#11

270 50 1
                                    

"Udah jangan nangis mulu," tisu yang disodorkan Gema gue ambil selembar.

Terhitung udah lima hari sejak menghilangnya Adnan dari semua orang. Wah, sekampus—bahkan semua fans beratnya 'Guns trigger' ngerasa sedih banget. Ada berita katanya fans-fansnya band tersebut satu kompi ngedatangin kampus gue buat nge-wawancarain personel 'Guns trigger' lainnya.

Tapi nihil, jangankan personel bandnya, keluarganya sendiri pun gak Adnan kabarin. Bahkan Gema, bahkan gue. Dan gue ngerasa kalo gue lah orang terakhir yang ditemui Adnan sebelum akhirnya dia menghilang. Karena itu rasanya dada gue sesak dan gak bisa ngapa-ngapain selain nangis, karena berasa kayak gue lah penyebab dia ngilang sampe sekarang.

"Navia."

Gue mau menjawab panggilan Gema, tapi gue malah bengong karena capek abis nangis.

"Woi! Lo makan gih, perut lo bunyi."

"Hah? Gue gak denger bunyinya,"

"Elah, digituin baru nyahut lo. Udah ayo ikut gue bentar."

Gema menarik tangan gue, gak tau mau dibawa kemana sama nih anak.

20 menit kemudian kita sampe di danau yang masih satu daerah sama kampus. Heran deh, perasaan ini wilayah terkunci yang kalo masuk harus izin satpamnya dulu. Tapi Gema malah main nyelonong aja kayak dia yang pegang kuncinya.

"Ngapain kesini?" tanya gue.

"Liatin ikan berenang."

"Aneh-aneh deh. Udah ah pulang aja."

"Bentaran aja, sini dulu." tangan gue ditarik lagi saat gue mencoba balik badan. Ini gue udah curiga kalo dia maksa kayak gini artinya ada hal penting yang mau dia omongin. Setengah terpaksa, akhirnya gue duduk di pinggir danau, sebelahan sama Gema.

Gema ngeluarin wafer, roti, susu, sama beberapa makanan lain dari dalam tasnya.

"Lah, mau piknik lo?"

"Piknik kecil-kecilan kali ye,"

Gue ngambil satu susu kotak. Anjir, ini mah susu kotak yang dulu sering gue kasih ke Adnan. Persis banget warnanya, variannya.

"Gue dulu pas SMA pernah jadi secret admirer-nya Adnan." aku gue.

Gema ketawa. "Ngapain aja lo?"

"Naro susu kayak gini di loker dia, diem-diem naro handuk kecil ditasnya setelah dia selesai olahraga, sampe buat surat alay, lebay."

"Teenlit banget. Terus lo dinotis?"

"Dulu sih enggak,"

"Sekarang baru dinotisnya yak?" gue mengangguk.

Karena Gema melonjorkan kakinya ke depan, gue jadi ikut-ikutan. "Kira-kira dia kemana ya, Ge?"

Sebenernya gue udah cerita ke Gema masalah gue yang sempat ngobrol sama Adnan sehari sebelum dia ngilang. Gue nangis-nangis tuh, karena ngerasa bersalah banget. Tapi si Gema bilang, 'Bukan salah lo kali. Lo kira Adnan bakalan biarin lo ngerasa bersalah kayak begini setelah lo ngasih advice yang baik ke dia?' kemudian gue sedikit tersadar.

"Keluar kota atau ke luar negeri, maybe?"

"Sendirian?"

"Masa sama medusa??"

"Berani banget."

Gema melempar sesuatu jauh kearah danau.

"Ah, tapi gue yakin pasti tuh anak udah ngerencanain mateng-mateng,"

"Ngerencanain apa?"

"Ya, ini. Dia ngilang gak mungkin tanpa persiapan. Dari dulu, Nav. Dari dulu diatuh selalu bilang pengen kabur, pengen lari. Unfortunately sekarang dia beneran lakuin yang dia mau."

Jadi inti dari perkataan Gema sih, dia gak mau gue mikir kalo gue lah penyebab Adnan menghilang. Lagian, siapa sih Anavia ini? Gak mungkin cuma karena sepatah nasihatnya bisa bikin Adnan ngambil keputusan nekat kayak gini.

"Lo temenan sama dia sejak kapan, Ge?"

"SD. Pas gue pindah dari komplek lo, dia jadi temen baik gue yang masih bertahan sampe sekarang." jelas Gema.

"How sweet."

Gema mengambil paksa wafer yang sedang gue pegang. "Lo sendiri kenapa bisa suka sama Adnan?"

"King be-nya SMANLI, siapa sih yang gak suka? Guru-guru aja kayaknya pada ngehype dia, so gak salah kan kalo anak muridnya ikutan?"

"Anak SMANLI pada sakit apa gimana dah? Wattpad banget alur ceritanya." respon Gema.

"Daripada lo gak punya cerita apa-apa, neomu jigyeoweo,"

"Yang artinya?"

"Ngebosenin!" anaknya malah natap gue gak setuju.

"Pulang yok, laper." ajaknya. Tadi keliatannya dia mau cerita, tapi malah gak jadi.

Gue berdiri duluan, laper juga sih daritadi belom maksi. Setelah membereskan makanan yang berserakan ditanah, Gema menyodorkan tangannya kode minta dibantuin berdiri, namun gue bales dengan membentuk gunting pake dua jari.

"Yaaa, dikiranya suit mau main petak umpet," ejek Gema. Gue ketawa bentar sebelum menarik tangan dia kuat-kuat.

"Halo, Ge?"

"Anjing, nih beneran Adnan Haris Nasution?! Lo kemana aja, nyet???"

"Gak nyantai si babi, pake ubah-ubah nama orang lagi. Gue lagi menjelahi samudera nih." jawab Adnan dari seberang telepon.

"Mengumpukan tujuh bola dragon ball?"

"Iyaaa."

"Yeee gue kirim santet online lo. Pulang nyet, fans lo pada demo di kampus."

"Gak ah, males. Ini gue nelpon cuma mau minta tolong sama lo."

"Apa tuh?"

"Titip Navia, ya. Kalo bisa jagain dia 24 jam kayak satpam komplek."

Gema tertawa miring, yaelah tanpa disuruh pun Gema udah ngelakuin hal itu kok, dari dulu bahkan. "Dibayar gak nih gue?"

"Mau apa, sebut."

"Hhh, gak lah. Gue jagain kok buat lo. Penting lo nya bae-bae aja kan?"

"Iya, aman."

"Sip dah. Yang disini juga aman,"

"Eh, Ge. Sama satu lagi nih," tahan Adnan sebelum Gema sempat nutup panggilan dia.

"Apa?"

"Sorry ya udah ngambil temen lo."

"Maksud lo?"

"Lo suka sama Navia kan?"

Gema gak jawab. Ada kali ya hampir semenit telponnya dibiarin gitu aja tanpa ada yang ngomong atau yang matiin.

"Dia kan cewek yang dulu sering lo ceritain tiap kita main ps bareng? Harusnya gue sadar dari awal." lanjut Adnan.

"..." hening.

"Baik-baik sama dia, Ge. Jangan mikirin gue, gue mah cuma numpang lewat aja kayak cameo, haha."

"Lo bisa pulang sekarang gak, gue mau smack down muka lo sini!" balas Gema akhirnya.

Adnan ketawa puas banget. "Gue tutup ya, ada yang nyariin nih. Dah, sayonara."

Panggilan terputus, menyisakan Gema yang masih belom bisa bergerak dari tempatnya.

Mau dobel updatee!!!!

Ini road to ending ceritanya, karena cuma ada dua part lagi huhu:(

For My First Love [Haechan Ryujin Hyunjin]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang