Tanda Hubung

9 4 0
                                    

Terima kasih karena sudah datang untuk menghadiri kelas di Geladak Menulis sekali lagi! Hari ini kamu akan mempelajari tentang penggunaan tanda hubung serta aturan-aturannya.

Enggak ada aturan, itu hanya sebutan Deka saja.

Kalau begitu, selamat membaca!

Tanda Hubung (-)

Tanda garis (-), itulah tanda hubung. Ya, hanya begitu. Jadi, mari lanjut saja.

1. Kata Ulang

Tanda hubung harus ditulis serangkai dengan kata yang mendahului dan kata yang mengikutinya. Berarti tanda garis harus nempel dengan kata yang ada di depan dan yang ada di belakang.

Contohnya seperti kupu-kupu, kura-kura, merangkak-rangkak, dan berlarut-larut.

Sudah ada bab yang menjelaskan secara ringkas tentang kata ulang. Jadi, silakan cari saja sendiri, uhuk.

2. Menghubungkan Unsur Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing

Contoh kata-katanya sudah pernah dijelaskan pada bab huruf miring. Intinya sama, bahasa asing harus ditulis miring serta ditambahkan tanda hubung jika ingin ditulis serangkai dengan kosakata bahasa Indonesia.

Misalnya seperti di-take down, men-download, dan di-sowan-i.

Contoh dalam kalimat:

Aku masih men-download video yang sama.

Kamu harus ingat bahwa bahasa daerah bukan merupakan bahasa Indonesia. Maka penulisannya pun harus tetap dimiringkan seperti bahasa asing.

3. Angka, Tanggal, Bulan, dan Tahun

Entahlah, mungkin ini penting. Beberapa novel zaman sekarang terkadang menambahkan keterangan tanggal pada sejumlah adegan.

Penulisan tanggal yang memakai tanda hubung hanya berlaku pada bentuk angkanya saja. Contohnya seperti 01-23-2020.

Ada pula aturan yang sering muncul pada tulisan fiksi. Biasanya timbul dari cerita berlatar kerajaan.

Aturan tersebut adalah pemakaian tanda hubung untuk merangkai kata dengan angka.

Misalnya:

Kami hidup sejak abad ke-16.

Kejadian itu terjadi sekitar tahun 1880-an.

4. Kata yang Dieja Satu-Satu

Lagi-lagi, mungkin ini penting bagi tulisan kamu.

Jika suatu karakter dalam cerita sedang mengeja satu atau beberapa kata, biasanya penulis yang sudah berpengalaman akan menuliskannya dengan cara ini.

M-a-t-a-h-a-r-i

Tidak perlu kapital untuk setiap kata. Tulis seperti biasa, tetapi tambahkan tanda hubung pada setiap kata. Simpel.

***

Terima kasih sudah membaca dan selamat hari Senin! Hahaha!

Geladak MenulisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang