Selamat datang kembali di Geladak Menulis! Kamu akan mengenal tentang genre-genre cerita.
Sebelum itu Deka ingin meminta maaf karena telat memublikasikan bab ini sampai beberapa hari. Lagi ada event gim, Deka lagi panen semangka jadi lupa waktu. Deka minta maaf yang sebesar-besarnya.
Harap dimaklumi, ya!
Genre
Dalam KBBI, ragam sastra, genre berarti jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya. Ada beberapa gabungan kata yang berhubungan dengan genre, seperti genre puisi dan genre prosa. Pada bab ini, genre prosalah—novel, bukan roman—yang akan kamu pelajari.
Genre merupakan lantai paling dasar pada sebuah cerita. Kategorisasi genre sangat penting untuk menarik minat pembaca tertentu. Sayangnya, mayoritas pengarang di Wattpad mulai rakus, rakus tagar.
Ceritanya romansa, tagarnya fantasi, petualangan, misteri. Tolong itu yang masih serakah soal tagar, paksa mereka makan meja kayu. Serius, pengarang macam itu yang tidak akan pernah mau menghargai pengarang lainnya.
Berdasarkan Kisah Nyata atau Tidak Nyata
Dalam kasus ini, fiksi atau nonfiksi.
Cerita fiksi adalah cerita rekaan alias tidak nyata. Hampir semua cerita di dalam Wattpad adalab cerita fiksi. Dimulai dari kisah cinta antar dua orang, invasi alien, perang galaksi, sampai distopia yang disusun apik bersama dengan penghancuran bumi. Imajinasi sangat berperan dalam cerita berjenis ini.
Kebalikan dari cerita fiksi, cerita nonfiksi ditulis berdasarkan kisah nyata atau peristiwa yang benar-benar terjadi di dunia atau pada seseorang. Kamu tahu "Captain Phillips"? Film itu mengangkat kisah nyata asli dari seorang nakhoda kapal. Plotnya simpel dan kamu mungkin akan sedikit meragukan bahwa cerita dalam film itu benar-benar terjadi. Cerita-cerita nonfiksi biasanya didominasi oleh genre sejarah.
Karena kamu adalah seorang pembaca atau mungkin pengarang di Wattpad, maka tentu genre-genre yang akan dibahas kali ini harus sesuai dengan Wattpad. Semuanya disusun berdasarkan abjad biar formal, uhuk.
1. Acak (Random)
Genre yang ... aneh.
Pengarang yang memasukkan ceritanya ke genre ini biasanya memiliki cerita yang isinya berubah-ubah. Terkadang fantasi, terkadang spiritual, terkadang pula komedi. Semua bisa saja terjadi di genre ini.
2. Cerita Pendek (Short Story)
Pernah menemukan cerita yang isinya hanya berjumlah tiga sampai dengan lima chapter? Itu cerpen atau cerita pendek.
Bab yang disajikan di genre ini sangat sedikit dan biasanya tidak melebihi sepuluh chapter. Jumlah kata dalam cerpen berkisar antara 10.000 sampai dengan 20.000 kata. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa panjang cerpen boleh mencapai batas 30.000 kata. Sederhananya, cerpen berarti cerita yang sangat singkat.
3. Chicklit
Genre ini khusus menceritakan tentang perempuan di zaman modern. Tentang perjuangan mereka, romansa mereka, dan perubahan fisik demi karier yang cemerlang. Umumnya novel dengan genre ini memiliki bahasa baku dan tidak cocok dibaca bagi kamu yang remaja. Cerita dengan genre ini cukup sering dikemas dalam tema yang sedikit lebih dewasa.
4. Fantasi
Tempat imajinasi mengalir tanpa batas. Reinkarnasi, memasuki dunia lain, makhluk aneh, invasi alien, kehancuran bumi, dan segala jenis imajinasi gila para pengarang berkumpul di genre ini. Cerita tidak logis? Tidak masalah, asal tetap "masuk akal" secara sebab-akibat. Hal ini sangat penting di genre manapun.
KAMU SEDANG MEMBACA
Geladak Menulis
Non-FictionSelamat datang di Geladak Menulis! Geladak Menulis adalah lantai kapal yang khusus digunakan sebagai tempat belajar menulis. Lantai ini pula yang akan menyumbangkan banyak ilmu kepada kamu secara gratis! Belajar PUEBI, tata cara penulisan, dan hal l...