. Kok disembur gini makannya? Adek udah kenyang?" tanya Papanya.
"Kenyang itu Pa dia. Gausah dipaksain nanti gumoh kalo kekenyangan," kata gue.
"Yaudah deh kalo gitu, kamu lanjutin makannya. Aku mau bersihin celemongannya Hanbyul dulu," kata Mas Hangyul sambil ngangkat Hanbyul dari kursi makan bayinya.
"Bajunya gantiin aja Pa basah itu kayanya, kalo udah tunggu diruang keluarga aja. Aku mau beresin ini bentar,"
"Oke Bunda," kata Mas Hangyul sama suaranya yang dibuat-buat kaya anak kecil.
Gue cuma bisa ketawa aja dengernya. Gak lama gue udah selesai makan. Gue langsung beresin meja makan sama cuci piring bekas buka tadi. Gue bisa denger Mas Hangyul lagi bercanda sama Hanbyul dari sini. Kelar beresin dapur gue langsung jalan nyusulin mereka.
"Aduh seru banget, pada main apasih hm?" tanya gue kemereka.
"Gak main apa-apa ya dek. Udahan ya ada Bunda," kata dia.
"Dih jahat banget."
Begitu liat gue Hanbyul langsung berontak turun dari pangkuan Papanya dia langsung ngerangkak ke gue.
"uh uh uh."
"Apa? Haus ya? Mau minum ya ganteng?" tanya gue yang cuma direspon ketawa sama Hanbyul.
Ternyata Hanbyul minta minum ke gue. Dia kayanya haus banget soalnya ini kerasa kenceng banget dia nyedotnya.
"Pelan adek, tadi gak banyak ya keluarnya pas Bunda puasa hm," kata gue sambil ngusap kepala dia pelan.
"Asi kamu tadi gak keluar pas puasa?" tanya Mas Hangyul.
"Keluar Mas, tapi gak banyak. Jadi ya mungkin Hanbyul gak lega tadi minumnya." jawab gue.
"Kamu sih udah dibilang gapapa jangan ikut puasa dulu,"
"Gapapa Pa, aku support susu botol kok si adek tadi." jawab gue.
"Mau dia gak rewel? Kamu kuat puasa sambil nyusuin?" tanyanya.
"InsyaAllah kuat. Ini gimana Pa, jadi coba ngajakin Hanbyul teraweh?" tanya gue.