Hari ini puasa pertama di bulan ramadhan. Dari jam tiga tadi gue udah ribet di dapur nyiapin makan sahur. Biasanya gak seribet ini cuma karena tahun ini ada personil baru yang mau ikutan puasa jadi gue sibuk nyiapin ini itunya.
"Bun, ini Dodo dibangunin gapapa kali ya?" tanya suami gue yang dari tadi ada di meja makan sambil ngopi.
"Iya gapapa. Ini aku juga udah selesai. Belum rewelnya juga nanti," kata gue.
"Okey. Aku bangunin dulu kalo gitu."
Setelahnya dia langsung pergi ke kamar buat bangunin Dodo. Sementara itu gue hidangin makanan di meja. Dari dapur gue sempet denger Dodo ngerengek gamau bangun. Maklum aja ini taun pertama dia ikut puasa. Jadi belom kebiasa aja disuruh bangun tengan malem gini.
Tapi gak lama gue bisa lihat Mas Youn berhasil bangunin Dodo. Eh dia masih setengah tidur sih itu masih gelendotan digendongan Papanya.
"Nih Bun jagoannya abis mewek gamau bangun,"
"Ih masa? Jagoan bunda kenapa nangis?," tanya gue sambil nyiumin pipi gembul dia.
"Dodo ngantuk Dodo mau bobo," katanya setengah kesel.
"Iya, mamam dulu ya habis itu Dodo boleh bobok lagi," kata gue.
"Dodo mau bobo nda mau makan bun," katanya lagi.
"Eh kan Dodo mau puasa kalo ga makan sahur nanti kelaperan Dodo jadi gak kuat puasanya," kata gue ngebujuk dia.
"Dodo ngantuk mau bobok Bun," katanya lagi.
"Iya nanti bobok lagi, Papa punya susu pisang nih mau gak?" tawar Papanya yang cuma dianggukin sama Dodo.
Sambil dipangku Papanya Dodo minum susu pisang kesukaannya. Lucu banget dia minum sambil masih gelendotan ke Papanya walaupun mulutnya sambil nyedot susu tapi matanya tetep aja gak ke buka.
"Dodonya siniin Pa, aku pangku dulu mau aku suapin. Kamu makan aja duluan aku makan habis nyuapin Dodo," kata gue.
"Oh gitu, yaudah nanti kalo aku selesai makan Dodonya biar sama aku lagi," katanya sambil mindahin Dodo ke gue.
Menu sahur pertama ini Dodo minta ayam goreng jadi sekarang gue lagi nyuapin dia sama ayam goreng. Tadi dia pas dipindahin ke gue tuh langsung auto meluk gue sambil merem lagi.
"Ayo buka dulu mulutnya," kata gue yang bikin Dodo buka mulutnya kecil.
"Ampun deh Do, manja banget kamu. Biasanya juga gapake disuruh udah rakus banget makannya." ledek Papanya dari sebrang meja.
"Papa belicik," kata Dodo yang kayanya sebel diledekin Papanya.
"Ya kalo berisik, buka lah itu matanya Do. Masa makan sambil merem gitu." Papanya masih aja terus ngeledek.
"Pa, udah ih. Nanti mewek ini Dodonya." potong gue.
"Iya deh udahan."
Guepun fokus nyuapin Dodo lagi. Sampe akhirnya Papanya tuh jahil nyuapin Dodo diselipin sayur sop. Wortelnya aja sih.
"Bunda kok ada sayulnya sih," kata Dodo yang auto buka matanya.
"Nah dikasih sayur gini baru deh kamu buka mata hahaha," kata Papanya ketawa puas.
"Papa tuh yang kasih. Puasa gini Dodo harus makan sayur juga sayang biar makin kuat puasanya." bujuk gue.
"Gamau. Dodo nda suka sayul Bun. Dodo udah nda mau makan lagi," katanya ngambek.
"Loh ini nasinya masih ada Do," kata gue.
"Nda mau Bunda. Dodo udah kenyang."
Dodo emang gak suka sayur banget dia nih susah banget kalo disuruh makan sayur. Udah gak kaget kalo dia ngambek gamau lanjut makan kalo kecolongan makan sayur gini.