| PENTING! |

73 26 38
                                    

Alooo alooo!

Di sini aku mau ngasih tahu beberapa hal (gak deng. Banyaaak) hehe 😁
Karena story kali ini temanya agak dark gitu, jadi aku merasa perlu memberi penjelasan mengenai tema yang bersangkutan, yaitu; depresi dan bullying.

Kenapa? Karena banyak orang masih tidak peduli atau tidak tahu tentang bahayanya depresi dan bullying. Dan tolong, jangan berpikir jika adegan-adegan kekerasan yang sering kita baca di wattpad, hanya bisa terjadi di fiksi saja. Karena sebenarnya, kekerasan fisik dan mental yang parah seperti itu benar-benar ada. Bahkan mungkin lebih parah lagi dari fiksi yang biasa kita baca.

Yuk, sekarang kita saling berbagi ilmu tentang itu! Ah. Buat kalian yang mau berbagi, kusediakan kolom komentar buat kalian. Dan kalau ada kesalahan dari tulisan ini, bisa minta tolong dikoreksi ya 😊



Sekarang cuuus!

  DEPRESI ITU APA?

-> Depresi adalah gangguan suasana hati atau mood yang ditandai dengan perasaan sedih yang terlalu dalam dan mulai tidak peduli dengan apapun. Seseorang bisa dikatakan depresi jika sudah dua minggu merasa sedih, atau merasa tidak berharga. Dalam beberapa kasus, penderita depresi juga mengalami penurunan daya ingat.

Jika dibiarkan tanpa ada penanganan lebih lanjut, ini bisa mempengaruhi berbagai aktivitasmu. Dan lebih parahnya, kamu bisa memiliki pemikiran untuk bunuh diri. Naudzubillah yaa... 😢

  DEPRESI BISA MENYERANG SIAPA AJA?

-> Depresi sendiri tidak mengenal usia loh. Dia bisa menyerang siapapun! Baik usia muda atau usia tua. Tapi survei menunjukkan bahwa depresi lebih sering menyerang orang dewasa, dan penyebabnya bisa berhubungan dengan hormon, genetik, dan zat kimia yang ada di otak.

Dan depresi pada remaja bisa dipicu oleh beragam faktor, mulai dari lingkungan, perubahan hormon, pengalaman traumatis, hingga genetik atau faktor keturunan. Biasanya, depresi pada remaja menimbulkan keluhan dan gejala berupa: Mudah menangis, tersinggung, dan marah karena hal-hal yang sederhana.

  FAKTOR DEPRESI?

• Mengalami peristiwa traumatis.

• Memiliki penyakit kronis atau serius.

• Mengonsumsi jenis obat tertentu.

• Memiliki riwayat gangguan mental lainnya.

• Memiliki tekanan batin, misalnya karena masalah keuangan atau masalah rumah tangga.

• Memiliki pola pikir yang salah, misalnya toxic positivity.

  GEJALA DEPRESI?

• Mengalami kekhawatiran atau kecemasan yang berlebihan.

• Emosional yang tidak stabil.

• Merasa putus asa atau frustrasi.

• Menyalahkan diri sendiri, dan merasa tidak berharga.

• Sering merasa bosan.

• Selalu merasa lelah.

• Merasakan nyeri dan pusing tanpa penyebab yang jelas.

• Dan menurunnya nafsu makan.

Seseorang yang mengalami depresi bisanya merasa tidak berenergi, hampa, dan merasa tidak ada motivasi. Dalam kasus yang parah, depresi juga dapat mengancam jiwa loh. Orang yang depresi lebih mungkin untuk mencoba bunuh diri. Mereka akan memberikan tanda peringatan termasuk berbicara tentang kematian atau bunuh diri, mengancam untuk menyakiti orang lain atau terlibat dalam perilaku agresif dan berisiko.

My ArchangelTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang